7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

Dalam Islam Tidak Ada Istilah Pacaran, Ini Dalilnya

Pacaran merupakan menjalin hubungan percintaan antara pria dan wanita dalam ruang lingkup bukan muhrim dan belum halal dan sah baik itu secara agama maupun undang-undang. Namun hal ini sudah terjadi dalam lingkungan saat ini muncul istilah jadian atau pacaran, yakni mengenal lawan jenis dengan suatu hubungan. Namun sebenarnya dalam syariat Islam tidak pernah diajarkan tentang jadian. Secara tegas Islam melarang pacaran atau jadian. 
Dalam Islam Tidak Ada Istilah Pacaran, Ini Dalilnya

Di dalam agama Islam, menjalin hubungan yang diajarkan adalah melalui pernikahan yang halal. Tentunya dengan usia yang cukup, memiliki pengetahuan baik, dan sudah mempunyai mata pencarian. 

Menurut Ustadz Khoirul Anam, dosen Universitas Nahdlatul Ulama, dalam video-nya menjelaskan bahwa "Rasa suka dari seseorang ke orang lain atau lawan jenis itu manusiawi, dan kita tidak bisa membunuh rasa itu. Maka biarkan rasa itu kita kelola dengan baik sesuai dengan apa yang disyariatkan oleh Allah SWT” 

Ia menjelaskan, kitab suci Al-qur’an sudah mengingatkan kepada umat manusia janganlah mendekati. Mendekati saja tidak boleh, apalagi melakukannya, karena zina merupakan perbuatan keji. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi : 

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلً 


Artinya: "Dan janganlah kamu mendekati zina, sungguh itu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS Al Isra (17): 32) 

Sementara jika belum mampu menikah, diajarkan untuk menjalankan puasa dalam rangka menahan diri dari hawa nafsu. Inilah yang diberitahukan Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda : 

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ 


Artinya: "Wahai para pemuda, barangsiapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya." (HR Bukhari dan Muslim) 

"Fokus kita tidak hanya ke persoalan yang biologis, maka biarkan saja rasa itu berlalu. Fokuslah pada hal-hal yang positif yang harus dilakukan di sekolah maupun di kampus. Janganlah kamu menuruti keinginan tersebut, apalagi sampai fokus ke hal-hal tersebut," itulah penjelasan dari Ustadz Khoirul Anam. 

Itulah penjelasan dan dalil mengenai larangan menjalin hubungan percintaan alias pacarana/jadian dalam islam. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan semoga menjadi bahan pelajaran khususnya bagi muda mudi yang belum menikah agar menghindari pacarana sebelum menikah, karena pacarana tersebut sangat dekat dengan perbautan dosa yaitu zina yang pasti dosa besar yang tentunya akan mendapatkan azab dari Allah SWT, Terima kasih.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Dalam Islam Tidak Ada Istilah Pacaran, Ini Dalilnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel