7 Tips Aman Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

Setiap mahasiswa/mahasiswi yang sudah menjalani masa kuliah, maka pada akhir semester, mereka diminta untuk menyusun karangan ilmiah bernama Skripsi. Penyusunan skripsi ini biasanya memakan waktu 3 bulan, dan penyelesaiannya tergantung pada mahasiswa/mahasiswinya, ada yang cepat, lambat, dan ada juga yang tak bisa menyelesaikannya. 
7 Tips Aman Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

Ketika skripsi ini telah selesai dan disetujui oleh pihak tim pembimbing yang telah dipilih oleh pihak kampus yang bersangkutan, maka selanjutnya akan digelar yang nama sidang skripsi. Sidang skripsi ini tugas akhir dari masa belajar dikampus tersebut dan merupakan tanda kelulusan untuk mendapatkan gelar Diploma atau sarjana. 

Dalam sidang skripsi ini, mahasiswa/mahasiwi diminta untuk melakukan presentasi hasil karyanya di depan tim penguji yang telah disiapkan oleh pihak kampus, dan biasanya tim penguji ini ada yang memang berasal dari dosen kampus itu sendiri, ada pula yang berasal dari pihak luar kampus. 

Dalam tahap presentasi skripsi ini, setelah mahasiswa/mahasiswi menjabarkan beberapa poin penting dalam skripsi yang mereka buat, maka akan ada sesi Tanya jawab antara tim penguji dengan mahasiswa/mahasiswi yang melakukan presentasi tersebut. Dalam tahap inilah, tahap-tahap yang mendebarkan, dan banyak mereka yang gagal fokus dalam menjalaninya. 

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang menanti sidang skripsi, maka ada baiknya anda menyimak beberapa tips dibawah ini agar pada saat hari H-nya nanti, anda tidak takut, tidak grogi, apalagi takut sampai tidak hadir. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi sidang skripsi tersebut, simak beberapa hal dibawh ini : 

1. Tetap Tenang, Jangan Grogi Apalagi Panik 

Sangat anda berada diruang tunggu, maka santai saja, jangan dipikiran terus nanti malah jadi pusing. Dibawa santai saja tapi tetap fokus. Bacalah doa agar hati dan pikiran anda tetap tenang ketika dipanggil ke ruang sidang skripsi nantinya. 

Ketika giliran dipanggil dan masuk ke ruang sidang nantinya, masuklah dengan membaca bismillah, Assalamualaikum/selamat pagi agar diri anda merasa ramah dengan ruang tersebut dan juga tim penguji anda. Buka presentasi anda dengan cepat dan tanpa harus grogi dan jangan panic, itu kuncinya agar semua berjalan ;ancar hingga selesai. 

2. Bertanya Teman yang Sudah Sidang Lalu Pelajari Skrispimu 

Sebelum sidang skripsi dimulai, sebaiknya anda sudah persiapkan beberapa kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan. Bisa kamu bertanya dengan teman anda yang baru saja keluar dari ruangan sidang, atau bisa juga anda mempelajari poin-poin penting yang kemungkinan besar akan mereka tanyakan tentang skrispi anda. 

3. Jawab Pertanyaan Tim Penguji Dengan Menyakinkan, dan Jangan Takut Salah Jawab 

Saat tim penguji mengeluarkan pertanyaan kepada anda, Tidak perlu takut untuk salah, jika anda sudah paham akan pertanyaan yang diajukan. Serta, anda tahu jawabannya, langsung saja jawab dengan percaya diri. Percaya diri yang tinggi akan membuat penanya atau penguji percaya bahwa jawabanmu memang meyakinkan, dan usahakan jangan berbelit-belit jawabannya karena itu akan membuat tim penguji bertanya lagi dan lagi. 

4. Jangan Gegabah Dalam Menjawab Pertanyaan Tim Penguji 

Meskipun anda sudah sangat paham sampai mendalam sekali mengenai jawaban atas pertanyaan yang mereka berikan untuk anda, maka jawablah dengan tidak gegabah, menjawablah dengan kata-kata yang elegan sehingga mereka tahu jika anda sangat memahami skripsi yang anda susun. 

5. Menanggapi Pertanyaan Diluar Pembahasan Skripsi 

Meskipun anda sudah mempersiapkan semuanya kemungkinan pertanyaan dan jawabannya. Tapi, tetap saja ada pertanyaan lain yang mungkin tidak bisa anda jawab, dan biasanya pertanyaan tersebut menyimpang dari pembahasan skripsi anda. Hal ini sering terjadi dalam sidang skripsi. 

Saat ini terjadi pada diri anda saat sidang skripsi, Jika memang tidak tahu jawabannya, jangan langsung mengarang karangan yang aneh. Itu justru akan membuat presentasi anda tidak dipercaya lagi. Untuk itu, kejujuran atas ketidaktahuan anda itu tidak masalah. 

Tapi bukan serta merta anda meninggalkan tanggung jawab. Anda dapat memberi tahu beberapa referensi yang anda tahu. Serta menanyakan kepada audiens yang lain untuk menjawab pertanyaan itu, jika itu adalah forum diskusi. 

6. Simak Pertanyaan Dengan Baik, Baru Menjawabnya 

Kesalahan yang sering dilakukan saat menjawab pertanyaan adalah terburu-buru untuk menjawab. Sebetulnya jika anda sudah paham, anda dapat langsung menjabarkan jawabanmu. Namun, jika agak sulit, anda dapat mengambil jeda setelah pertanyaan untuk berpikir. Dengan catatan, jangan sampai mereka menunggu terlalu lama. 

7. Setelah Menjawab Pertanyaan, Biasakan Untuk Bertanya Kembali Kepada Tim Pengujinya Apakah Sudah Puas Dengan Jawaban Anda 

Beberapa penanya terkadang belum mendapatkan informasi yang sebenarnya mereka butuhkan dari jawabanmu. Oleh karena itu, selalu biasakan setelah menjawab, anda tanyakan kembali. Bagaimana pendapatnya setelah anda jelaskan pertanyaannya. Jika dia sudah merasa puas"maka anda dapat melnjutkan ke pertanyaan selanjutnya, dan hal ini dilakukan agar waktu yang diberikan untuk sidang skripsi anda dapat berjalan cepat dan juga singkat. 

Nah, Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika ingin menghadapi sidang skripsi. Semoga ulasa diatas dapat memberi anda gambaran dalam menjalani sidang skripsi nanti. Bagi yang saat ini sedang mengerjakan skripsi, semoga cepat selesai, dan bisa mengikuti sidang skripsi, lulus dengan nilai yang baik, dan yang lebih penting ketika lulus cepat dapat kerja, terima kasih.

1 Komentar untuk "7 Tips Aman Dalam Menghadapi Sidang Skripsi"


  1. Naah tips menarik nih bagi yang sedang bikin skripsi atau yang mau menjalani sidang skripsi..😊😊

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel