7 Langkah Menghadapi Wabah Corona Dalam Islam

Ganasnya virus corona telah menyerang seluruh penjuru dunia hingga detik ini, termasuk Indonesia sendiri. Dimana mereka yang terjangkit virus korona (COVID-19) ini terus meningkat dari hari ke hari. Pada awalnya, Di Indonesia hanya dua warga di Indonesia yang terjangkit, namun hingga saatini sudah tercatat 117 pasien yang terkena virus mematikan ini. 
7 Langkah Menghadapi Wabah Corona Dalam Islam

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyatakan kasus COVID-19 adalah pandemi global. Jika sudah demikian, bagaimana langkah menyikapinya dalam sudut pandang Islam?. Menurut tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU) Firman Syah Ali memaparkan ada tujuh langkah dalam islam untuk menghadapi virus korona COVID-19 ini. Apa saja itu?, simak ulasannya dibawah ini : 

1. Tetap Tenang, Jangan Panik 

Berpikir positif kepada Allah. Orang yang selalu berprasangka baik kepada Allah tidak akan pernah panik. Ketenangan hati adalah kunci sukses dalam melakukan langkah berikutnya. 

2. Berusaha Dengan Sebaik Mungkin

Pemerintah harus memberi petunjuk yang jelas kepada rakyat agar bisa selamat dari serangan COVID-19. Kemudian rakyat mesti mengikuti petunjuk resmi pemerintah (Ulil Amri Minkum), dan jangan ikuti pendapat orang-orang yang tidak berwenang dan tidak ahli, terutama di yang disebar di media sosial (medsos). 

3. Selalu Berdoa 

Usaha tanpa doa adalah sombong, namun doa tanpa usaha adalah sia-sia. Demikianlah tuntunan dalam Islam. 

4. Tawakal 

Setelah berusaha dan berdoa secara maksimal, maka serahkan hasilnya kepada Allah SWT. 

5. Ikhlas dan Sabar 

Terimalah jawaban Allah terhadap semua usaha dan doa secara ikhlas. Yakinlah bahwa segala sesuatu seburuk apapun pasti ada hikmahnya, maka dengan keyakinan itu Muslim akan sabar. 

6. Syukur 

Orang yang dapat memetik hikmah dari semua kejadian, dia tidak hanya bisa menikmati rasa sabar, tapi juga bisa menikmati lezatnya rasa syukur. Syukuri semua keputusan Allah karena itulah jawaban terbaik atas doa yang sudah dipanjarkan. “Orang yang pandai bersyukur akan senantiasa ditambah kenikmatan hidupnya sehingga tercapai kebahagiaan dunia-akhirat,” pungkas Firman. 

7. Selalu Ingat Kepada Allah SWT 

Dengan Mengingat Allah SWT dengan cara menjalankan perintah dan larangan-Nya adalah cara untuk tetap dalam lindungan-Nya. Dengan begitu, insya Allah akan terlindung dari serang wabah corona yang merajalelah saat ini. 

Itulah beberapa langkah yang harus dijalani muslim untuk bisa terhindar dari wabah penyakit virus corona ini. Namun dari 7 hal diatas sudah dijalani dengan baik, namun tetap mendapatkan cobaan dari Allah SWT dengan terjangkit virus corona ini, maka kembalikan dan semuanya kepada Allah SWT karena sebagai muslim sejati semua yang terjadi di alam semesta ini sudah menjadi kehendak dan kekuasaan-NYA.

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Menghadapi Wabah Corona Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel