Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan online terbaik dan terpercaya di Indonesia yang dapat memberikan solusi kepada penggunanya da...

Jangan Katakan 5 Hal Ini Saat Interview Jika Ingin Cepat Dapat Kerja

Aleniasenja.com - Proses dalam mendapatkan pekerjaan, baik bagi yang baru mencari kerja atau pun yang sudah berpengalaman kerja tentunya akan melewati proses yang namanya interview kerja. Dalam proses interview kerja banyak sekali orang yang gagal paham dan fokus untuk bisa melewatinya karena beberapa hal yang dikatakan bertentangan dengan asas proses interview kerja tersebut. 
Jangan Katakan 5 Hal Ini Saat Interview Jika Ingin Cepat Dapat Kerja

Perlu anda ketahui bersama, jika proses interview kerja tersebut bertujuan untuk melihat, menilai, dan memperhatikan segala sesuatu tentang seseorang calon karyawan yang akan mereka terima nantinya. Proses interview tersebut berguna untuk memastikan, apakah karyawan tersebut cocok atau tidak dengan posisi yang sedang mereka cari. 

Nah, Bagi anda yang sedang mencari kerja dan akan mengikuti interview kerja nantinya. Maka dalam mengikuti perihak tersebut, maka hal-hal yang tercantum dibawah ini mungkin bisa jadi panutan bagi anda yang ingin reign dan mencari tempat kerja yang abru agar anda tidak mengatakannya kepada mereka yang menginterview anda. Adapun hal-hal tersebut diantaranya : 

1. Kondisi Tempat Kerja Yang Lama 

Saat anda interview kerja, sering sekali pihak HRD menanyakan hal ini kepada anda. Seperti, kenapa anda pindah kerja?, kenapa anda memutuskan keluar dari sana?, kenapa anda ingin bekerja disini, dan bagaimana kondisi kantor lama anda?, dan lain sebagainya. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya hanya jebakan saja untuk memberi anda nilai buruk ketika mereka interview anda. Solusinya adalah ketika anda ditanya hal-hal yang menjebak diatas, maka jawablah dengan sesuatu hal yang baik dan menjelekan dan tidka pula memuji kantor anda tersebut secara berlebihan. 

Misalnya, Jika mereka bertanya kenapa anda keluar/resign dari pekerjaan yang lama, maka jawablah dengan kalimat yang baik, seperti saya pindah dan keluar dari sana karena ingin mencari pengalaman yang baru dan sesuai dengan bidang kuliah yang saya emban. Jangan menjawab hal yang buruk seperti karena atasan saya galak, baik, rekan kerja tidak teamwork dan lain sebagainya. 

2. Jangan Mengatur Jadwal Interview 

Jika anda mendapatkan kesempatan interview kerja dari perusahaan yang anda inginkan, maka jangan pernah kepada mereka untuk mengatur waktu interview atas permintaan anda. Jika hal itu anda lakukan, maka anda kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru secara cepat. Ingat, kandidat yang mereka pilih bukan anda sendiri, jadi buatlah mereka terkesan dengan anda dengan menghadiri waktu interview sesuai dengan permintaan mereka. 

Datanglah tepat waktu, dengan pakaian yang rapi, sopan santun yang haru dijaga, gaya bahasa dan bicara dan jangan terlalu tegang sangat wawancara, rileks saja dan jangan panik saat mereka memberi anda pertanyaan, karena jika itu terjadi, maka mereka akan membaca bahasa tubuh anda dan anda sulit untuk lulus dalam seleksi kerja tersebut. 

3. Jangan Menunggu Di Panggil Interview 

Banyak dari para pencari kerja saat melamar kerja hanya menunggu kabar dari perusahaan yang mereka lamar untuk mendapatkan panggilan kerja. Saat ini, hal seperti itu sudah kuno. Yan gbutuh pekerjaan tentunya kita, jadi ktia yang ahrus berusaha untuk mendapatkannya bukan mereka. Jadi, ketika lamaran anda belum ada panggilan juga, ada baiknya anda meresponnya dengan bertanya kepada pihak yang bersangkutan tentang lamaran anda tersebut. 

Misalnya kepada pihak HRD tentang lamaran anda, apakah sudah diterima apa belum via telpon atau pun email. Mungkin saja lamaran anda tidak sampai kepada mereka sehingga mereka tidak tahu jika anda sedang butuh pekerjaan dan juga melamar di perusahaan mereka. 

4. Rencana 5 Tahun Ke Depan 

Biasanya pertanyaan ini sering juga muncul saat interview kerja. Apakah anda sudah pengalaman kerja atau pun baru bekerja. Pertanyaan ini tentunya sangat menjebak karena jika salah jawab, maka anda tidak akan lulus dalam tahap interview kerja ini. 

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apa target anda untuk lima tahun kedepan, atau apa yang adna lakukan untuk beberapa bulan ke depan. Jika anda menjawab banyak hal yang anda lakukan dan semua itu tidak ada hubungannya dengan lowongan kerja yang sedang anda lamar, maka anda sulit untuk mereka terima. Jadi, jawablah pertanyaan tersebut dengan hal yang berkaitan dengan lowongan kerja yang sedang anda lamar dan mereka karyawan yang mereka cari. 

5. Jangan Bilang Hanya Perantara Kerja Saja 

Meski memang semua orang menginginkan kemajuan karier, tetapi tentu pihak perusahaan tidak mau memilih kandidat yang hanya melihat posisi pekerjaan yang ditawarkan hanyalah sebagai batu loncatan saja dan berisiko kehilangan pegawai saat posisi yang lebih tinggi tidak bisa ditawarkan kepada kandidat. 

Jadi, saat anda ditanya soal kenapa anda cocok mengisi posisi yang mereka tawarkan untuk anda, maka jangan jawab saya butuh pekerjaan atau terbesit dalam benak anda sebagai batu loncatan saja untuk mencari pengalaman kerja untuk mengejar posisi yang di inginkan nantinya. Jika hal itu anda lakukan, maka anda sulit diterima kerja. 

Itulah beberapa hal yang tidak perlu anda katakan ketika anda sedang interview kerja. Semoga ulasan diatas dapat menjadi panutan dan inspirasi untuk bisa menjalani proses interview kerja dengan baik dan mendapatkan pekerjaan tersebut. Sukses selalu untuk anda, bagi yang sedang berjuang mencari kerja saat ini, semoga segera mendapatkan pekerjaan, dan bagi yagn sudah bekerja, maka bekerjalah dengan baik, karena cari kerja itu sulit zaman sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Katakan 5 Hal Ini Saat Interview Jika Ingin Cepat Dapat Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel