Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen – Siapa yang tak mengenal kopi atau ngopi?, tentunya sebagai orang Indonesia sangat mengenalny...

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skripsi. Membuat skripsi merupakan tantangan yang paling melelah dan menyita banyak waktu dalam dunia perkuliahan karena dalam menyusun skripsi mahasiswa harus fokus agar cepat selesai. 
7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

Dikatakan menyita banyak waktu, melelahkan dan menguruas pikiran dan tenaga karena dalam membuat dan menyusun membutuhkan itu semua, mulai dari mencari judul, pengesahan judul dalam sidang proposal, mencari data, bimbingan dosen, dan menghadapi sidang skripsi pastinya. Jadi, pastikan anda tidak merasa takut dalam menghadapi tahap menyusun skripsi ini karena semua akan berjalan dengan baik dengan catatan anda tidak malas. 

Dalam menyusun skripsi, ada beberapa tahap dan proses yang harus anda lalui untuk mencapai sidang dan lulus menjadi seorang sarjana, apa saja tahap tersebut dalam membuat skripsi?, simak ulasanya dibawah ini : 

1. Menentukan dan Mengajukan Judul Skripsi 

Tahap ini dilakukan setelah memasuki semester akhir masa kuliah seperti sementer 7 dan delapan, dimana dari pihak kampus telah mengumumkan agar para mahasiswa sudah dapat memberikan dan menentukan judul skripsi yang akan mereka buat dan susun nantinya sebagai syarat dimulainya dalam menyusun proposal hingga skripsi. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah, pastikan mata kuliah yang telah anda tempuh tak ada yangmengulang agar dapat mengikuti tahap ini, dan jika masih ada, maka bertanyalah ke pihak kampus tentang masalah anda tersebut agar tidak menjadi masalah selanjutnya. Biasanya pihak kampus akan memiliki ketentunya untuk bisa mengajukan judul skripsi mahasiswa dengan syarat dan ketentunya yang telah mereka buat. 

Jika tidak ada kendala, maka carilah judul skripsi yang anda mengerti, anda pahami dan mudah dalam mencari bahan dan datanya nanti. Hal ini perlu agar anda tidak bingung dalam tahap penyusunannya nanti, baik dalam menjabarkan kalimat demi kalimatnya dan juga dalam mencari referensi datanya. 

2. Membuat Proposal 

Jika judul telah disiapkan dan telah didiberikan ke pihak kampus, biasanya pada kampus tertentu, mahasiswa diberi tugas untuk mengesahkan judul skripsi tersebut dengan membuat proposal agar dapat ditelaah dengan baik oleh tim pembimbing, apakah bagus, baik dan bisa dilanjutkan. 

3. Sidang Proposal 

Biasa ada beberapa kampus yang mengharuskan mahasiswa mengikuti sidang proposal untuk mengesahkan judul skripsi yang mereka ambil. Hal ini dilakukan untuk memasikan bahwa judul yang diambil memang dimengerti, dipahami dengan baik oleh mahasiswa tersebut. Dalam sidang proposal ini menitikberatkan alasan mahasiswa mengambil judul tersebut dan pemahaman akan judul tersebut agar dalam menyusun skripsi tidak menyulitkan. 

4. Memulai Membuat Skripsi 

Jika Sidang Proposal telah dilakukan dan sudah dipastikan judul yang anda ambil sudah disahkan oleh tim pembimbing, maka anda sudah bisa meneruskan untuk melanjutkan untuk memulai mencari data dan menyusun kerangka skripsi anda. Pastikan kerangka skripsi yang anda susun sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan dan biasanya akan diberikan oleh kampus. 

5. Mengumpulkan Data dan Bimbingan Skripsi 

Jika kerangka skripsi anda sudah selesai dibuat, maka mulailah mencari referensi untuk data skripsi anda, dan jangan lupa untuk setiap bab yang telah susun untuk bimbingan ke dosen pembimbing yang telah ditentukan agar skripsi anda cepat selesai. Ikuti petunjuk dosen pembimbing dan jangan malas untuk bertanya dan bimbingan agar proses pembuatan skripsi anda cepat rampung. 

6. Pengesahan Skripsi 

Jika setiap bab yang anda susun telah rampung, biasanya terdiri dari bab, maka rapikan kripsi anda dengan baik dan buatlah halaman pengesahan/ACC atas skripsi anda dari dosen pembimbing anda berapa tanda tangan dari mereka sebagai tanda jika skripsi anda sudah selesai dan siap menunggu sidang skripsi. 

7. Sidang Skripsi 

Jika skripsi anda sudah rapid an telah ada pengesahan dari dosen pembimbing anda, maka anda akan menemupuh sidang skripsi yang telah ditentukan oleh pihak kampus kapan akan berlangsung. Maka sebelum sidang ini berlangsung, maka persiapkan diri anda dengan baik, membuat bahan presentasi dari skripsi anda dan jaga kesehatan anda dengan baik agar saat sidang anda dalam keadaan baik. 

Itulah 7 Tahap dalam menyusun skripsi kuliah. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda semuanya. Bagi anda yang masih dalam tahap ini, semoga cepat selesai skripsi agar dapat sidan skripsi dan lulus menjadi sarjana kebanggan diri dan orang tua pastinya, terima kasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel