Jangan Coba-coba Korupsi, Inilah Balasannya Di Hari Akhirat Kelak

Kita tentunya sudah paham, Apa itu koruptor/korupsi yang sering ktia dengar di televisi dan obrolan setiap harinya tentang mereka yang melakukan tindakan ini. Tindakan korupsi ini tentunya banyak terjadi di kehidupan sehari-hari, baik dalam masyarakat hingga ke pemerintahan. 

Mereka yang melakukan tindakan ini, Dalam hukum negara dan diatas dunia ini tentunya akan dikenakan sanksi pidana, Lalu bagaimana menurut islam, apa hukuman bagi mereka yang melakukan dan bagaimana nasib mereka di akhirat kelak?, Berikut penjelasannya berdasarkan Al-qur’an dan hadist : 

Dalam pandangan Islam korupsi atau memakan yang bukan haknya sudah jelas hukumnya haram. Perbuatan tersebut juga banyak diterangkan di dalam Al-qur’an, hadist dan atsar atau perilaku para sahabat yang melarang adanya tindakan korupsi. 

Dalam salah satu riwayat hadist, korupsi termasuk orang yang bangkrut. Bahkan dilemparkan ke dalam api neraka. Seperti dijelaskan dalam surah Al Baqarah Ayat 188, Allah SWT berfirman : 

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ 


Artinya: "Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui" - Al Baqarah Ayat 188 

Kemudian dalam hadist juga diterangkan, Rasulullah SAW bersabda: 

عَنْ بُرَ يْدَةَعَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَا لَ مَنْ اسْتَعْمَلْنَا هُ عَلى عَمَلٍ فَرَزَقْنَاهُ رِزْقًا فَمَا أَخَذَ بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ غُلُولٌ [رواه أبو داود 


Artinya: "Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, beliau bersabda: “barangsiapa yang telah kami angkat sebagai pegawai dalam suatu jabatan, kemudian kami berikan gaji, maka sesuatu yang diterima diluar gaji itu adalah korupsi" (HR. Abu Daud). 

Lebih lanjut, bagi para koruptor sebenarnya mereka adalah orang yang bangkrut. Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut itu?" 

Para sahabat menjawab; 

"Orang yang bangkrut di tengah-tengah kita adalah orang yang tidak punya dirham (uang perak) dan tidak punya harta.” 

Rasulullah SAW bersabda: 

"Orang yang bangkrut dari umatku adalah yang datang pada hari kiamat nanti dengan membawa (amal) salat, puasa, dan zakat, (namun) ia telah mencerca ini (seseorang), menuduh orang (berzina), memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang. (Orang) ini diberi (amal) kebaikannya dan yang ini diberi dari kebaikannya. Apabila amal kebaikannya habis sebelum terbayar (semua) tanggungannya, dosa-dosa mereka (yang dizalimi) diambil lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Muslim). 

Itulah penjelasan mengenai hukuman di akhirat kelak bagi mereka yang melakukan tindakan korupsi ketika hidup di dunia ini. Semoga kita selalu diberi perlindungan dari perbuatan ini agar ktia selamat dunia dan akhirat, amin.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Coba-coba Korupsi, Inilah Balasannya Di Hari Akhirat Kelak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel