7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

7 Cara Sukses Menghadapi Sidang Proposal Skripsi Kuliah

7 Cara Sukses Menghadapi Sidang Proposal Skripsi Kuliah – Dalam dunia kuliah, hal yang paling berkesan dan pastinya paling melelahkan adalah ketika Menyusun dan membuat proposal dan skripsi. Kenapa Demikian?, Karena membuat proposal dan skripsi membutuhkan waktu, proses, kesabaran dan harus pantang menyerah karena di dalam menyusun skripsinya yang pernah penulis alami sendiri adalah banyak cobaan dan rintangan yang datang tak kita tau apa yang akan terjadi dan dapat menghambat skripsi tersebut terbengkalai. 
7 Cara Sukses Menghadapi Sidang Proposal Skripsi

Tak heran dan tak canggung rasanya jika banyak dari mereka yang mengatakan hal yang sama mengenai skripsi ini, dimana masa kuliah yang paling berkesan dan menguras tenaga dan pikiran itu bukan mata pelajarannya dalam semester namun ketika mereka menyusun proposal dan skripsi diakhir masa kuliah untuk bisa lulus menjadi sarjana. 

Tentunya ada yang mampu membuat dan menyusunnya dengan baik hingga menjadi sarjana dengan cepat, dan ada pula yang lama bahkan ada yang mengundurkan diri untuk beberapa tahun hanya karena skripsi ini. 

Untuk itulah, Apapun alasannya, skripsi harus dibuat karena skripsi merupakan syarat mutlak untuk bisa menjadi seorang sarjana dalam menemupuh pendidikan perguruan tinggi, dan di indonesia sendiri hal itu telah menjadi persyaratannya. 

Nah, Bagi anda yang saat ini masih dalam masa kuliah atau sudah berada disemester terakhir, maka persiapan dari sekarang itu perlu, seperti membaca contoh skripsi, bertanya dengan teman yang telah lulus kuliah agar dapat masukan tentang cara membuat dan menyusun proposal dan skripsi kuliah serta dalam menghadapi sidangnya nanti. 

Jika berkenan, dibawah ini ada beberapa tahap dalam sidang proposal dan skripsi yang pernah penulis lakukan ketika menemupuh pendidikan perguruan tinggi. Apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti sidang proposal skripsi tersebu, simak ulasanya dibawah ini : 

1. Membuat Microsof PowerPoint Untuk Sidang Simple, Ringkas, Padat, Mudah dibaca 

Dalam membuat rangkuman tentang proposal dan skripsi yang akan anda presentasikan nantinya di depan tim penguji dan juga dosen pembimbing anda adalah dengan membuat rangkuman yang biasa tersaji dalam Microsoft PowerPoint dengan mudah dibuka, padat, ringkas dan mudah dibaca. 

Biasakan membuat bahan presentasi anda tersebut tidak lebih kurang dan lebih dari 10 -15 halaman saja, agar para penguji tidak bosan dan menhgabiskan waktu terlalu lama hanya untuk membaca power point anda. 

2. Membawa Notebook/Laptop dan Flasdisk yang berisi data proposal skripsi 

Biasanya perlengkapan yang dibutuhkan untuk presentasi sudah disiapkan oleh pihak kampus seperti infocus, notebook, dan lain sebagainya. Namun dari anda harus juga dipersiapkan, hal ini sering terjadi dimana pihak kampus tidak menyiapkan hal itu karena alasan tertentunya, jadi jika hal itu terjadi anda sudah ada persiapan. 

3. Memulai Sidang 

Biasakan Masuk ruangan sidang dengan tenang dan senyum, dan membuka presentasi sidang dengan mengucapkan selamat pagi, siang, sore sesuai dengan waktu saat itu. Jangan terlihat tegang, pucat dan santai saja karena semua akan baik-baik saja dan hari itu pasti akan berlalu dan lakukan dengan baik dan lulus dengan nilai baik. 

4. Membuka Data Proposal Skripsi Yang Sudah disiapkan dilaptop dan tempat yang telah disediakan 

Setelah memberi salam pembuka, maka silakan anda membuat bahan skripsi anda yang telah anda rangkum dalam powerPoint yang telah anda siapkan dengan baik dan mulailah dengan santai tanpa harus tergesa serta bacalah dengan jelas agar tedengar dengan baik oleh tim penguji. 

5. Presentasi Proposal Skripsi 

Dalam presentasi proposal dan skripsi, hal yang perlu anda perhatikan adalah menjelaskan point-point yang telah anda rangkum dalam powerPoint anda dengan baik, singkat, padat dan terarah agar para penguji dapat menyimpulkan untuk bertanya tentang skripsi anda dan menganalisir tidak bertanya dengan hal yang diluar skripsi anda. 

6. Tanya Jawab Sidang Proposal Skripsi Dengan Tim Penguji 

Jika sudah selesai anda presentasi proposal dan skripsi anda, maka mempersilakan tim menguji untuk bertanya jika ada pertanyaan dari mereka. Menurut pengalaman penulis, pertanyaan dari tim penguji pasti akan ada dan mohon untuk menjawab sebisa dan sepengetahuan yang anda tau dan mengerti dari pertanyaan mereka. Jangan gugup dalam menjawab, pede dan jelas dalam menjawabnya itu kunci suksesnya walaupun itu salah atau jawaban yang kurang tepat. 

7. Menutup Sidang Proposal 

Jika semua telah selesai, maka akan ada aba-aba dari tim pembimbing bertanya kepada tim penguji, apakah masih ada pertanyaan atau tidak, jika tidak, biasanya mempersilakan kita untuk menutup presentasi sidang proposal dan skripsi anda, dan anda tinggal menunggu apa keputusan nilai yang mereka berikan, lulus atau mengulang. 

Itulah beberapa tahap dan langkah dalam menemupuh sidang proposal dan skripsi. Semoga bagi anda yang sedang menyusun dan masih kuliah agar dapat mempelajarinya dengan baik dan lulus dengan nilai yang baik pula. Semonga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel