Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Jangan Bersedih, Ini Doa Melupakan Si Dia Yang Pergi Meninggalkanmu

Aleniasenja.com - Menjalani hubungan tanpa status alias pacaran memang dalam islam dilarang karena mengakibatkan manusia itu akan lalai dan akhirnya berbuat hal yang berujung dosa. Islam mengajarkan, jika menyukainya, jika mencintainya, maka jalin hubungan itu dengan ikatan halal pernikahan. Bagaimana jika sudah terlanjur menjalani hubungan pacaran?, Jika memang memilih menjalani hubungan pacaran, maka harus tahu adab yang harus dijaga dalam hubungan tersebut agar terhindar dari dosa.  
Jangan Bersedih, Ini Doa Melupakan Si Dia Yang Pergi Meninggalkanmu

Jika memang sulit menjaga diri dari hal yang berujung dosa, maka lebih baik berpisah jika memang belum siap untuk menikah. Memang berat untuk berpisah dengan orang yang dicintai memang sulit, hal ini menjadikan hati terluka dan bersedih bekerpanjangan. Faktanya kebanyakan orang memang sulit melupakan mantan kekasih, sebab terlalu banyak kenangan yang melekat. Meski begitu perlu diketahui bahwa pacaran dilarang dalam Islam. Oleh karena itu putuskan pacarmu dan lupakan dia. Lalu, bagaimana jika hati susah melupakan mantan kekasih?. Rasulullah SAW bersabda : 

"Sesungguhnya hati bani Adam yang berada di antara dua jari Dzat Yang Maha-Rahman itu bagaikan satu hati saja. Dia selalu mengubah-ubahnya sesuai dengan kehendak-Nya," (HR al-Tirmidzi). 

Menurut hadist di atas, mengenai melupakan mantan kekasih atau perihal hati, baiknya dipasrahkan kepada Allah karena manusia bisa kesulitan mengendalikan perasaan sendiri. Rasulullah SAW pun pernah berkata, bahwa hati itu bagaikan bulu di atas tanah yang kosong. 

"Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik." (HR. Ahmad). 

Agar hati kembali tenang alangkah baiknya memperbanyak ibadah, seperti salat, mengaji, puasa, sadaqah. Rasulullah pernah berdoa kepada Allah supaya hatinya tetap diteguhkan. 

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ 

Artinya: "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu" (HR al-Nasai’). 

Setelah membaca doa tersebut Rasulullah SAW kemudian menyambungnya dengan doa dari Alquran: 

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ 

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia)," (Ali ‘Imran [3]: 8). 

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW berdoa: 

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ 

Artinya: "Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu"(HR. Muslim). 

Jadi, Bagi yang memilih pacaran, maka jangan terlalu lama menjalani hubungan tersebut karena akan membaut fitnah dan dosa. Halalkan dia dalam ikatan pernikahan. Jika belum siap, maka jangan pacaran atau lebih baik istiqomah dalam kesendirian dahulu sebelum jodoh sejati datang. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Bersedih, Ini Doa Melupakan Si Dia Yang Pergi Meninggalkanmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel