7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah

7 Tahap Dalam Menyusun Skripsi Kuliah – Tugas akhir dari persyaratan tamat kuliah untuk menjadi seorang sarjana adalah dengan membuat skr...

Inilah Tanda-Tanda Jika Dia Jodohmu Menurut Al-Qur’an

Dalam kehidupan di dunia ini, Jodoh, rezeki dan kematian memang selalu menjadi rahasia Allah SWT. Namun dalam mendapatkannya tentunya harus ada usaha, ikhtiar dan juga doa kepada Allah SWT, Sang pemiliki semuanya itu. 
Inilah Tanda-Tanda Jika Si Dia Jodohmu Menurut Al-Qur’an

Berbicara mengenai jodoh misalnya, Tentunya setiap insan sudah ada pasangannya masing-masing yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Namun kapan datang dan bertemunya tentunya juga menjadi rahasia Allah SWT. Namun sebelum kita menemukannya, tentunya tanda-tanda jodoh dari Allah SWT dapat diketahui dan dirasakan. 

Segala macam doa hingga amalan-amalan untuk segera dipertemukan dengan jodoh dilakukan oleh banyak orang. Ada baiknya kita belajar membaca tanda-tanda jodoh dari Allah SWT. Petunjuk soal jodoh ini pun selalu jadi perhatian, beberapa orang selalu menerka-nerka jika bertemu dengan seseorang dan bertanya dalam hati, apakah ini jodoh dari Allah SWT?. 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Ternyata tanda-tanda jodoh ini telah tertulis dalam Al-qur’an, Apa saja itu?, Simak tanda-tandanya dibawah ini: 

1. Memiliki Sifat yang sama (An-Nur:28) 

فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فِيهَا أَحَدًا فَلَا تَدْخُلُوهَا حَتَّىٰ يُؤْذَنَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ 


Artinya: "Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" 

2. Saling Merasa Tentram (Ar-Rum:21) 

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 


Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir" 

3. Diterima keluarga (Asy-Syura:11) 

فَاطِرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ 


Artinya: "(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat" 

4. Memahami kita (Al-Furqan:74) 

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا 


Artinya: "Dan orang orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. 

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin menjelasakan Jika Ayat diatas berkaitan dengan cara hidup sakinah mawadah wa rahmah. Ustadz Fauzan menambahkan, dalam rumah tangga pasti selalu ada masalah, baik disengaja atau tidak. Terdapat doa untuk menghindari konflik yang sering terjadi pada pasangan suami istri sehingga menjadi keluarga yang sakinah. Yaitu: 

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا 


Artinya : "Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74). 

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin Menerangkan, Intinya ikuti cara Nabi, ikuti petunjuk Alquran. Hidup akan tenang. Dalam keluarga, masalah pasti ada. Itu sunnatullah. Dengan membaca doa, lanjutnya, setidaknya bisa mengurangi dampak buruk dari masalah rumah tangga yang dihadapi. 

Nah, itulah beberapa tanda-tanda jika dia adalah jodoh dari Allah SWT yang dikirim untukmu. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, dan semoga kita selalu berpegang teguh pada keyakinan kita untuk selalu menjalankan perintah-Nya dan juga menjauhi segala larangan-nya agar kita selamat dunia dan akhirat, amin. 

Loading...

1 Komentar untuk "Inilah Tanda-Tanda Jika Dia Jodohmu Menurut Al-Qur’an"

  1. hmmm...para jomblo wajib baca ini nih....biar tau mana jodohmu mana cuma pelampiasan nafsu mu.....
    Untungnya saya sudah berkeluarga dan ayat2 diatas sebagian besar sesuai....

    Jodoh memang ga bisa dikaitkan dengan menikah atau tidak....jodohmu baru di ketahui saat pasangan manusia dipisahkan oleh maut...artinya pernikahan sampai salah satu meninggal dunia....

    Karena istri yang sekarang belum tentu dia jodohmu.....karena bisa saja kmu bercerai besok atau lusa...siapa yang tau...hehhe...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel