Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

7 Oleh oleh Khas Garut Yang Paling Terkenal

Aleniasenja.com – Berbicara mengenai oleh-oleh khas suatu daerah di Indonesia, tentunya kaya sekali akan jajanan nusantara ini. Mulai dari sabang hingga marauke, tentunya memiliki oleh-oleh khas yang menjadi kebanggan tersendiri dan pendorong kemajuan ekonomi pastinya. Seperti kota garut salah satunya, memiliki beranekaragam oleh-oleh khas daerah tersebut, sebut saja dodol picnic yang sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang di Indonesia hingga turis yang datang ke garut ini. 
7 Oleh oleh Khas Garut Yang Paling Terkenal

Selain dodol picnic yang sangat terkenal dan melegenda itu, masih banyak lagi oleh-oleh garut ini yang perlu anda ketahui, apa saja itu, simak ulasan lengkapnya dibawah ini : 

1. Jeruk Garut 

Jeruk Garut

Di Kota Garut banyak sekali pick-up truck yang nongkrong di pinggir jalan utama yang menjual Jeruk Garut ini. Harganya beragam tergantung kualitasnya, tapi untuk gambarannya sekitar Rp 9.000 -10.000/kg.Jeruk Garut 

2. Dodol Picnic 

Dodol Picnic

Oleh-oleh dodol Garut. Sebenarnya ada banyak sekali merk dan jenis dodol Garut yang bisa didapatkan di hampir seluruh penjuru kota Garut & Cipanas. Tapi salah satu merk dodol yang paling terkenal dan sudah ada dari dulu adalah Dodol Picnic. Selain di toko oleh-oleh biasa, Dodol Picnic juga bisa dibeli di Galeri Dodol Picnic sekaligus lihat proses pembuatannya. 

3. Chocodot 

Chocodot

Chocodot ini mengkombinasikan berbagai jenis coklat dan bahan-bahan lokal lainnya seperti buah, kacang, cabai bahkan dodol, terciptalah puluhan jenis produk Chocodot yang menarik untuk diberikan kepada teman atau sanak saudara sepulang liburan dari Garut. Cek info lengkap tentang Galeri Chocodot dan alamat lokasinya di sini.Chocodot - coklat bikinan Garut 

4. Burayot 

7 Oleh oleh Khas Garut Yang Paling Terkenal

Burayot ini adalah salah satu kue khas di beberapa daerah kecamatan di Garut. Bahan dasarnya sangat sederhana, yaitu tepung beras dan gula aren yang kemudian digoreng. Kue tradisional ini biasanya dihidangkan di hari besar seperti Lebaran. Tapi kalau mau cari burayot setiap hari juga ada yang jual. Salah satu lokasinya ada di warung kecil di pinggir jalan masuk begitu belok ke arah Cipanas sebelum masuk Garut. 

5. Dorokdok & kerupuk kulit 

7 Oleh oleh Khas Garut Yang Paling Terkenal

Dorokdok ini dibuat dari kulit sapi sedangkan kerupuk kulit dibuat dari kulit kerbau. Kalau kamu, lebih suka yang mana? Dorokdok & kerupuk kulit ini gampang sekali ditemukan di toko oleh-oleh di Garut, biasanya dalam bungkusan plastik besar.Dorokdok & Kerupuk Kulit. 

6. Emplod 

Emplod

Biasanya Orang menyebut emplod ini endog lewo artinya telur (dari daerah Kampung) Lewo. Bahannya sangat sederhana, yaitu singkong yang harus digiling, diperas dan didiamkan dulu selama 24 jam. Setelah itu dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya kemudian dibentuk bulat-bulat kecil seperti kelereng untuk selanjutnya digoreng sebelum dihidangkan. Penasaran dengan emplod ini? Cari saja ke toko oleh-oleh terdekat di Garut/Cipanas. 

7. Opak dan Ladu 

Opak dan Ladu

Bahan dasarnya dari Opak adalah tepung beras yang dicampur bumbu, gula, garam kemudian dicampur air sehingga menjadi adonan yang lunak. Setelah dibuat lembaran tipis kemudian dijemur hingga kering dan dibakar di atas perapian. Opak yang terkenal di Garut adalah Opak Bungbulang yang merupakan nama kecamatan di bagian selatan Garut. Tapi tidak perlu jauh-jauh ke sana kalau mau beli opak, sudah ada di toko oleh-oleh mana saja di Garut/Cipanas.Opak Jawa Barat 

Sementara Ladu seperti dodol tapi teksturnya agak kasar dan tidak sekenyal dodol. Ladu ini terbuat dari tepung ketan putih yang dicampur dengan gula aren dan kelapa parut. Rasanya memang manis tapi tidak overly sweet seperti dodol. Malahan tekstur kasarnya membuat sensasi tersendiri saat dikunyah. Di daerah Garut, ladu ini terkenal berasal dari daerah Malangbong. Meskipun tidak terlalu banyak kuantitasnya, ladu masih bisa ditemukan di beberapa toko oleh-oleh di Garut. Ada yang batangan, aja juga yang kiloan. 

Itulah beberapa oleh-oleh khas garut yang perlu anda ketahui. Jika anda datang ke kota garut ini untuk jalan-jalan menikmati wisata yang banyak tersebar di ktoa ini, pulangnya jangan lupa untuk membeli oleh-oleh garut ini. Anda dapat membelinya di toko terlengkap dan terbesar di kota garut yaitu SBR 3 Pusat Oleh-oleh Garut yang beralamat di : 

Tanjung Kubang 
Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151

Belum ada Komentar untuk "7 Oleh oleh Khas Garut Yang Paling Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel