Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

3 Perkara Ini Dilarang Dalam Shalat Menurut Rasulullah SAW, Apa Saja Itu?

Aleniasenja.com – Ketika seseorang muslim melakukan sholat, tentunya harus melakukannya dengan sebaik mungkin, karena sholat merupakan tempat dimana seorang hamba sedang menghadapi sang kuasa Illahi. Jika melakukannya dengan tidak baik, maka sudah pasti akan ditolak dan ibadah sholat tersebut tidak akan diterima sebagai amal oleh Allah SWT.
3 Perkara Ini Dilarang Dalam Shalat Menurut Rasulullah SAW, Apa Saja Itu?

Dalam melaksanakan Sholat, tentunya ada peraturan dan ketentunnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, Hadist dan Al-qur’an. Tata sholat yang baik tentunya harus mengikuti tuntunan yang shahih bukan tuntunan sholat yang tidak jelas sumbernya maka itu bisa dikatakan sesat.

Dalam sholat tentunya ada beberapa hal yang boleh dilakukan, dan tidak boleh dilakukan karena akan membatalkan sholat dan juga tidak sahnya sholat. Nah, banyak sekali hal yang dilarang itu sering dilakukan oleh kita dalam melakukannya, apa saja itu, simak ulasannya dibawah ini :

Dikutip dari sebuah hadits yang driwayat oleh Baihaqi dan Muslim disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW dalam shalat menundukkan kepalanya dan pandangannya tertuju ke tanah. Rasulullah SAW melarang mengangkat pandangannya ke langit sebagaimana tercantum dalam hadits riwayat Bukhari dan Abu Daud.

Larangan itu dipertegas dengan sabdanya, ”Hendaknya orang-orang menghentikan mengarahkan pandangannnya ke langit pada waktu shalat atau tidak dapat kembali lagi kepada mereka (dalam riwayat lain disebutkan : atau mata-mata mereka tercolok),” (HR Bukhari, Muslim & Siraj).

Dalam hadits lain disebutkan, ”Apabila kalian melakukan shalat maka hendaknya janganlah menolah-noleh karena Allah akan menghadapkan wajahNya kepada wajah hambanya ketika shalat selama ia tidak menolah-noleh,” (HR Tirmidzi dan Hakim).

Dalam hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Abu Ya’la disebutkan bahwa Rasulullah SAW melarang 3 perkara dalam shalat. Yaitu shalat dengan cepat seperti ayam yang mematuk, duduk di atas tumit seperti duduknya anjing, dan menolah-noleh seperti musang. Beliau SAW juga bersabda, 

”Shalatlah seperti halnya shalat orang yang akan meninggal, yaitu seakan-akan engkau melihat Allah. Jika engkau tidak melihatNya maka sesungguhnya Dia melihatmu,” (HR Thabrani, Ibnu Majah & Ahmad).

Beliau telah shalat dengan baju yang terbuat dari wol yang bergambar, lalu Rasulullah SAW melihat sepintas gambar-gambar itu. Usai shalat Beliau SAW bersabda,

”Bawalah bajuku ini kepada Abu Jahm dan bawalah kepadaku kain yang kasar Abu Jahm. Karena bajuku ini telah mengalihkan perhatian shalatku tadi. (dalam riwayat lain dikatakan : Sesungguhnnya aku telah melihat gambarnya saat shalat dan hampir saja aku tergoda),” (HR Bukhari, Muslim & Malik).

Itulah 3 perkara yang harus dihindari saat anda melakukan sholat jika ingin ibadah sholat anda diteirma oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, semoga kita selalu menjaga sholat kita dengan baik karena sholat adalah amalan pertama yang akan dhisab pada hari akhirat nanti, jika sholatnya baik, maka semua amal ibdah insya Allah akan mengikutinya, Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Perkara Ini Dilarang Dalam Shalat Menurut Rasulullah SAW, Apa Saja Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel