7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

Apa Maknanya Jika Bermimpi Tentang Hari Kiamat Dalam Islam?, Ini Penjelasannya


Ketika waktunya tiba, Dunia dan berserta seisinya akan musnah seketika oleh yang Namanya hari Kiamat. Hari kiamat ini bukanlah sebuah ancaman sesaat, namun hari kiamat ini pasti akan tiba, dan mengenai waktunya datang, Hanya Allah SWT yang maha mengetahuinya. 
Apa Maknanya Jika Bermimpi Tentang Hari Kiamat Dalam Islam, Ini Penjelasannya

Tentang datangnya Hari kiamat ini tentunya Allah SWT telah menjelaskannya dalam Al-qur’an dan juga dalam Hadist dengan memberikan tanda-tanda bahwa kiamat akan dekat, sebagai peringatan bagi manusia untuk mengingat-Nya. 

Berbicara mengenai hari kiamat yang maha dahsyat tersebut, Di Dunia ini ada sebagian orang yang pernah mengalaminya namun dalam mimpinya. Ia seakan melihat bagaimana bumi dihancurkan lalu menuju fase kehidupan yang kekal. Nah, bagaimana dalam pandangan Islam jika seseorang bermimpi kiamat? 

Dikutip dari penjelasan Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani mengatakan "Mimpi tentang kiamat adalah mimpi yang baik, untuk menjadi peringatan bagi yang mimpi agar memperbanyak ibadah dan amal saleh.” 

“Mimpi datangnya hari kiamat adalah bunga tidur sebagian para ulama. Salah satunya pernah terjadi kepada Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat, ia bermimpi seakan-akan kiamat telah terjadi. "Dan para Qari Al-qur’an dipanggil. Ia (Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat) termasuk orang yang menghadiri panggilan itu," katanya. 

Setelah Imam Hamzah bin Habib az-Zayyat bermimpi kiamat, maka ia semakin semangat dan istiqamah membaca, meghafal serta mengamlakn Alquran selama hidupnya. 

Kedatangan hari kiamat hingga saat ini belum diketahui kepastiannya, bahkan Rasulullah pun tidak mengetahuinya. Peristiwa besar tersebut menjadi sesuatu yang ghaib, atau tidak diketahui oleh manusia biasa dan hanya Allah yang menentukannya. 

Allah SWT berfirman dalam Surah Al-'Araf ayat 187: 

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ 


Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS. Al-'Araf: 187). 

Kemudian dalam Surah Al A’raf Allah SWT Juga Berfiriman : 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ 


Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah, 'Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia." (QS. Al A’raf ayat 187). 

Nah itulah penjelasan dalam islam ketika seseorang bermimpi tentang hari kiamat/mengalami hari kiamat dalam tidurnya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semuanya agar selalu menjalani perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-nya agar kita selamat ketika Hari kiamat yang pasti akan datang tersebut, terima kasih.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Apa Maknanya Jika Bermimpi Tentang Hari Kiamat Dalam Islam?, Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel