4 Keutamaan Dahsyat Sholat Tahajud Bagi Orang Yang Rajin Menunaikannya

Sebagai seorang muslim, kita sangat dianjurkan untuk melengkapi ibadah wajib kita dengan amalan-amalan bersifat sunah. Selain melaksanakan sholat wajib 5 waktu, ada baiknya kita turut menunaikan sholat sunah. 
4 Keutamaan Dahsyat Sholat Tahajud Bagi Orang Yang Rajin Menunaikannya

Sholat Tahajud menjadi salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan. Meskipun tergolong sunah, sholat tahajud memiliki berbagai keutamaan yang luar biasa bagi yang melaksanakannya. 

Menurut Ustadz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, keutamaan bangun di malam hari untuk melaksanakan Tahajud memiliki 4 keutamaan yang tak akan didapati oleh orang yang tak melaksanakan Tahajud, meskipun ia sangat khusyu’ dalam sholat-sholat lainnya. 

Keutamaan Tahajud tertulis sebagaimana dalam Surat Al-Isra ayat ke 79-81. 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا 
وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا 
وَقُلْ جَآءَ ٱلْحَقُّ وَزَهَقَ ٱلْبَٰطِلُ ۚ إِنَّ ٱلْبَٰطِلَ كَانَ زَهُوقًا 


Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra:79). Dan katakanlah: "Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. (QS. Al-Isra: 80). Dan katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. (QS. Al-Isra: 81). 

Berbeda dengan kejelasan mengenai sholat wajib yang disebutkan dalam ayat ke 78, mulai dari ayat 79 Allah SWT menerangkan langsung tentang keutamaan dari Sholat Tahajud. Hal ini sudah menjadi bukti yang jelas bahwasanya pelaksanaan sholat yang hukumnya sunnah muakad ini memiliki keutamaan yang tak dimiliki dari sholat-sholat lainnya. 

1. Allah SWT Akan Mengangkat Derajatnya 

Siapapun yang melaksanakan sholat Tahajud dengan baik, maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya, mengangkat kariernya, ditempat yang terbaik dan mulia di dunia dan diakhirat kelak. 

Sebagaimana isi ayat ini tertulis, Ustadz Adi Hidayat menekankan kepada para kepala rumah tangga yang notabene sebagai pencari nafkah untuk tak meninggalkan Sholat Tahajud. Karena jika Sholat Tahajud dilaksanakan dengan baik, maka yakinlah niscaya Allah SWT akan mempermudah karier atau pekerjaan kita. 

Lebih lanjut, ia turut mengisahkan perjalanan hidup para sahabat Nabi bahwa tak semuanya menjadi pendakwah, melainkan banyak yang menjadi pebisnis handal. Sebut saja seperti Abu Bakar, Usman bin Affan, 'Abdurrahman bin Auf, hingga Abu Dzar Al Ghifari yang tak pernah rugi dan selalu untung atas bisnisnya. 

Mengapa demikian? Mereka adalah sahabat nabi yang luar biasa sibuk atas pekerjaannya, namun tak pernah meninggalkan ibadah wajib hingga sunah. Tahajudnya senantiasa tak pernah putus ditunaikan. 

kalau masih aktif bekerja dimanapun, jangan tinggalkan Tahajud. Allah SWT sudah berjanji. Dan jika diperhatikan kalimatnya adalah ‘asa, bukan la’alla. Bedanya, kalau la’alla itu harus bekerja keras dan sungguh-sungguh baru akan diberikan. Sedangkan ‘asa, selama kita ikhlas menunaikannya sekalipun kuantitasnya itu mungkin sedikit, itu Allah SWT akan pasti langsung berikan. 

2. Allah SWT Akan Mempermudah Segala Urusannya di Dunia 

Keutamaan Tahajud selanjutnya ialah Allah SWT akan memudahkan setiap aktivitas yang diawali. Bahkan dahsyatnya Tahajud ialah seakan Allah yang langsung mendengar apa yang kita minta. 

Jika bangun tengah malam untuk Tahajud, karirmu, pekerjaanmu akan dimudahkan oleh Allah SWT, ditempatkan di tempat yang terbaik. Kemudian diperintahkan kita untuk katakan. Saat Tahajud mintakan kepada Allah SWT, Maka Allah SWT akan membebaskan segala kesulitan yang sedang dihadapi, serta segera mendapat pertolongan Allah SWT saat ada halangan. 

Dahsyatnya Tahajud adalah karir diangkat, pekerjaan dimudahkan, segala kesulitan dilepaskan, dan kalau ada yang mengganggu dalam pekerjaannya maka Allah SWT yang akan langsung menolongnya. 

3. Pembuka Pintu Surga 

Sholat tahajud yang memiliki keutamaan besar diyakini akan mampu membuka pintu-pintu surga bagi hamba Allah SWT. Kaum Muslimin akan dapat meraup amal kebaikan dan pahala dari Allah SWT melalui ibadah malam ini. 

Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: 

يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ! أَفْشُوا اَلسَّلَام, وَصِلُوا اَلْأَرْحَامَ, وَأَطْعِمُوا اَلطَّعَامَ, وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ, تَدْخُلُوا اَلْجَنَّةَ بِسَلَامٍ 


Artinya: "Wahai manusia. Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), sholatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan." (HR Tirmidzi no. 2485 dan Ibnu Majah Nomor 1334. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah Nomor 569 mengatakan bahwa hadis ini sahih) 

4. Menghilangkan Kegundahan Dalam Jiwa 

Dengan menjalankan Sholat Tahajud akan dapat menghilangkan kegelisahan dari jiwa setiap Muslimin. Permasalahan yang dihadapi bakal diberikan jalan keluar oleh Allah SWT ketika berdoa dan memohon ampun dalam sholat tahajud. 

5. Mendatangkan Kemuliaan dan Kewibawaan 

Rasulullah SAW bersabda: 

"Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya." (HR Hakim) 

6. Penghapus Dosa 

Nabi Muhammad SAW bersabda: 

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ 


Artinya: "Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa." (HR Tirmidzi, hadis hasan) 

7. Menjaga Kesehatan Tubuh 

Menjalankan sholat tahajud juga berdampak penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam, otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun. 

Oleh karenanya, mengingat berbagai keutamaan dahsyat dari Tahajud ini, Allah SWT perintahkan Nabi Muhammad sebelum turunnya perintah sholat lima waktu, Rasulullah sudah menunaikan sholat malam, yakni Sholat Tahajud. Keutamaan melaksanakan Sholat Tahajud ini tertulis dalam Surat Al-Muzammil ayat 20: 

اِنَّ رَبَّکَ یَعۡلَمُ اَنَّکَ تَقُوۡمُ اَدۡنٰی مِنۡ ثُلُثَیِ الَّیۡلِ وَ نِصۡفَہٗ وَ ثُلُثَہٗ وَ طَآئِفَۃٌ مِّنَ الَّذِیۡنَ مَعَکَ ؕ وَ اللّٰہُ یُقَدِّرُ الَّیۡلَ وَ النَّہَارَ ؕ عَلِمَ اَنۡ لَّنۡ تُحۡصُوۡہُ فَتَابَ عَلَیۡکُمۡ فَاقۡرَءُوۡا مَا تَیَسَّرَ مِنَ الۡقُرۡاٰنِ ؕ عَلِمَ اَنۡ سَیَکُوۡنُ مِنۡکُمۡ مَّرۡضٰی ۙ وَ اٰخَرُوۡنَ یَضۡرِبُوۡنَ فِی الۡاَرۡضِ یَبۡتَغُوۡنَ مِنۡ فَضۡلِ اللّٰہِ ۙ وَ اٰخَرُوۡنَ یُقَاتِلُوۡنَ فِیۡ سَبِیۡلِ اللّٰہِ ۫ۖ فَاقۡرَءُوۡا مَا تَیَسَّرَ مِنۡہُ ۙ وَ اَقِیۡمُوا الصَّلٰوۃَ وَ اٰتُوا الزَّکٰوۃَ وَ اَقۡرِضُوا اللّٰہَ قَرۡضًا حَسَنًا ؕ وَ مَا تُقَدِّمُوۡا لِاَنۡفُسِکُمۡ مِّنۡ خَیۡرٍ تَجِدُوۡہُ عِنۡدَ اللّٰہِ ہُوَ خَیۡرًا وَّ اَعۡظَمَ اَجۡرًا ؕ وَ اسۡتَغۡفِرُوا اللّٰہَ ؕ اِنَّ اللّٰہَ غَفُوۡرٌ رَّحِیۡمٌ 


Artinya : "Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Alquran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Alquran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (QS. Al-Muzammil: 20). 

Berapa Rakaat Maksimal Sholat Tahajud? 

Sholat Tahajud adalah ibadah sunah yang dilakukan pada tengah malam, setelah tidur. Banyak sekali keutamaan Sholat Tahajud. Selain bisa menambah ketakwaan, terangkat terajadnya, diampuni dosa, dikabulkan segala permintaah, tahajud juga bisa menenangkan jiwa dan menyehatkan. 

Perintah Sholat Tahajud tertulis langsung dalam Al-qur’an Surah Al-Isra Ayat 79 yang artinya, “Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji.” 

Nabi Muhammad SAW selalu mengerjakan Sholat Tahajud. Tapi, beliau tidak mewajibkan sholat ini kepada umatnya, karena tahajud hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang yang memang hatinya ikhlas. 

Para ulama berpendapat bahwa sholat tahajud bisa dilakukan pada waktu antara selesai sholat isya hingga sebelum tiba waktu sholat subuh. Dikerjakan setelah tidur walau sejenak. 

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud 

Jumlah rakaat maksimal sholat tahajud terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Tapi, semua sepakat sholat tahajud minimal 2 rakaat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 

“Jika kalian melaksanakan sholat malam, maka hendaklah membukanya dengan dua rakaat yang ringan.” 

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat menjelaskan dalam tausiyahnya yang disiarkan melalui chanel Youtube, Rasulullah SAW pernah menunaikan shalat tahajud baik yang 7, 11, dan 13 rakaat termasuk witir. 

“Mau 2-2 atau 4-4 dua-duanya pernah dilakukan oleh Rasulullah. Dari sinilah kita harus melihat keutamaan yang dimaksud dari berbagai macam jumlah rakaat shalat tahajud ini bergantung pada keadaan dan kemampuan kita dalam menunaikannya,” 

3 Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud 

Sholat merupakan salah satu bentuk ibadah tanda bertakwa kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita dan senantiasa menurunkan rahmat-Nya setiap saat. Menjaga sholat lima waktu sudah sepantasnya menjadi kewajiban kaum Muslimin. Tidak hanya mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar, pahala yang terkandung di dalam sholat juga sangat besar. 

Selain shalat wajib, tahajud merupakan salah satu sholat yang memiliki amalan tinggi di mata Allah SWT. Sholat tahajud pun memiliki waktu pelaksanaannya sendiri yang apabila dikerjakan sungguh-sungguh akan meraih keberkahan. 

Dikutip dari Ustadz Mohammad Teguh Budiman, ketua pelaksana harian Yayasan Islam Al Aliim Bandung "Ada tiga waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud,". Ia mengatakan, dalam waktu-waktu inilah sholat tahajud dapat dilaksanakan agar ibadahnya semakin afdal. Berikut ketiga waktu tersebut: 

1. Pada Awal Malam 

Sholat tahajud dapat dilakukan dengan syarat sudah melaksanakan Sholat Isya hingga sekira pukul 23.00. Maka seseorang tidak dapat melaksanakan sholat tahajud kecuali sesudah bangun tidur (pada malam hari). Tahajud sendiri artinya bangun tidur di malam hari untuk melaksanakan sholat. 

"Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya." (HR Hakim) 

2. Pada Tengah Malam 

Selepas dari waktu awal malam, selanjutnya adalah waktu tengah malam hingga sekira pukul 02.00. Mengerjakan sholat lima waktu dan menjaganya saja sudah membuat seorang mukmin tinggi derajatnya, apalagi dengan mengerjakan tahajud maka Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud. 

"Dan pada sebagian malam, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al Isra: 79) 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 

"Rabb kita turun ke langit bumi tiap malam, ketika malam tinggal sepertiganya dan berseru, 'Siapakah yang mohon doa kepada-Ku maka akan kukabulkan, siapa yang memohon sesuatu kepada-Ku maka akan Kuberikan, dan siapa yang memohon pengampunan dari-Ku akan Kuampuni." (HR Al Jamaah) 

3. Pada Akhir Malam 

Abu Dzar Radhiyallahu anhu bertanya kepada Rasulullah SAW tentang sholat malam yang paling afdal waktunya. Beliau menjawab,

 "Akhir tengah malam yang tersisa, tetapi sedikit sekali orang yang mengerjakannya." (HR Ahmad dengan sanad jayyid) 

"Waktu akhir malam yang dimaksud ini adalah mulai pada pukul 02.00. Ini menjadi waktu yang terbaik melaksanakannya," jelas Ustadz Teguh yang juga merupakan konsultan wakaf ZIS di Yayasan SKeMa Bandung ini. 

Di kala malam yang hening seperti inilah membuat Muslimin mampu berkonsentrasi penuh dalam sholat tahajud. Segala permohonan, ampunan, keinginan yang kuat dapat disampaikan kepada Allah SWT. 

Niat Sholat Tahajud 

Ada dua hal yang perlu diperhatikan soal niat: lafadh atau bacaan niat dan qashad niat. Lafadh niat adalah bacaan yang kita ucapkan dengan lidah sebelum melaksanakan suatu ibadah, dalam hal ini berarti sebelum takbiratul ihram. Sementara qashad niat adalah niat di dalam hati ketika melakukan suatu ibadah, dalam hal ini adalah ketika melakukan takbiratul ihram. Membaca lafadh niat hukumnya sunnah, sementara qashad niat hukumnya wajib. 

Jadi yang dinamakan dengan niat adalah qashad yang muncul di dalam hati ketika melakukan suatu amalan, bukan yang kita ucapkan dengan lidah. Berikut Lafadh niat sholat tahajud adalah sebagai berikut: 

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ 


Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala. 

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah. 

Itulah keutamaan sholat sunnah tahajud bagi muslim dan Muslimah yang rajin melakukannya serta waktu terbaik melaksanakan sholat tahajud, jumlah rakaat dalam sholat tahajud, dan juga niat sholat tahajud yang tersaji dalam ulasan ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "4 Keutamaan Dahsyat Sholat Tahajud Bagi Orang Yang Rajin Menunaikannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel