12 Hikmah Sujud Syukur Bagi Yang Melakukannya

12 Hikmah Sujud Syukur Bagi Yang Melakukannya - Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan oleh seseorang ketika mendapatkan nikmat atau ketika selamat dari bencana. Sujud Sykur sebenarnya bias dilakukan setiap hari karena sujud syukur merupakan tanda jika kita sebagai umat muslim yang beriman kepada Allah SWT. 
12 Hikmah Sujud Syukur Bagi Yang Melakukannya

Dari Al-Baraa', ia berkata : 

"Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Kemudian Nabi SAW mengutus ‘Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. …... kemudian 'Ali RA menulis surat kepada Rasulullah SAW bahwa orang-orang disana sudah masuk Islam. Maka setelah Rasulullah SAW membaca surat itu, beliau menyungkur sujud." (HR. Baihaqi). 

Hukum dari sujud syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah SAW. 

Artinya: "Dari Abu Bakrah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, apabila datang kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, beliau langsung sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi). 

Hikmah Sujud Syukur Bagi Yang Melakukannya 

Sujud syukur ini merupakan perwujudan dari ungkapan rasa syukur setiap hambanya atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan. Bagi yang melakukan sujud syukur menandakan bahwa ia adalah hamba yang selalu ingat kepada Allah SWT. 

Maka dari itu terdapat hikmah bagi yang melakukannya. Hikmah tersebut dapat dilihat sebagai berikut. 

1. Mengingat Allah SWT 

2. Ungkapan rasa syukur 

3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT 

4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT 

5. Merasa rendah diri dihadapan sang pencipta6. Mengikis rasa sombong 

7. Menjauhkan diri dari sikap takabur 

8. Menyegarkan otak saat posisi badan sujud dari segi kesehatan 

9. Melancarkan sirkulasi arah saat posisi sujud sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lancar 

10. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi. 

11. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT. 

12. Menenangkan Hati dan Diri 

Demikian pembahasan tentang hikmah sujud syukur yang dapat diperolah bagi yang melakukannya. Setiap kenikmatan yang kamu terima sebaiknya selalu ucapkan rasa syukur. Sujud syukur adalah salah satu dari ungkapan rasa terimakasih kepada Sang Pencipta. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

1 Komentar untuk "12 Hikmah Sujud Syukur Bagi Yang Melakukannya"

  1. Ahhh susah juga yaa sosiago, tapi didalamnnya banyak mengadakan kontes kontes gitu yaaa, gimana sih biar alamat google blog bisa masuk pencarian google, tag meta apa yang harus di tambahkan..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel