Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan online terbaik dan terpercaya di Indonesia yang dapat memberikan solusi kepada penggunanya da...

Cara Mengatasi Depresi Dalam Islam

Aleniasenja.com - Berbagai masalah, cobaan dan rintangan hidup yang datang silih berganti dalam hidup seseorang diatas dunia ini membautnya terkadang lemah, menyerah, mengeluh, dan berputus asa dalam menyikapinya. Padahal masalah, cobaan dan rintangan tersebut datangnya dari Allah SWT dengan tujuan yang baik agar manusia itu sadar jika Allah SWT tempatnya mengadu dari perihal tersebut. 
Cara Mengatasi Depresi Dalam Islam

Namun itu tak terjalani dengan baik, banyak harapan, keinginan, dan kemauan yang tak tergapai, akhirnya putus asa untuk mengulanginya lagi, untuk berusaha lagi, untuk berdoa lagi, padahal Allah SWT hanya mencoba, apakah dia akan tetap sabar dan ikhlas dalam menjalaninya sehingga dia patut untuk mendapatkan aap yang ia butuhkan tersebut. 

Berbagai hal yang membelenggu langkah manusia diatas dunia ini semuanya adalah kehendak Allah SWT, tak ada satu pun yang mampu berpaling dari-Nya. Ketika semua tak berjalan dan sesuai dengan harapan, maka kembalikan semua kepada AllaH SWT, karena hanya dia yang maha mengetahui dan maha bijaksana dalam urusan apapun tentang kehidupan dimuka bumi ini. 

Jangan sampai berpaling darinya, apabila itu terjadi, maka manusia akan merasakan berbagai hal yang buruk datang kepada dirinya. Jangan sampai melupakan zat yang menciptakanmu, dan jangan sampai lupa jika semua adalah atas izin-Nya. 

Jika semua tak sesuai dengan harapan, jangan sampai berpikiran buruk kepada AllahSWT. Jangan sampai menjadi beban dalam pikrianmu sehingga menimbulkan efek jenuh dan juga putus asa lalu melahirkan pikiran yang macam-macam yang berakibat pikiran menjadi kacau balau berujung depresi. 

Untuk menghindari depresi ini terjadi yang tentunya sangat buruk efeknya dalam kehidupan manusia, karena banyak kasus yang terjadi, dimana seseorang melakukan bunuh diri, mengakhiri hidupnya karena depresi dengan sesuatu yang terjadi dalam hidupnya tak kunjung berhasil dan lain sebagainya. Untuk menghindari diri dari perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT tersebut, maka sebagai umat muslim agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara-cara dibawah ini : 

1. Menjalankan Shalat 

Sebagai mukmin Islam mewajibkan seseorang untuk menunaikan shalat wajib sebanyak lima kali dalam sehari. Selain shalat wajib, ada juga shalat sunnah yang juga dianjurkan dalam Islam. Shalat memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah untuk membuat hati menjadi lebih tenang dalam Islam. Shalat juga memiliki tujuan supaya seseorang bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Shalat bisa membawa hati menjadi lebih tenang dan damai sehingga bisa menjaga kestabilan emosi dengan baik. Bahkan, Shalat juga menjadi obat dari berbagai penyakit. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah : 153). 

2. Selalu Berzikir Kepada Allah SWT 

Depresi akan menyebabkan seseorang menjadi merasa stress dan juga cemas dalam menjalani segala hari-harinya. Butuh ketenangan jiwa sehingga bisa mematikan depresi yang timbul dan mengganggu dalam jiwa. Memperbanyak zikir akan lebih mendekatkan diri pada Allah dan juga bisa menyebabkan hati menjadi lebih tenang. Hal ini juga didukung dari pandangan seorang dokter dimana jika dipandang dari ilmu kejiwaan, Zikir merupakan salah satu terapi psikiatrik yang ampuh untuk diterapkan pada jiwa manusia. Berikut penjelasan terkait Keutamaan Berdzikir Kepada Allah SWT 

3. Mengimani Adanya Takdir Baik dan Buruk 

Rukum iman ke-6 yaitu beriman pada qada dan qadar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi depresi. Sebagai manusia harus bisa untuk menerima segala takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT baik itu takdir yang baik ataupun takdir yang buruk. Jika mendapatkan keburukan tak perlu berlarut dalam kesedihan. Orang yang percaya takdir dan beriman pada Takdir maka mendapatkan manfaat dari rukun Iman dengan segala hal yang terjadi padanya akan diterima namun jika tidak maka imannya memang belum sempurna. 

4. Bersilatuhrahmi Dengan Keluarga, Guru, Sahabat, dan juga Teman 

Menjaga hubungan dengan keluarga meskipun ditengah-tengah kesibukan yang sangat padat juga bisa membawa seseorang kepada kebahagiaan menurut Islam. Keluarga bahagia menurut Islam yang bisa menjadi Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah Menurut Islam dengan selalu saling mengisi dan menemani seluruh anggota keluarga lainnya. Sekedar bercanda dan bercengkrama bersama keluarga akan menghindarkan seseorang dari depresi. 

5. Bersikap Sabar Setiap Maslaah, Cobaan dan Rintangan Yang Datang 


وَجَاءُوا عَلَىٰ قَمِيصِهِ بِدَمٍ كَذِبٍ ۚ قَالَ بَلْ سَوَّلَتْ لَكُمْ أَنْفُسُكُمْ أَمْرًا ۖ فَصَبْرٌ جَمِيلٌ ۖ وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ


Artinya : "Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan".

Depresi yang timbul karena terlalu sulit dalam mengatasi suatu masalah atau mendapatkan masalah yang berat maka yang harus dilakukan adalah bersabar. Nabi Ya’kub pun juga pernah berkata “Sabar itu lebih indah.” Sehingga ketika menghadapi masalah seberat apapun sebaiknya selalu bersabar. Bersabar juga termasuk Cara Agar Hati Tenang Dalam Islam. 

6. Selalu Mengingat Allah SWT 

Mengingat Allah atau juga dikenal dengan istilah Zikrullah juga dikatakan bisa sangat ampuh untuk mengusir depresi yang dirasakan. Saat mengingat Allah maka akan menjadi ingat jika segalanya nanti akan kembali pada Allah. Bahkan, menurut Huzaifah saat Nabi Muhammad tengah sedih dan sedang mengalami masalah maka Beliau akan langsung salat dan memperbanyak melakukan Zikrullah. Karena salah satu Keutamaan Berdzikir Kepada Allah SWT yaitu membawa hati menjadi lebih tenang sehingga akan membuang rasa depresi dari dalam diri. 

7. Berpikiran Positif Kepada Allah SWT 

Untuk mengobati depresi harus memiliki perasaan tawakkal kepada Allah. Tawakkal dalah perasaan untuk selalu bisa berpikir dan bersikap positif kepada Allah. Sikap ini juga bisa menjadi salah satu cara menjadi muslimah yang baik menurut Islam. Dengan sikap ini maka seseorang harus mau untuk menerima segala cobaan dan musibah yang menimpa. Cara ini juga termasuk salah satu cara menghilangkan kesedihan menurut Islam. 

8. Selalu Percaya Setiap Ada Maslaah Pasti Ada Solusinya 

Untuk mengurangi depresi yang berkepanjangan juga bisa diatasi dengan cara meyakini tentang apa yang diungkapkan dalam salah satu ayat dalam Al-Quran yang berbunyi :

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا


Artinya : “Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan. Setelah kesulitan, ada kemudahan.” (QS 94: 5-6). 

Dengan meyakini hal ini bukan hanya depresi saja yang bisa diatasi melainkan juga bisa menjadi satu Cara sukses menurut Islam yang harus diterapkan. 

9. Rajin Mengkonsumsi Air Putih Setiap Hari 

Dasar Hukum Islam selalu menjelaskan tentang berbagai hal yang pasti akan bermanfaat bagi manusia. Begitu juga dengan mengkonsumsi air putih pada saat pagi yang dianjurkan dalam Islam juga memiliki satu manfaat tersendiri bagi kesehatan baik itu fisik ataupun psikis. Dalam HR. Muslim dikatakan jika Air putih bisa menenangkan perasaan dan Rasulullah pun juga menganjurkan ketika marah sebaiknya berwudu dan mendinginkan badan. 

10. Selalu Berdoa Kepada Allah SWT 

Berdoa merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Memanjatkan doa kepada Allah menjadi satu cara untuk bisa berbicara kepada Allah. Dibandingkan harus curhat dengan sesama manusia atau bahkan di sosial media, berdoa menjadi satu cara terbaik untuk curhat kepada sang pencipta. 

Cara ini juga akan membuat diri menjadi lebih tenang sehingga mengurangi depresi dari dalam diri. Banyak doa yang bisa dipanjatkan yaitu Doa Agar Dipermudah Segala Urusan, Doa agar Keinginan Tercapai, Doa Orang Teraniaya Dalam Al Qur’an, Doa untuk Menghadapi Ujian, dan doa lainnya. 

11. Selalu Menjaga Kesehatan Diri Dengan Baik 

Islam sangat menganjurkan dan memperhatikan kesehatan manusia. Sehingga, sangat dianjurkan bagi setiap manusia untuk menjaga setiap kesehatan. Olahraga menjadi satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat sehingga akan terhindar dari depresi. Selain itu, dengan menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga akan membuat tubuh tidak mudah lelah dan mengakibatkan depresi. 

Sebab itu juga Islam memerintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan juga bergizi. Terdapat beberapa jenis Makanan Halal Menurut Islam yang bisa kita makan, ada pula jenis Makanan Haram Menurut Islam yang harus kita hindari. Karena apabila kita memakan makanan haram, akan timbul Akibat Makan Makanan Haram dalam Islam. 

12. Selalu Menjalankan Perintah dan Larangan Allah SWT 

Berserah dan mendekatkan diri pada Allah adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh supaya terhindar dari depresi yang berkepanjangan dari dalam tubuh. Selalu tingkatkan iman dan taqwa dengan berdoa, berzikir, salat dan juga membaca Al-Quran sehingga tubuh akan merasa menjadi lebih tenang. Cara ini menjadi cara terbaik untuk manusia tidak berlarut dalam kesedihan sehingga membuat tubuh merasakan depresi. berikut penjelasan terkait Cara Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT. 

13. Mengeluarkan Energi Positif 

Berpikir yang positif dan hilangkan perasaan negatif sekecil apapun itu. Selalu berusaha menghadapi permasalahan dengan pikiran yang positif dan tidak terlalu berpikir akan berbagai hal sehingga pikiran tidak akan terlalu terkuras untuk pikiran yang kurang baik sehingga menyebabkan tubuh menjadi depresi. 

14. Meningkatkan Selera Humor 

Setiap manusia butuh hiburan dan juga bisa menjadi penghibur bagi orang lain. Namun, ada kalanya kita menjadi individu yang sedang butuh hiburan. ada baiknya kita menonton acara hiburan di televisi atau media digital, juga mendengarkan humor ringan dari seorang teman, lalu tersenyumlah. karena senyum adalah sebagian dari iman. 

15. Selalu Ikhlas 

Ikhlas memang hal yang paling mudah untuk diucapkan, namun sulit untuk dilaksanakan. Namun, dengan Ikhlaslah kita mampu mencapai ketenangan batin dan menjadi satu langkah lebih dekat dengan Allah SWT. 

Dengan melakukan berbagai cara diatas semoga bisa menjadi manusia yang sesuai dengan Tujuan perciptaaan manusia, Hakikat Penciptaan Manusia, dan Proses Penciptaan Manusia dalam Islam. Depresi bisa diatasi dengan cara Islam sehingga segala kesedihan bisa hilang dengan sendirinya. 

Itulah cara mengatasi depresi dalam islam. Semoga ulasan diatas dapat memberi anda masukan dan motivasi dalam menjalani hidup diatas dunia ini yang tentunya hanya sementara waktu dan kita akan kembali kesana dalam kehidupan yang abadi. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Depresi Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel