Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Pendaftaran Online CPNS 2019 Resmi Dibuka 11 November 2019, Inilah Caranya

Aleniasenja.com – Bagi putra putri bangsa Indonesia yang ingin atau berminat yang pengabdi negeri menjadi pegawai negeri sipil, Mulai hari ini pendaftaran online seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) di laman sscasn.bon.go.id baru bisa dilakukan pada Senin 11 november 2019 pukul 23.11 WIB. Sebelum melakukan pendaftaran, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang tertuang pada portal SSCASN. 
Pendaftaran Online CPNS 2019 Resmi Dibuka 11 November 2019, Inilah Caranya

Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yamg tersedia, silakan buka kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar. 

Pendaftaran online sendiri diagendakan akan dibuka mulai 11 November 2019 sampai dengan 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember. Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16 – 19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember. 

Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi akan diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pascapengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk menjawab sanggahan tersebut. 

Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan. 

Pada tahun 2019 ini Pemerintah membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah. Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. 

Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat. 

Formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi). Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi. 

Cara Membuat Akun Pendaftaran Online CPNS 2019 Sebagai Berikut : 
  1. Buka portal SSCASN : https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Buat akun SSCASN 2019 dengan menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga atau NIK kepala keluarga 
  3. Login menggunakan password NIK dan password yang telah di daftarkan. Setelah itu unggah foto diri dengan memegang KTP dan informasi akun 
  4. Lengkapi biodata dengan benar 
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan 
  6. Lengkapi data, dan kemudiah unggah dokumen 
  7. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019 
Pastikan Anda melengkapi data dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan sebagainya. 

Sebelum mencetak kartu pendaftaran, pastikan Anda mengecek ulang data-data yang Anda masukan. Sebab, setelah di-submit, Anda tidak bisa mengubah data lagi. 

Proses perbaikan data masih dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data. Setelah submit/kirim data lamaran maka sudah tidak dapat diubah lagi. Jangan lupa juga untuk memverifikasi pendaftaran Anda. 

Jika Pelamar CPNS 2019 yang Gagal Seleksi Administrasi 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis syarat masa sanggahan dan informasi lebih lanjut mengenai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019. Masa sanggah ini dilakukan pada Desember setelah pengumuman lolos seleksi tahap administrasi. 

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) yang dibuka pada 11 November 2019. Ada tiga besar formasi pada penerimaan CPNS. Formasi tersebut antara lain guru sebanyak 63.324 formasi, tenaga kesehatan 31.756 formasi, dan teknis fungsional 23.660 formasi. 

Seleksi pertama adalah tahap administrasi lalu dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). BKN membuka masa sanggahan untuk pelamar yang gagal mendaftar administrasi. Berikut tahapannya: 
  1. Pelamar mengajukan sanggahan melalui website SSCASN BKN maksimal tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi. 
  2. Verifikasi ulang oleh panitia pelaksana seleksi CPNS instansi. 
  3. Pengumuman sanggahan diterima atau ditolak maksimal 7 hari setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggahan. 
Setelah lolos seleksi administrasi, pelamar melanjutkan ke tahapan SKD dan SKB. CPNS Kemenkumham bahkan memiliki formasi lulusan SMA /SLTA atau SMK dan sederajat. 

LINK resmi Pendaftaran CPNS 2019 disini : Sscasn.bkn.go.id

Belum ada Komentar untuk "Pendaftaran Online CPNS 2019 Resmi Dibuka 11 November 2019, Inilah Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel