7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

7 Cara Tidur Rasulullah SAW Yang Bisa Diteladani, Baik Untuk Kesehatan


Rasulullah SAW tentunya tauladan bagi manusia dimuka bumi ini khususnya bagi umat muslim. Tentunya banyak sekali sunnah Rasulullah SAW yang dapat diteladani dan dikerjakan oleh umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang paling sederhana adalah ketika tidur, seseorang bisa mencontoh kebiasaan Nabi Muhammad saat istirahat. 
7 Cara Tidur Rasulullah SAW Yang Bisa Diteladani, Baik Untuk Kesehatan

Selain bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, pola tidur seperti kebiasaan Rasulullah dijamin bikin tubuh lebih sehat dan tenang, jauh dari gangguan mimpi buruk. 

Meurut Ustadz Rakhmad Zailani Kiki yang merupakan Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta menjabarkan, “Terdapat tujuh kebiasaan tidur sehat yang dilakukan Rasulullah SAW”, Apa saja itu, simak dibawah ini : 

Tujuh kebiasaan tidur yang selalu dilakukan Rasulullah SAW yang bisa kita teledani setiap hari sebagai berikut : 

1. Posisi Tidur Miring ke Kanan 

Tidur Rasulullah SAW menghadap ke kanan, dalam hadist riwayat Al-Bukhari no 247 dan Muslim no 2710, Nabi Muhammad SAW mengatakan: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” 

2. Meletakkan Tangan di Bawah Pipi 

Dari Hudzaifah ibn al-Yaman ra, Nabi berkata: “Apabila Nabi SAW hendak tidur pada malam hari, beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya.” (HR. Bukhari). 

3. Meniupkan Kedua Tangan dan Membaca Doa 

Dari Aisyah ra, Rasulullah bersabda: “Apabila Rasulullah SAW hendak tidur, beliau meniup kedua tangannya dan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas, lalu beliau mengusap badannya dengan kedua tangannya.” (HR. Bukhari). 

Kebiasaan tidur sehat Rasulullah SAW juga sebelum tidur adalah dengan meniupkan kedua tangan, dan membaca doa lalu mengusapkan ke seluruh badan. 

4. Tidak Tidur Sebelum Isya 

Hadis dari Abu Barzah ra, ia berkata, “Bahwasanya Rasulullah SAW tidak menyukai tidur sebelum Isya dan berbincang-bincang sesudahnya.” (HR. Bukhari). 

5. Tidur pada Awal Malam dan Bangun pada Akhir Malam 

Aisyah ra berkata, “Beliau (Rasulullah) tidur pada awal malam dan bangun pada akhir malam kemudian melaksanakan sholat.” (Muttafaq Alaih). 

6. Tidur Hanya Beralas Tikar 

Abdullah ibn Mas’ud ra berkata, “Rasulullah SAW bisa tidur di atas tikar, dan ketika beliau bangun, tampak bekas guratan tikar pada bahunya. Maka kami berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami ingin membuatkan kasur untukmu.’ Kata beliau, ‘Apalah artinya dunia ini bagiku? Aku di dunia ini hanyalah laksana seorang pengembara yang berteduh di bawah pohon, dia beristirahat dan kemudian meninggalkannya.” (HR. At-Tirmidzi) 

7. Tidak Menyukai Tidur Tengkurap 

Kebiasaan tidur sehat ala Rasulullah berikutnya adalah dengan tidak dalam posisi tengkurap. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW melihat seseorang berbaring (tidur) dengan posisi tengkurap, maka beliau pun bersabda, “Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.” (HR. Ahmad). 

Nah itulah kebiasaan tidur yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Semoga kita bisa mengikuti tauladan tersebut, selain sunnah dan mendapatkan pahala, juga sangat baik untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan juga menjadi inspirasi, terima kasih.


Loading...

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Tidur Rasulullah SAW Yang Bisa Diteladani, Baik Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel