Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen – Siapa yang tak mengenal kopi atau ngopi?, tentunya sebagai orang Indonesia sangat mengenalny...

Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi

Aleniasenja.com – Perlu Kita ketahui bersama jika dalam dunia kesehatan terdapat dua kelompok penyakit yang akan menyerang manusia yaitu penyakit yang menular dari satu orang ke orang lain dan juga penyakit tidak menular. Penyakit menular merupakan penyakit yang dapat ditularkan ke orang lain. Penularannya biasanya dapat terjadi melalui udara, bersentuhan, lewat alat-alat perlengkapan rumah tangga hingga ditularkan melalui hubungan seksual. 
Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi

Sementara penyakit tidak menular itu merupakan penyakit yang tidak dapat ditularkan kepada orang lain. Penyakit tidak menular biasanya terjadi karena faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun bersentuhan dengan si penderita, maka tidak akan tertular penyakit tersebut. Lalu Penyakit apa saja yang termasuk penyakit tidak menular itu?, Penyakit tidak menular itu diantaranya : 
1. Penyakit Diabetes 

Penyakit Diabetes merupakan penyakit ini karena kadar gula dalam darah meningkat yang sebabkan oleh adanya gangguan pada fungsi insulin. Bagi para penderita diabetes melitus, tubuh mereka tidak bisa memproduksi atau merespons hormon insulin yang di hasilkan oleh pankreas. 

Penyakit yang tidak menular ini mengharuskan bagi setiap penderitanya agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat karbohidrat terlalu banyak tetapi dalam kadar yang seimbang. Jika para penderita diabetes melitus mengonsumsi asupan karbohidrat yang melebihi takaran, maka penyakit diabetes melitus yang di deritanya akan semakin parah. 

2. Penyakit Rematik 

Penyakit Rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi, otot, tulang dan struktur di sekitarnya. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, dewasa ataupun anak-anak. Rematik yang dikenal luas di masyarakat merupakan jenis penyakit rematik yang menyerang sendi atau yang dikenal dengan istilah arthritis. 

Penyakit rematik secara umum ditandai dengan gejala peradangan pada sendi berupa kemerahan, bengkak, terasa panas dan sendi sulit digerakkan. Rematik merupakan penyakit menahun dengan gejala serangan silih berganti. 

3. Penyakit Sariawan 

Penyakit sariawan atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita penyakit yang tidak menular ini, sementara wanita lebih mudah terserang daripada pria. 

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab munculnya penyakit tidak menular ini, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit. 

4. Penyakit Hipertensi 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk stroke, infark miokard (serangan jantung), gagal jantung, aneurisma arteri (misalnya aneurisma aorta), penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. 

5. Penyakit Osteoporosis 

Osteoporosis adalah penyakit yang tidak menular dari orang ke orang. Penyakit tulang ini mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. 

6. Penyakit Depresi 

Contoh penyakit yang tidak menular selanjutnya adalah depresi atau dalam istilah medis disebut gangguan depresi mayor, gangguan suasana hati yang dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Saat mengalami depresi seseorang akan merasa sedih, putus harapan, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya disukainya, atau menyalahkan diri sendiri. 

Nah, itulah macam-macam penyakit tidak menular yang harus Anda ketahui. Jangan lupa terapkanlah pola hidup sehat dengan menjaga kondisi tubuh dan menjaga kebersihan makanan sehari-hari. Cara sederhana ini merupakan suatu langkah bijak agar terhindar dari bahaya penyakit menular dan tidak menular. 

Jadi itulah pengertian dari dua kelompok penyakit yang akan menyerang tubuh manusia. Namun pada kesempatan ini, penulis ingin memberi anda pengetahuan tentang penyakit tidak menular saja dengan pokok pembahasan “Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi”. 

Naskah ini saya tulis berdasarkan kegiatan yang dilakukan oleh segenap masyarakat Desa Semurung, Sebuah Desa Kecil yang terdapat di Kecematan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Kegiatan Germas ini melibatkan para pemuda pemudi Desa Semurung, Kepala Desa dan masyarakat lainnya yang bekerja sama dengan dinas sosial setempat untuk memberikan penjelasan tentang pengendalian penyakit tidak menular, pencegahannya dan juga untuk bisa menghindarinya. 

Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat mengerti tentang kelompok penyakit, seperti penyakit yang menular dan juga tidak menular. Dan bagaimana cara mengatasinya agar masyarakat Desa Semurung sadar akan pentingnya kesehatan bagi mereka. 

Penting kesehatan bagi mereka, itu juga membuat saya belajar banyak dari kegiatan ini, karena keluarga saya juga mengalami penyakit tidak menular ini, dia adalah Adikku yang terkena dampak Depresi akibat kehidupan yang tak menentu di Desa Semurung tersebut seperti lemahnya nilai ekonomi, pekerjaan yang sulit dan harus bertahan dalam ruang lingkup lingkungan yang kurang sehat. 

Dari sana pulalah, Aku banyak mengerti dan memahami, Jika kesehatan sangat penting perannya dalam diri seserang. Jika kondisi kita sehat, maka semuanya akan baik-baik saja, Namun jika kondisi kesehatan kita terkena penyakit, maka apapun yang kita lakukan tak akan ada nikmatnya. 

Kegiatan pengendalian penyakit yang dilakukan pemuda-pemudi Desa Semurung adalah dengan memberikan pengertian, pengetahuan, pengarahan dan kerja bakti setiap minggu dalam membersihkan lingkungan, dari rumah sendiri hingga lingkungan desa. Kegiatan tersebut diataranya : 

1. Kegiatan Pendidikan Tentang Penyakit Tidak Menular 

Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi

Kegiatan ini dilakukan oleh dinas sosial dan kesehatan setempat dengan bantuan pemuda-pumdi Desa Semurung dengan cara memberikan ilmu pengetahuan tentang penyebab penyakit tidak menular, dampak penyakit dari penyakit tidak menular terhadap kesehatan, Tanya jawab ke masyarakat, dan memberikan bantuan pengobatan gratis kepada warga yang membutuhkannya. 

2. Kegiatan Gotong Royong membersihkan Lingkungan Desa 

Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi

Kegiatan ini rutin dilakukan dalam waktu seminggu sekali. Kegiatan ini juga melibatkan pemuda pemudi desa semurung dan masyarkat setempat untuk membersihkan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat buang sampah, melarang membuang sampah di sungai, got dan lain menanam pohon. 

3. Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Kegiatan selanjutnya adalah member arahan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit tidak menular tersebut, agar mereka dapat menghindarinya dengan menerapkan gaya hidup sehat, dan menjaga diri mereka dan juga keluarga mereka. 
Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi

Kegiatan Germas ini telah berjalan sejak tahun lalu, hingga saat ini sudah berjalan 1 tahun lebih. Manfaat dari kegiatan ini tentunya sangat dirasakan oleh masyrakat setempat, dimana lingkungan menjadi lebih sehat dan juga berkurangnya orang yang mengidap penyakit tidak ,menular ini karena mereka sudah mengerti dan paham, bagaimana cara mencegah penyakit ini dating kembali ke diri mereka dengan ilmu yang telah mereka dapatkan dari kegiatan tersebut. 

Seperti adik saya, Keadaannya hingga saat ini semakin membaik, walaupun masih belum sembuh total, paling tidak depresi yang dia alami sudah mulai membaik dan hal itu berkat dari pegnetahuan saya yang didapat dari kegiatan tersebut. 

Berharap kegiatan Germas ini mendapat bantuan dari pemeritah seperti peralatan medis, buku-buku tentang kesehatan, tenaga kesehatan, lain sebagainya sebagai pendorong untuk masyarakat sehat. Bukan saja untuk Desa Semurung, namun untuk semua desa yang ada di Indonesia ini. 

Nah, itulah macam-macam penyakit tidak menular yang harus Anda ketahui. Jangan lupa terapkanlah pola hidup sehat dengan menjaga kondisi tubuh dan menjaga kebersihan makanan sehari-hari. Cara sederhana ini merupakan suatu langkah bijak agar terhindar dari bahaya penyakit menular dan tidak menular. 

Dan Juga kegiatan Germas harus ada disetiap desa guna untuk pengendalian penyakit tidak menular ini, agar masyarakat mengerti, memahami dan mencegah datangya penyakit tidak menular dengan pola hidup sehat yang mereka dapatkan dari kegiatan tersebut. Dengan kegiatan tersebut, maka Masyarakat Indonesia semakin mengerti pentingnya kesehatan diatas dunia ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dengan 3 Perilaku Germas Di Desa Semurung Air Hitam Jambi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel