Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

5 Cara Menghadapi Orang Suka Berutang Biar Jera

Aleniasenja.com - Dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak hal yang kita jumpai, baik itu hal yang menyenangkan maupun hal yang tidak menyenangkan, bahkan menjengkelkan sekali karena membuat hidup kita tidak tenang. Hal tersebut adalah ketika seseorang selalu berutang kepada kita. 
5 Cara Menghadapi Orang Suka Berutang Biar Jera

Bukan sekali atau pun dua kali ia berutang kepada kita, namun setiap bulan bahkan minggu dia selalu berutang kepada kita. Dan yang lebih buruknya lagi, kalau ditagih ia bilang tidak punya uang, padahal terlihat ia punya uang, dan jika tidak di ingatin untuk bayar ia tidak ingat. Hal ini sering terjadi dalam kehidupan nyata manusia. 

Padahal perlu kita ketahui jika hutang itu adalah salah satu dosa besar yang sulit diampunin oleh Allah SWT jika kedua belah pihak belum saling mengihklaskan atau saling melunasi perkaranya. Jika orang yang dhutangi tidak mengingatkan untuk menagih orang yang berhutang, maka dosa bagi yang memberi hutang, namun sebaliknya jika sudah ditagih tak membayar karena alasan klasik, maka itu dosa bagi penghutang. 

Nah, agar anda terhidar dari hal yangribet bikin kepala pusing karena karma dalam dunia hutang piutang ini, jika ada orang yang melulu berhutang kepada anda, maka anda dapat menghadapinya dengan mengatakan beberapa hal dibawah ini agar mereka kapok untuk berhutang lagi kepada anda dan anda bisa tenang. 

1. Katakan Bahwa Anda Hanya Uang Pas-pasan 

Saat seorang teman datang meminjam uang kepadamu, bilang saja dengan tegas bahwa kamu punya uang yang pas-pasan. Jika ia datang kembali lagi pun, bilanglah dengan alasan yang sama. Dijamin temanmu akan jera dengan caramu menghadapi dia meminjam uang dan selalu konsisten dengan alasanmu. 

2. Katakan Uang Anda Masih Dipinjam Sama Orang Lain 

Katakan bahwa danamu sedang dipinjam oleh orang lain, jika temanmu meminta pinjaman uang. Tentunya, hal ini akan membuat temanmu mati kutu untuk tidak merayumu lagi. Biasanya jika sekali kamu tolak secara halus, temanmu merasa tidak enak akan meminjam uang selanjutnya. 

3. Katakan Bayar Dahulu Hutang Yang Lama Baru Boleh Hutang Lagi 

Jika berutang disiplin membayarnya. Tapi, yang pasti membuatmu kesal adalah jika masih punya utang, dia merengek minta pinjaman lagi sementara utang sebelumnya belum dibayar. Kamu harus tegas soal ini dan jangan beri dia pinjaman sampai dia lunasi utangnya dahulu. 

4. Katakan Banyak Pengeluaran Yang Mendesak 

Trik para penghutang agar dapat pinjaman dari anda biasanya mengemis-ngemis dan bermuka memelas agar dikasihani. Untuk menyiasatinya, anda lantas pasang muka memelas juga bahwa anda pun sedang banyak kebutuhan yang mendesak. Dengan cara ini, temanmu akan mundur untuk pinjam uang denganmu. 

5. Menghindarinya 

Jika ada seseorang datang mau pinjam uang, jika ia datang berkali-kali, maka ada baiknya anda tolak dengan tegas, namun tetap halus dan sopan tanpa menyinggung perasaannya, Atau menghindar juga sikap yang lebih baik. Dengan sikapmu ini temanmu juga akan canggung untuk meminjam uang lagi selanjutnya. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika menghadapi seseorang yang suka berhutang. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, bagi anda yang masih memiliki hutang, maka lunasi hutangnya karena dosa dibalik hutang piutang itu berat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menghadapi Orang Suka Berutang Biar Jera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel