Cara Berhenti Donasi UNICEF Dengan Sempurna

Cara Berhenti Donasi UNICEF Dengan Sempurna – Untuk anda yang sedang bingung mencari informasi tentang cara untuk berhenti donasi di Unic...

Agar Terhindar dari Fitnah Hoax, Bacalah Doa Ini Sebagai Penangkalnya

Aleniasenja.com - Di era saat ini, berbagai kemajuan tentunya berkembang dengan sangat pesat, terutama media sosial yang bisa akses dimana pun, kapan pun dan oleh siapapun. Namun kemajuan media sosial ini terkadang tidak digunakan untuk hal yang positif, banyak dari mereka menggunakan media sosial untuk sesuatu kepentingan yang tidak baik. 
 Agar Terhindar dari Fitnah Hoax, Bacalah Doa Ini Sebagai Penangkalnya

Bebagai hal yang mereka tulis, sebarkan, dan mereka bagikan di media sosial membuat keresahan dan kekhuwatiran, sebab informasi yang mereka sebarkan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya alias bohong dan fitnah belaka. Jika sudah terjadi begitu, maka pihak yang dirugikan tentunya akan mengambil jalan hukum dan alhasil bagi mereka yang membuat informasi tersebut akan berimbas kepada pihak yang berwajib. 

Bukan itu saja, kehadiran media sosial ini bukan digunakan sebagai mana mestinya. Banyak dari mereka yang menggunakan untuk saling menghujat, mencaci maki, menghina, mengadu domba, tanpa mengetahui, mengerti, dan memahami dengan baik cara menggunakan agar apa yang ditulis, apa yang dibagikan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. 

Seperti pepatah megatakan jika Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Ini merupakan ungkapan lawas tentang besarnya dampak dituduh melakukan suatu kesalahan tanpa disertai bukti dan tidak pula berusaha dibuktikan oleh pelaku. Pada awalnya fitnah dilontarkan lewat lisan maupun tulisan, namun kini sejalan dengan perkembangan teknologi, fitnah bisa dilayangkan lewat rekaman suara maupun video yang dimanifulasi. Rekaman tersebut kemudian disebarkan lewat media sosial. 

Sebagian orang membuat berita palsu atau hoax atau fitnah untuk kepentingan sesaat. Misalnya untuk menaikkan popularitas, untuk menjatuhkan seseorang, dan bahkan sebagian berani memfitnah para ulama. Hingga orang yang tak tahu pun ikut terbawa emosi sampai menghujat. 

Banyak orang mencaci karena kita dituduh melakukan sesuatu yang tidak kita lakukan. Itu menyakitkan dan menjatuhkan harga diri. Maka, agar kita terhindar dari fitnah dan kezaliman, bacalah doa berikut. 

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ 

Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil qaumidh dhâlimîn wa najjinâ birahmatika minal qaumil kâfirîn 

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang kafir.” Doa di atas diambil dari Surat Yunus ayat 85-86. Ayat sebelumnya menjelaskan para pengikut Nabi Musa yang sedikit merasa ketakutan. Karena Fir’aun kerap melakukan fitnah dan menzalimi mereka. 

Lebih lanjut, perlu diketahui bahwa dulu Fir’aun meresahkan orang-orang beriman dengan melayangkan berbagai ancaman dan fitnah. Firaun berhasil menekan rakyatnya untuk mengingkari kebenaran yang dibawa Nabi Musa. 

Di tengah kegelisahan yang dirasakan pengikutnya, Nabi Musa berkata kepada mereka, sebagaimana direkam dalam al-Qur’an. 

وَقَالَ مُوسَىٰ يَا قَوْمِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ فَعَلَيْهِ تَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُسْلِمِينَ، فَقَالُوا عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ، وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ 

Artinya: “Berkata Musa: ‘Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allah, maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri.’ Lalu mereka berkata: ‘Kepada Allahlah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim’.” (QS Yunus: 84-86). 

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi ktia semua, dan semoga kita semua terhindar dan tidak berbuat fitnah ini sehingga selamat dunia dan akhirat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Agar Terhindar dari Fitnah Hoax, Bacalah Doa Ini Sebagai Penangkalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel