Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen – Siapa yang tak mengenal kopi atau ngopi?, tentunya sebagai orang Indonesia sangat mengenalny...

Cara Menghadapi Ujian Nasional 2019 Agar Lulus

Aleniasenja.com - Ujian Nasional (UN) 2019 akan dimulai pada tanggal 25 Maret 2018. Adapun Mata pelajaran yang akan diikutsertakan dalam UN ini tiga mata pelajaran pokok yaitu Matematika, Bahanasa inggris dan juga bahasa Indonesia. Standar kelulusan dari tiga mata peljaran tersebut adalah 5,5 dari masaing-masing mata pelajaran.
Cara Menghadapi Ujian Nasional 2019 Agar Lulus

Untuk USBN ada soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen. Sisanya, 75-80 persen soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Soal UN 100 persen disiapkan oleh Pusat. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019.

UN SMK/MAK tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019, sedangkan UN SMA/MA pada tanggal 1,2, 4, dan 8 April 2019. UN Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. UN SMP/MTs pada tanggal 22-25 April 2019, sedangakn UN Program Paket B/Wustha pada tanggal 10-13 Mei 2019.

Bagi adik-adik yang akan melaksanakan UN nanti, tentunya harus ada persiapan yang matang, baik jasmani dan juga rohani agar lulus dengan nilai yang baik. Adapun cara menghadapi ujian nasional agar lulus dengan nilai yang baik sebagai berikut :

1. Memohon Restu dari Orang Tua

Mendapatkan restu dari orang tua merupakan hal yang pertama ketika si anak akan menghadapi sesuatu dalam hidupnya. Doa orang tua hal yang mujarab untuk adik-adik agar bisa tenang dan bisa dalam menjawab soal ujian nantinya. Mau ada salah atau tidak, adik-adik harus memohon maaf kepada orang tua agar mereka ridho. dengan ridho mereka maka akan mempermudah dalam menjawab soal ujian nantinya.

2. Belajar Dengan Sungguh-sungguh

Untuk menggapai sesuatu yang terbaik tentunya butuh usaha dan kerja keras, seperti itu pula untuk mendapatkan nilai yang baik dalam menghadapi ujian nasional ini. Belajar yang rajin dan sungguh-sungguh tentunya hal yang wajib dilkaukan agar saat menjawab soal-soal ujian dapat terjawab semuanya.

3. Jangan Tidur terlalu malam dan bangun pagi hari

Jangan belajar terlalu larut malam karena itu tidak baik juga. Lebih baik belajar hingga jam 10 malam, lalu bangun waktu subuh untuk belajar kembali. Hal ini lebih baik, apalagi pada saat subuh, mata pelajaran yang di pelejari lebih mudah masuk ke otak.

4. Izin kepada orang tua jika mau berangkat ke sekolah

Saat menghadapi ujian nasional, Saat mau berangkat ke sekolah, jangan lupa untuk izin (salam) kepada kedua orang agar mereka mendoakan adik-adik dalam menghadapi ujian nantinya disekolah.

5. Minta maaf kepada guru, dan juga teman-teman sekolah

Jangan lupa juga untuk meminta maaf kepada guru-guru dan pembina di sekolah lainnya agar adik-adik yang pernah salah dimaafkan. Begitu jgua keppada teman-teman adik-adik semuanya. Jangan lupa meminta maaf juga agar adik-adik tenang dalam menghadapi ujian nantinya.

6. Jangan Panik Saat Menghadapi ujian nasional

Jangan panik saat menghadapi ujian nasional ini, santai kaya di pantai agar adik-adik tidak binggung dalam menjawab soal-soal ujian nasional ini.

7. Jawab soal yang paling mudah dahulu

Jawablah soal yang menurut adik-adik paling mudah terlebih dahulu agar adik-adik tidak kehabisan waktu dalam menjawab soal nantinya.

8. Ikuti petunjuk dalam menjawab soal

Agar dalam mengikuti ujian nasional tidak ada yang salah, maka ikuti petunjuk guru dan pengawas agar tidak salah dan melakukannya.

9. Persiapkan peralatan ujian yang sesuai

Saat malam hari atau mau berangkat ke sekolah, maka periksalah tas adik-adik agar peralatan ujian tidak ada yang tertingal dan lengkap semuanya sesuai dengan peraturan ujian nasional.

10. Semoga sukses melaksanakan ujian nasional 2019

Kepada seluruh adik-adik yang melaksanakan ujian nasional 2019 ini, semoga berjalan lancar, dapat nilai yang baik, lulus dan mendapatkan melnajutkan pendidikan selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa lulus ujian nasional dengan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat untuk adik-adik semuanya, tetap semangat dan gapailah cita-cita setinggi bintang di angkasa, terima kasih.
Loading...

3 Komentar untuk "Cara Menghadapi Ujian Nasional 2019 Agar Lulus"

  1. Panduan menghadapi ujian nasionalnya keren dan ada yang menarik disimak : meminta maaf kepada guru dan teman-teman sekolah.

    Itu agar hati kita lebih tenang ya dalam mengerjakan soal ujian,,kak.
    Hati dan pikiran kita yang penuh maaf jadi lebih lapang menjalankan hal apapun.
    Nice sharing :)

    BalasHapus
  2. tips yang berguna bagi siswa sd, smp, smk, dan sma yang sudah mulai sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional, mereka berharap bisa lulus bersama teman-teman nya ;)

    BalasHapus
  3. nomer 1 emang paling mujarab, ridho orang tua memudahkan apa yang dilakukan sama seorang anak.. terlebih menghadapi ujian.

    BTW UN nya kapan ya utk SD SMP dan SMA tahun ini?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel