7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

7 Cara Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Aleniasenja.com - Ketika seseorang mengalami darah tinggi atau hipertensi, maka tubuhnya akan mengalami berbagai gejala seperti sakit kepala parah, kelelahan yang akut, detak jantung tak teratur dan kencang seketika, dan nyeri dada. Kondisi ini dapat terjadi karena stress karena pekerjaan, masalah dating silih berganti, kurang tidur, obesitas, atau penyakit lain. 
7 Cara Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Mengalami penyakit seperti itu, tentunya tidak enak bangetkan!, Namun mencari solusi untuk mengatasinya terkadang tak perlu ke dokter, ada beberapa cara yang dapat anda tempuh seperti beberapa teknik sederhana yang dapat membantu Anda mengendurkan pembuluh darah dan otot untuk membantu menjaga tekanan darah terkendali. Bagaimana caranya, simak dibawah ini : 

1. Merendam Kaki di Air Hangat 

Merendam kaki dalam air yang benar-benar panas tapi masih dapat ditoleransi dapat membantu Anda menjaga kepala dan leher tetap dingin, serta mencegah darah terlalu banyak mengalir ke otak. Cukup ambil ember atau baskom dan isi dengan air panas. Kemudian duduklah di kursi dan letakkan kaki Anda ke dalam air selama 10-15 menit. Darah dari kepala akan bergerak ke arah kaki, lalu tekanan darah perlahan akan kembali normal. 

2. Senam Yoga 

Salah satu satu pose dalam yoga ini dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Berbaringlah telentang, tutup mata, dan coba relakskan setiap otot tubuh. Beristirahatlah dalam pose ini selama sekitar 10-15 menit dan Anda akan merasa jauh lebih baik nantinya. 

3. Rajin Minum Air Putih 

Dalam beberapa kaus, tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, volume darah dalam tubuh akan menurun. Untuk menghindari ini, setiap kali Anda mulai merasakan gejala hipertensi, cobalah minum 1-2 gelas air. Ini akan membantu Anda mengembalikan volume darah yang cukup dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. 

4. Mendengarkan Musik 

Ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, terutama jika digabungkan latihan pernapasan dan meditasi. Ini terjadi karena jenis musik tersebut menghasilkan efek menenangkan pada tubuh Anda dan mengurangi hormon stres, kortisol. 

5. Bernafas Dengan Hidung Kiri 

Pernapasan perut bagian dalam lubang hidung sebelah kiri akan membantu mengontrol tingkat tekanan darah. Ini terjadi dengan cara merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi hormon stres. 

Caranya, duduk di lantai atau kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Letakkan tangan kiri di perut. Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan. Ambil napas dalam-dalam lewat lubang hidung kiri, tahan beberapa detik, lalu bernapas. Bernapas perlahan dan dalam hanya lewat lubang hidung kiri selama sekitar 3-5 menit. 

6. Pijat Bagian Leher dan Teliga 

Temukan titik pertama di belakang daun telinga lalu temukan titik kedua. Dengan jari-jari Anda, pijat leher dengan lembut dengan gerakan lembut ke atas dan ke bawah garis tersebut. Ulangi 10 kali di kedua sisi leher. 

Titik ketiga terletak di wajah dengan ketinggian daun telinga sekitar setengah sentimeter dari telinga. Pijat kedua sisi dengan ujung jari selama sekitar satu menit dalam gerakan memutar berlawanan arah jarum jam. 

Memijat bagian-bagian tersebut akan meredakan ketegangan pada otot leher dan mengembalikan aliran darah ke otak. 

7. Rajin Olahraga 

Berolahraga tak perlu di pungkiri lagi khasiatnya, banyak para dokter menyarakan agar kita rajin untuk berolahraga agar kesehatan kita selalu bugar dan aliran darah kita baik dan kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Termasuk dalam menurunkan darah tinggi ini, dimana olahraga di waktu pagi dan sore dapat memberikan kesegaran bagi tubuh dan aliran darah dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan rileks pada tubuh sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Nah, itulah beberapa cara alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada diri anda. Jangan sepelekan tekanan darah tinggi pada diri anda karena akan mengakibatkan serangan jantung, stress yang tinggi dan menimbulkan kematian. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan hidup sehat adalah harta yang tak ternilai harganya, terima kasih.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel