HALODOC Konsultasi Dokter, Aplikasi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Inilah 4 Ciri Orang yang Diharamkan Tersentuh Api Neraka

Aleniasenja.com - Kehidupan diatas dunia ini hanyalah sebuah persinggahan yang sifatnya hanya sementara, sedangkan kehidupan yang abadi di akhirat. Dunia ini tempat untuk berbuat kebaikan bukan kejahatan, untuk menana amal baik bukan yang buruk. Jika telah mengetahui jika dunia ini hanyalah sementara, maka setiap muslim tentunya menginginkan hidup di surga, bukan di neraka. 
Inilah 4 Ciri Orang yang Diharamkan Oleh Allah SWT Tersentuh Api Neraka

Namun untuk bisa masuk ke dalam syurga dan terhindar dari dahsyatnya neraka, Sudah Sepatutnya umat Islam berlomba-lomba beramal baik bukan berbuat dosa diatas dunia ini. Maka dari itu, sebelum ajal menjemput dan tertutup semua amal ibadah, maka jalani perintah dan larangan-NYA agar selamat dunia dan akhirat. Salah satu caranya untuk menggapai syurga-NYA dan dterhindari dari api neraka adalah menjadi orang-orang yang disebutkan dibawah ini : 

Rasulullah SAW Bersabda : “Maukah kalian meminta orang-orang yang tidak akan disentuh api neraka atau orang yang tidak akan masuk neraka, mereka adalah setiap orang yang memiliki sifat hayyin, layyin, qaribin, sahlin.” (HR. At-Tirmidzi). 

1. Hayyin (Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin seperti Tidak mudah Memaki,Tidak Mudah Melaknat serta Teduh jiwanya.) 

Hayyin artinya tawadu’ atau rendah hati. Dalam Al-Quran Allah Swt. berfirman: “Mengenai hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan hati yang rendah dan orang-orang yang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucap ‘salam’.” (QS. Al-Furqan: 63) 

2. Layyin (orang yang lembut dan memiliki rasa kasih saying, Orang yang selalu menginginkan Kebaikan untuk sesama Manusia, Sikapnya Lembut, Santun.) 

Layyin artinya lemah lembut. Bertutur kata atau berbicara dengan kata yang lemah lembut. Jika kita perhatikan bagaimana Islam memadukan sifat lemah lembut dengan ketegasan ini menunjukkan akhlak dalam Islam yang sempurna. 

Dari Abu Syuraih, ia berkata kepada Rasulullah Saw., “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga.” 

Beliau bersabda, “Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.” 

3. Qarib (orang yang dekat, mudah akrab dan ramah, Menyenangkan bagi orang yang diajak Bicara, Bersikap Ramah, Akrab.) 

Qaribin dalam Bahasa Indonesia adalah karib yaitu dekat, akrab, tidak jaim dan mudah bergaul. Orang yang baru kenal dengan Rasulullah, ia langsung bisa akrab dan tidak canggung karena sifat Nabi yang begitu akrab. 

4. Sahl (orang yang memudahkan urusan dan tidak mempersulit sesuatu, Orang yang tidak Mempersulit sesuatu. Selalu ada Solusi bagi setiap Permasalahan.) 

Sahlin berarti mudah. Allah berfirman: “Siapa yang mau membantu saudaranya di dunia, maka Allah akan memudahkan urusan-urusannya di akhirat.” 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang mukmin, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.” (HR. Muslim). 

Itulah sifat yang menjauhkan diri seseorang dari amukan Api Neraka. Namun itu salah dari perintah dari Allah SWT untuk menggapai Syurganya dan jauh dari api neraka. Namun yang jelas, sebagai umat muslim sudah selayaknya menjalani semua perintah-NYA dan menjauhkan diri perbuatan yang dilarang-NYA. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 4 Ciri Orang yang Diharamkan Tersentuh Api Neraka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel