Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Agar Mudik Aman, Nyaman dan Lancar Jaya, Perhatikan 15 Hal Penting Ini

Aleniasenja.com – Mudik lebaran telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Setiap tahun ketika hari raya idul fitri, masyarakat Indonesia yang merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta contohnya, ramai dan sibuk untuk kembali ke kampung halaman untuk bertemu orang tua dan sanak family dikampung setelah sekian lama berpisah dengan mereka. 
Agar Mudik Aman, Nyaman dan Lancar Jaya, Perhatikan 15 Hal Penting Ini

Untuk mudik lebaran, tentunya menggunakan kendaraan. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan juga umum. Nah, sebelum anda berencana untuk mudik lebaran bersama orang tercinta menuju ke kampung halaman, agar perjalanan anda aman, nyaman dan selamat sampai tujuan, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal dibawah ini : 

1. Cek Kondisi kendaraan 

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, sebelum anda ingin mudik, maka lebih baik anda cek semua kondisi kendaraan anda, mulai dari rem, gas, oli, kondisi ban, mesin dan lain sebagainya agar kondisi mobil anda stabil saat anda gunakan dalam perjalanan mudik nantinya. 

Apabila anda menggunakan kendaraan umum, maka anda harus memilih kendaraan yang resmi yang tercantum dalam kendaraan umum Dishub agar aman dan nyaman saat anda menggunakan jasa kendaraan umum tersebut. 

Begitu juga jika anda menggunakan sepeda motor, pastikan kondisi sepeda motor anda dalam kondisi baik sebelum anda berangkat menuju kampung halaman. Pastikan sepeda motor sudah di service sebaik mungkin agar dalam perjalanan nanti aman dan nyaman. 

2. Gunakan oli mesin yang tepat 

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran, maka pastikan oli mesin mobil dan sepeda motor anda menggunakan oli yang tepat agar tidak mogok nantinya di jalan yang bikin perjalanan mudik lebaran anda repot karena mobil dan sepeda motor anda tidak mogok dijalan. 

3. Hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan 

Bagi pemilik jasa angkutan mudik lebaran, jangan memaksa untuk mengangkut penumpang melebihi dari kapasitas kendaraan tersebut, nyawa penumpang harus diutamakan bukan hanya mengejar setoran saja. Berikan fasilitas yang terbaik bagi penumpang anda agar aman, nyaman dan sampai tujuan dengan selamat. 

4. Bawa uang tunai yang cukup 

Bawalah uang tunai cukup dalam perjalanan nantinya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Baik memawab kendaraan pribadi maupun umum, karena jika anda hanya menggunakan uang eletronik, takutnya nanti di jalan anda tidak bisa menggunakannya karena masalahmesin ATM jauh dan lain sebagainya. 

5. Bawa makanan dan minuman yang cukup 

Bawalah bekal yang cukup dalam perjalanan anda untuk menghindari jajan sembarangan tempat dan juga tidak ada jual makanan ketika dijalan disaat macet dan kondisi lain sebagainya. Apalagi anda membawa anak-anak dan kelaurga, sediakan cemilan dan air mineral sebelum anda menemukan dan singgah ditempat makan nantinya. 

6. Packing bawaan mudik agar mudah dibawa 

Sebelum anda mudik lebaran, tentunya anda memiliki bawaan yang banyak biasanya untuk keluarga yang ada dikampung. Nah, sebelum anda berangkat, maka persiapkan itu semua dengan baik agar mudah dibawa dan dijaga. Jangan berantakan sehingga membuat anda repot dalam mengurusinya nanti. 

7. Aktifkan GPS atau bawa peta 

GPS sangat berguna untuk anda ketika anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, karena ketika anda terjebak macet, anda bisa mencari solusi jalan alternative lain untuk bisa anda lewati dan lebih cepat sampat menuju ke kampung. 

8. Tidak perlu mengebut atau selap-selip kiri-kanan 

Selamat sampai tujuan dan kembali lagi tentunya harapan semuanya, Jadi berhati-hatilah dalam perjalanan anda saat mudik. Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi untuk cepat sampai. Keselamatan anda, penumpang adalah segalanya dan juga jangan memaksa diri untuk salip kiri dan kanan aar cepat. 

9. Taati rambu lalu lintas 

Taati selalu rambu lalu linta disaat anda dalam perjalanan agar anda selamat dan terhindari dari tilang pak polisi. Taati dengan baik agar anda dalam mengemudi selalu terjaga dan selalu focus untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. 

10. Hati-hati saat melewati jalan rawan kecelakaan 

Dalam perjalanan anda, tentunya anda ada beberapa ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan, maka saat anda melewati jalan tersebut, maka berhati-hatilah, jangan terlalu memaksa diri untuk melewati jalan tersebut tanpa menyadari jika jalan tersebut memang rawan kecelakaan. 

11. Istirahat saat kelelahan 

Jangan memaksa untuk terus mengemudi ketika kondisi badan anda sangat lelah dan juga kondisi mata anda sudah mengantuk. Istirahatlah ditempat yang sudah disedikan seperti di POM bensin, rumah makan atau tempat penginapan lainnya untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan mata anda sehingga siap melaju kembali. 

12. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan 

Bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan anda tidak memakai dan membawa perhiasan yang berlebihan karena hal itu akan berdampak buruk terhadap diri anda karena mengundang kejahatan terjadi pada diri anda. 

13. Jika menggunakan Kendaraan Umum, Belilah tiket ditempat yang Aman 

Jika anda menggunakan transportasi umum, pastikan anda membeli tiket yang aman dan memesanya ditempat yang aman karena biasanya diwaktu lebaran ini banyak orang yang tak bertanggungjawab ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari anda. 

14. Perhatikan Jalan yang rawan kejahatan 

Jika saat anda mudik nanti melewati jalan yang rawan kejahatan, maka pastikan anda melewatinya pada siang hari dan hindari melewatinya pada malam hari agar anda aman terhindari dari hal yang tidak diinginkan. 

15. Sediakan obat-obatan atau kotak P3K 

Bagi anda yang mudik lebaran, sediakan selalu obat-obat untuk anda dan kelaurga anda untuk perjalanan nanti. Obat-obat biasanya adalah anti mabuk, minyak angin, dan obat lain sebagainya yang anda rasa perlu untuk dibawa. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin mudik lebaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya, semoga anda sampai tujuan masing-masing dengan selamat dan bertemu dengan kelaurga yang telah menunggu anda di kampung halaman, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Agar Mudik Aman, Nyaman dan Lancar Jaya, Perhatikan 15 Hal Penting Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel