Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan online terbaik dan terpercaya di Indonesia yang dapat memberikan solusi kepada penggunanya da...

Ketika Takut Naik Pesawat, Bacalah Doa Ini Untuk Menghilangkannya

Aleniasenja.com - Untuk menggapai suatu tempat, tentunya manusia butuh yang namanya kendaraan. Entah itu kendaraan jalur darat, laut hingga udara. Namun dalam perjalanan menuju ke tempat tersebut, ada rasa takut, was-was karena suatu penyebab. Penyebabnya bisa saja takut kecelakaan, takut begal, takut dirampok, dan takut jatuh atau karena memang ada penyakit dalam diri hingga mengalami yang namanya pobia karena ketinggian, pobia kecepatan, dan lain sebagainya. 
Ketika Takut Naik Pesawat, Bacalah Doa Ini Untuk Menghilangkannya

Rasa takut tersebut terkadang membuat seseorang sulit untuk melakukan perjalanan tersebut. Seperti naik pesawat terbang misalnya, banyak dari orang sangat takut ketika ingin naik pesawat ini, bahkan mereka jadi pikiran ketika ingin naik pesawat ini. Jika sudah seperti ini tentunya sangat menyesakan dan menyiksa diri karena kemana-mana sulit untuk dilakukan, apalagi kepentingan darurat misalnya, harus naik pesawat biar cepat sampai, jadi repot urusannya. 

Jika anda mengalami hal seperti itu, maka dalam islam selalu diajarkan untuk selalu mengingat sang kuasa dengan selalu meyertainya disetiap langkah yang ktia jalani diatas bumi ini. Salah satunya dengan cara memohon perlindungan dari-NYA dengan cara berdoa. Bagi anda yang merasa takut naik pesawat, anda bisa menghafal doa ini dan membacanya ketika anda ingin naik pesawat atau pun ketika berada dalam pesawat nantinya. Berikut doanya : 

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ 

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih. 

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Hud ayat 41). “Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya.” (Q.S. Al-An’am ayat 91). 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, bahwa orang yang mengucapkan doa dzikir tersebut akan selamat dari tenggelam atau jatuh. (HR Ibnu Sinni). Doa ini bersumber dari Alquran, Surat Huud ayat 41. Di zaman Rasulullah, doa ini hanya doa naik kendaraan laut, lalu setelah ada pesawat terbang, doa ini juga dipakai untuk naik pesawat terbang. 

Secara umum, diawali atau dilengkapi dengan doa naik kendaraan, termasuk naik kendaraan udara (pesawat) dan kendaraan laut (kapal laut), berikut doanya : 

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

Artinya : “Maha Suci (Tuhan) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” 

Doa ini bersumber dari Al-Qur’an, surat Az-Zukhruf ayat 13-14: 

لِتَسْتَوُوا عَلَىٰ ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا 

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ 

Artinya : “Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: ‘Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’.” 

Dilengkapi dengan : 

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ. 

Artinya : “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud 3/34, At-Tirmidzi 5/501, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/156.). 

Itulah Doa yang harus anda bacakan ketika rasa takut menyelimuti diri anda ketika ingin naik pesawat atau pun ketika berada di dalam pesawat nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, bagi anda yang sedang dalam perjalanan, semoga selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT sehingga sampai ketujuan dengan selamat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Ketika Takut Naik Pesawat, Bacalah Doa Ini Untuk Menghilangkannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel