Agar Tidak Menganggur, Inilah 7 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Agar Tidak Menganggur, Inilah 7 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah – Setelah lulus kuliah, sudah pasti kebanyakan dari orang akan mencari pekerjaan.Walaupun ada juga yang melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya, namun mencari pekerjaan terlebih dahulu adalah modal utama untuk melangkah menuju ke masa depan.
Agar Tidak Menganggur, Inilah 7 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Namun hal itu bukanlah langkah yang mudah, karena kita sangat memahami mencari pekerjaan pada saat ini sangatlah sulit, apalagi baru lulus yang belum memiliki pengalaman kerja tentunya kebanyakan perusahaan lebih memilih dan mencari para tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang pekerjaan yang mereka tawarkan. Belum lagi persaingan mencari pekerjaan di indonesia ini cukup tinggi, jika anda tidak memiliki ketrampilan, keahlian khusus dalam suatu bidang, maka anda akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Tapi anda tidak harus patah semangat dan tentunya jangan putus asa, karena bagi anda yang masih dalam tahap kuliah saat ini bisa memperbaikinya jika anda mudah dapat pekerjaan setelah anda lulus nanti. Hal ini penulis katakan karena sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami setelah lulus kuliah bingung harus kemana, mau ngapain dan harus bagaimana. Apa saja yang harus dilakukan saat kuliah biar cepat dapat kerja setelah lulus nanti, Simak 7 hal berikut ini yang perlu anda jalani pada masa kuliah agar mudah dapat pekerjaan saat lulus nanti :

1. Mencari Jurusan yang Sesuai Minat dan Kemampuan Diri 

Saat anda memutuskan untuk kuliah, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jurusan kuliah yang anda sukai, yang anda gemari, dan sesuai dengan kemampuan diri. Jangan mengambil jurusan yang bertolak belakang dengan latar belakang diri anda. hal ini dilakukan agar pada saat kuliah anda semangat, rajin belajar dan menguasai semua pelajaran tersebut sehingga tercipta sebuah keahlian dan keterampilan yang baik.

Memilih jurusan yang tepat bukan harus pintar tapi anda cerdas dalam menciptakan diri yang berkualitas dan berguna. Yang dicari perusahaan bukan kepintaran anda, tapi kecerdasan anda dalam menciptakan ide-ide baru demi kemajuan bisnis dan masa depan perusahaan tersebut.

Jadi, Jika anda menguasai bidang tersebut, maka anda akan menjadi seorang yang akan dicari oleh perusahaan. jadi anda tidak perlu mencari pekerjaan setelah lulus nanti tapi anda telah ditunggu banyak perusahaan yang menginginkan anda bekerja di perusahaannya.

2. Ikut Komunitas Di Kampus dan diLuar Kampus

Saat anda memasuki dunia perkuliahan, jangan terpaku dengan kuliah saja. Anda juga harus mengikuti salah satu komunitas yang ada dikampus dan komunitas diluar kampus. carilah komunitas yang sesuai dengan latar belakang diri anda agar kegiatan yang anda ikuti nanti akan berefek baik kepada diri anda.

Bukan itu saja, Dengan anda mengikuti komunitas ini, anda akan terhubung dengan banyak orang-orang hebat, dan mengenal banyak orang. Alhasil, keadaann ini dapat anda gunakan jika nanti anda lulus dapat mencari penolong dalam hal mencari pekerjaan.

3. Harus Punya Banyak Sahabat dan Teman dikampus

Jangan terlalu kaku jika anda memasuki dunia perkuliahan. Masa kuliah bukan lagi masa SMA yang harus memiliki geng. Namun masa kuliah adalah membangun relasi sebanyak mungkin agar anda memiliki banyak sahabat dan teman nantinya. 

Jaringan yang anda bangun selama kuliah bersama sahabat dan teman nantinya akan berguna ketika anda lulus kuliah dalam hal mencari pekerjaan. Anda akan mudah mendapatkan info pekerjaan, lowongan pekerjaan dan mungkin langsung bisa kerja jika sahabat dan teman anda memiliki keluarga yang memiliki perusahaan atau bisnis.

4. Membangun Relasi Dengan Para Dosen dan Staff Kampus

Membangun jaringan baik dengan para dosen dan staff kampus juga baik untuk anda yang sedang menjalani masa kuliah saat ini. Hal ini bukan baik untuk masa kuliah anda, namun ketika anda lulus nanti, akan berefek baik juga untuk anda dapat pekerjaan.

Hal itu tentunya cukup menjanjikan karena para dosen merupakan orang yang hebat dan memiliki banyak jaringan dengan perusahaan dan para pembisnis biasa, Jadi ketika anda lulus dan sulit mendapatkan pekerjaan, maka anda bisa meminta bantuan kepada dosen-dosen anda.

Begitu juga dengan staff kampus, jika setelah anda lulus sulit mendapatkan pekerjaan, mungkin melamar pekerjaan menjadi bagian dari kampus mungkin solusi yang baik. Hal itu perlu anda lakukan karena biasanya kampus membutuhkan banyak staff dalam menjalani aktivitas kampus.

5. Magang dan Freelance Saat Libur Kuliah

Jangan habiskan dan sia-siakan waktulibur kuliah anda. Daripada digunakan untuk hal yang tidak ada manfaatnya, lebih baik mencari tempat untuk magang atau freelance kerja. Hal ini bukan saja membuatmu dapat uang jajan tambahan, namun pengalaman ini dapat anda jadikan bahan untuk mencari pekerjaan nanti setelah lulus kuliah.

Setelah anda selesai magang dan freelance, biasanya perusahaan akan memberikan surat keterangan jika anda pernah bekerja disana. Modal ini dapat anda jadikan pengalaman kerja untuk lampiran CV anda nantinya.

6. Ikut Seminar Atau Paket Kursus

Pada masa kuliah, jangan malas untuk mencari info tentang seminar dan jika perlu anda juga kursus keahlian khusus seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, dan bahasa lainnya yang dibutuhkan saat anda mencari pekerjaan nantinya.

Hal ini sangat perlu jika nanti anda lulus dan mencari pekerjaan, maka sertifikat seminar dan kursus tersebut dapat anda gunakan sebagai perlengkapan surat lamaran anda. Perlu anda ketahui, biasa perusahaan akan melihat dan bertanya, apakah anda seritifkat seminar, kursus yang pernah anda ikuti. Jadi, jangan malas untuk ikut seminar, apalagi itu tentang jurusan yang anda jalani dimasa kuliah dan kursus untuk nilai tambah pendidikan ilmu pengetahuan anda.

7. Cari Peluang Bisnis Lalu Buka Usaha

Hal yang terakhir yang dilakukan adalah mencari peluang bisnis saat anda masih kuliah, banyak membaca tentang orang sukses dan ketika anda lulus anda dapat membuka usaha sendiri tanpa harus bekerja diperusahaan karena anda adalah bosnya. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika masih duduk dibangku kuliah dalam hal mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja ketika anda lulus nantinya. Semoga ulasan ini dapat memberi anda inspirasi dan bermanfaat untuk masa depan anda. Salam sukses untuk kita semuanya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel