Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Cuaca Panas Landa Indonesia, Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

Beberapa hari terakhir ini, banyak warga Indonesia yang mengeluhkan cuaca panas. Cuaca panas tersebut tentunya sangat menganggu aktivitas setiap harinya. Keluhan tersebut di jelaskankan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi ( BMKG), bahwa suhu udara maksimum dapat mencapai 37 C sejak 19 Oktober hingga saat ini. 
Cuaca Panas Landa Indonesia, Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

Cuaca panas yang terjadi hamper di seluruh Indonesia tentunya menjadi peringatan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan karena saat ini banyak lahan dibakar, penghijauan kurang, rumah kaca dan faktor lainnya. Jika sudah seperti ini, maka tentunya sangat menganggu dan sudah pastinya berbagai penyakit akan menyerang seperti radang tenggorokan, pusing, dan lain sebagainya. 

Nah, bagi anda yang rentan dengan cuaca panas ini, ada baiknya anda memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari agar anda tidak terkena penyakit di cuaca yang panas ini. Apa saya makanan dan minuman yang perlu dihindari saat cuaca panas ini?, simak ulasannya dibawah ini : 

1. Makan Daging Panggang 

Saat cuaca panas seperti saat ini, maka berhati-hatilah untuk mengonsumsi daging panggang, karena daging yang dimasak pada suhu tinggi akan meningkatkan kandungan karsinogen di dalamnya. Karsinogen tersebut merupakan salah satu penyebab anda akan terkena penyakit kanker nantinya. Pastikan anda tidak mengkonsumsinya begtu sering karena akan berkibat fatal bagi kesehatan anda. 

2. Mengkonsumsi Es Krim Atau Air Es 

Mengkonsumsi es krim saat musim panas tentunya sangat menyegarkan. Namun tahukah anda, jika anda mengkonsumsinya pada saat cuaca panas seperti saat ini, maka penyakit tenggorongkan, batuk akan mengintai kesehatan anda. Jadi, jangan sering-sering mengkonsumsi es krim agar anda tidak terserang penyakit tersebut. 

3. Makan Buah Mangga 

Jika melihat mangga di musim panas yang dipikirkan ialah rujak, manisan dan olahan mangga lainnya. Tetapi, dibalik banyaknya penggemar buah yang satu ini, Mangga juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan panas tubuh loh. Tak hanya itu buah satu ini juga bisa menimbulkan sejumlah penyakit yang tidak diinginkan seperti diare, sakit kepala dan lainnya. 

4. Minum Air Panas 

Panasnya sinar matahari di waktu siang, tak jarang membuat banyak orang merasa mengantu saat bekerja. Dan salah satu pelariannya ialah mengonsumsi kopi dan teh hangat. Tapi jika dikonsumsi secara teratur selama musim panas, bisa menimbulkan efek yang kurang baik. Yaitu meningkatkan suhu dan dehidrasi tubuh. 

5. Minum Alkohol 

Minum Alkohol tidak baik tentunya, apalagi anda sebagai umat muslim. Bukan saja karena dilarang dan berdosa, namun bagi kesehatan juga buruk efeknya. Apalagi minumnya pada saat cuaca panas seperti saat ini meneguk segelas alkohol dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Sistem kekebalan tubuh juga menurun jika Anda menjalani kebiasaan ini yang dapat membuatrentan terhadap sejumlah penyakit. 

6. Mengkonsumsi Produk Susu 

Jika anda sering mengkonsumsi milshake saat cuaca panas, maka anda bisa berisiko mengalami gangguan pencernaan seperti asam lambung naik ketika mengonsumsinya di saat suhu sedang tinggi. Alasannya suhu tubuh yang meningkat turut mempengaruhi kerja lambung dalam memfermentasi susu. 

7. Makanan Berminyak 

Saat cuaca panas seperti saat ini, maka jangan sering mengkonsumsi gorengan dan kari karena dapat meningkatkan risiko penyakit serius pada tubuh. Efek mengonsumsi makanan berminyak bisa lebih buruk selama musim panas karena dapat meningkatkan panas tubuh dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga Anda lebih rentan mengidap beragam penyakit. 

8. Buah-buahan Kering 

Buah-buahan yang termasuk jenis buah kering seperti kurma, kismis dan apricot. Memang buah-buahan tersebut tergolong dalam camilan sehat karena mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, hindari mengonsumsi buah kering tersebut saat musim panas seperti saat ini, karena buah kering dapat meningkatkan suhu tubuh dan efeknya dapat lebih buruk ketika suhu di luar sudah tinggi. 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu anda hindari saat cuaca panas seperti saat ini. Jagalah kesehatan anda agar tetap sehat selalu karena sehat itu mahal harganya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

1 Komentar untuk "Cuaca Panas Landa Indonesia, Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini"

  1. Mantap tipsnya
    Tapi di tempat kami lagi musim hujan sih, sampe-sampe desa sekitar udah terendam banjir. 😑

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel