Aplikasi HALODOC Konsultasi Dokter Zaman Now

Halodoc Konsultasi Dokter , Sebuah aplikasi kesehatan berbasis online masa kini yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya d...

Ternyata Akhlak Lebih Penting Daripada Ilmu?, Ini Alasannya


Aleniasenja.com - Menjadi orang pintar dengan memiliki banyak ilmu pengetahuan yang laus dan tinggi tentunya dombaan banyak orang, karena dengan ilmu pengetahuan yang tinggi bisa mendapatkan pekerjaan yang mudah, banyak perusahaan yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Namun akan percuma jika hanya pintar dan memiliki ilmu yang tinggi saja jika tidak memiliki akhlak yang baik. 
Ternyata Akhlak Lebih Penting Daripada Ilmu, Ini Alasannya

Kita lihat zaman sekarang ini, orang lebih mendahuli pintar dan banyak ilmu dahulu agar bisa mendapatkan pekerjaan, jabatan, kedudukan dan lain sebagainya tanpa dibarengi dengan pendidikan akhlak yang baik. Untuk itulah, dimasa saat ini, orang yang berakhlak sangat sulit dicari, orang yang baik hanya hitungan jempol saja, sementara orang pintar banyak. 

Lantas apa masalahnya jika orang yang berakhlak baik lebih disukai dari pada orang pintar dan memiliki ilmu tinggi?, Simak ulasanya dibawah ini : 

1. Ilmu Tak Ada Manfaatnya Tanpa Akhlak Yang Baik 

Jika seseorang memiliki ilmu yang sangat luar biasa namun dia tidak mau membagikannya, maka ilmunya tidak akan ada manfaatnya. Misalnya saja jika seorang guru yang luar biasa pintarnya namun cara mengajarnya sangat kasar, tidak ada sopan santun dan bikin sakit hati, maka para muridnya sudah pasti hanya akan ingat sifat buruknya tersebut. Namun jika ia pintar dibarengi akhlak yang mulia, maka ilmu yang ia miliki bisa bermanfaat untuk para muridnya dan sampai kapan pun akan terus diingat berkat jasa mengajarnya dan juga karena akhlaknya yang baik. 

2. Orang Lebih Menyukai Yang Berakhlak Daripada Berilmu 

Di dunia ini orang lebih tertarik dengan orang yang memiliki akhlak yang mulai ketimbang memiliki ilmu yang sangat pintar tapi kebinger. Dalam pergaulan sehari-hari contohnya, akhlak mulia lebih menarik daripada ilmu setinggi langit tapi tak memiliki kesombongan yang luar biasa, tak mau bergai ilmunya dan tentunya ilmu yang ia miliki tak ada manfaatnya bagi hidupnya. 

3. Orang Berakhlak Lebih Mudah Diterima di Masyarakat Daripada Berilmu 

Jika kamu punya ilmu yang sangat tinggi, apakah itu artinya kamu sudah gak butuh orang lain?, Tentu saja tidak demikian. Sebagai makhluk sosial, kita akan selalu butuh bantuan orang lain dalam hidup kita. Tapi jika seseorang memiliki akhlak yang buruk, apakah kira-kira orang lain akan mau membantunya saat dia kesulitan? Kemungkinan besar tidak. Maka lagi-lagi, akhlak terbukti lebih penting daripada ilmu. 

4. Akhlak Modal Utama Dalam Menuntut Ilmu 

Perlu anda ketahui jika tanpa akhlak yang baik anda tidak akan bisa menuntut ilmu dengan maksimal. Salah satu aspek akhlak yang baik adalah kerendahan hati. Jika kita rendah hati, kita akan rela menerima pengajaran dari orang lain, dan itu tentu sangat penting dalam menuntut ilmu. 

Kerendahan hati juga membuat kita tidak akan menganggap diri sudah terlalu pintar. Kita akan sadar bahwa sebanyak apapun ilmu yang sudah kita miliki, masih ada banyak hal lain yang bisa kita pelajari. Hal itu membuat kita mau terus belajar, sehingga dengan demikian ilmu yang kita miliki pun terus bertambah. 

5. Menularkan akhlak yang baik jauh lebih berguna daripada menularkan ilmu 

Akhlak dan ilmu sama-sama bisa ditularkan kepada orang lain. Tapi menularkan akhlak yang baik jauh lebih bermanfaat daripada menularkan ilmu. Jika kamu menularkan ilmu kepada seseorang tapi ternyata orang tersebut malah menggunakannya dengan cara yang merugikan orang lain, maka akibatnya bisa fatal. 

Sebaliknya, menularkan akhlak yang baik kepada lingkungan sekitar bisa sangat bermanfaat. Akhlak baik akan jadi modal bagi orang lain untuk berhasil dalam pergaulan dan juga dalam menuntut ilmu. Dan tentunya, semakin banyak orang yang berakhlak baik di lingkungan sekitar, semakin menyenangkan pula hidup kita. 

Nah, itulah alasan kenapa akhlak yang baik itu lebih berguna dari pada hanya sekedar pintar memiliki banyak ilmu namun akhlaknya buruk tentunya tak aka nada manfaatnya dan tak aakn berefek baik kepada dirinya sendiri dan juga orang sekitarnya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Akhlak Lebih Penting Daripada Ilmu?, Ini Alasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel