SEVA Tempat Mobil Online Terpercaya, Jual Beli Mobil Aman Bebas Penipuan

SEVA Tempat Mobil Online  merupakan sebuah website  jual beli mobil bekas  maupun baru online yang dikelolah oleh perusahaan otomotif ternam...

Inilah 6 Ciri Para Penghuni Neraka Ketika Di Dunia Menurut Al-Qur’an

Setiap muslim tentunya menginginkan masuk surganya Allah SWT, Karena mereka akan mendapatkan apa saja yang mereka inginkan sesuai dengan janji Allah SWT ketika berada di dunia ini. Namun ketika di dunia mereka tidak mengerjakan apa yang diperintqahkan dan menjauhkan apa yang dilarang, sehingga mereka harus terbenam dalam neraka yang dijanjikan oleh Allah SWT juga ketika diatas dunia ini untuk mereka yang lalai dalam waktu hidupnya. 
Inilah 6 Ciri Para Penghuni Neraka Ketika Di Dunia Menurut Al-Qur’an

Balasan atas mereka yang lalai dalam waktunya di dunia ini tentunya Neraka. Mengenai neraka, sudah pasti umat muslim sudah mengetahui tempat menyeramkan ini, baik melalui Al-qur’an, Hadist, pengajian, dakwah para ulama, dan lain sebagainya jika Neraka itu diciptakan Allah SWT bagi orang-orang yang ingkar terhadap Allah SWT dan Rasulnya. Apalagi neraka Jahannam yang begitu mengerikan, tempat kembali orang-orang kafir dan munafik. Dalam surat Qaf Ayat 23-26, Allah SWT berfirman : 

وَقَالَ قَرِينُهُ هَذَا مَا لَدَيَّ عَتِيدٌ. أَلْقِيَا فِي جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّارٍ عَنِيدٍ. مَنَّاعٍ لِلْخَيْرِ مُعْتَدٍ مُرِيبٍ. الَّذِي جَعَلَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ فَأَلْقِيَاهُ فِي الْعَذَابِ الشَّدِيدِ 


Dan yang menyertai dia berkata: “Inilah yang tersedia pada sisiku telah siap.” Allah berfirman: “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala, yang sangat menghalangi kebajikan, melanggar batas lagi ragu-ragu, yang menyembah sesembahan yang lain beserta Allah, maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat.” (QS. Qaf: 23-26) 

Dalam firman Allah SWT tersebut terdapat dijelaskan ada enam sifat orang yang akan dijebloskan ke dalam Jahanam, di antaranya: 

1. Orang-orang yang Ingkar 

Yakni mereka yang sangat kafir, di mana berbagai macam kekafiran mereka lakukan baik berupa perbuatan maupun ucapan. Atau mereka yang kekafiran itu telah menguat dalam kalbunya. 

2. Orang-orang Yang Keras kepala 

Yakni membangkang terhadap kebenaran, menghadapinya dengan kebatilan sementara ia tahu kebenaran itu. Kalaupun kebenaran itu ditawarkan kepadanya, dia tidak mau menerimanya walaupun kebenaran itu begitu jelas. Akibatnya, ia akan banyak berbuat maksiat, berani menerjang larangan-larangan Allah SWT. 

3. Orang-orang Yang Suka menghalangi kebajikan 

Kebajikan di sini berarti segala macam kebajikan. Seolah-olah dia mencari-cari segala macam kebajikan untuk dia halangi sehingga dia menghalangi segala macam amal baik, dan yang terbesar adalah iman kepada Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan para rasul-Nya, serta menghalangi seseorang untuk berdakwah kepadanya. 

Ia juga tidak menunaikan apa yang menjadi kewajibannya, tidak mau berbuat baik, bersilaturahmi, dan bershadaqah. Ia menghalangi dirinya sendiri untuk berjuang dengan harta dan badannya dalam perkara yang diridhai Allah SWT. 

4. Orang-orang Yang Melanggar Batas 

Yakni melanggar batas-batas hukum Allah SWT dan melanggar hak-hak makhluk, sehingga ia berbuat jahat kepada mereka. Yakni, bukan saja dia menghalangi seseorang untuk berbuat kebajikan, namun ia juga berbuat jahat kepadanya. Ini semacam perlakuan orang Quraisy terhadap Nabi SAW. Mereka melarang Beliau SAW berbuat baik sekaligus mereka berbuat jahat kepada Beliau SAW. Sebagaimana ia juga melampaui batas dalam membelanjakan hartanya. Qatadah ra menafsirkan: “Yakni melampaui batas dalam bicara, jalan dan segala urusannya.” 

5. Orang-orang Yang Ragu-ragu 

Yakni tertanam dalam dirinya keraguan dan kebimbangan. Demikian juga, ia membuat keraguan pada diri orang lain, baik keraguan dalam hal janji Allah SWT ataupun ancaman-Nya, sehingga tiada iman dan kebaikan dalam dirinya. 

6. Orang-orang Yang Menyembah Sesuatu Selain Allah SWT 

Mencakup semua orang yang menghambakan diri dan menghinakan diri kepada selain Allah SWT. Untuk orang-orang yang memiliki sifat-sifat tersebut, Allah SWT berfirman: 

فَأَلْقِيَاهُ فِي الْعَذَابِ الشَّدِيدِ 


Artinya : “Maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat.” 

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, Rasulullah SAW bersabda: 

يَخْرُجُ عُنُقٌ مِنَ النَّارِ يَتَكَلَّمُ يَقُوْلُ: وُكِلْتُ الْيَوْمَ بِثَلَاثَةٍ؛ بِكُلِّ جَبَّارٍ عَنِيْدٍ، وَمَنْ جَعَلَ مَعَ اللهِ إِلَهًا آخَرَ، وَمَنْ قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ فَتَنْطَوِي عَلَيْهِمْ فَتَقْذِفُهُمْ فِيْ غَمَرَاتِ جَهَنَّمِ 


Sebuah leher keluar dari neraka, ia bisa berbicara. Ia pun mengatakan: “Pada hari ini aku dipasrahi (menyiksa) tiga golongan manusia: setiap orang yang sombong lagi membangkang, orang yang menjadikan sesembahan selain Allah SWT bersama-Nya, dan setiap orang yang membunuh sebuah jiwa bukan karena qishash.” Sehingga leher tersebut melilit mereka dan melemparkan mereka ke dalam dahsyatnya azab jahannam. (HR. Ahmad) 

Sebagai umat muslim, semoga kita semua masuk ke dalam surganya Allah SWT di akhirat kelak. Dan semoga mereka yang belum bertaubat segera bertaubat dan mendapatkan hidayah. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya dan semoga ulasan ini menjadi inspirasi bagi kita semua juga, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Ciri Para Penghuni Neraka Ketika Di Dunia Menurut Al-Qur’an "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel