Kiamat Itu Pasti Akan Tiba, Maka Bersiaplah!

Hari akhir dari dunia ini yaitu hari kiamat tentunya hingga saat detik ini takkan pernah habis dibahas karena mengundang rasa penasaran bagi manusia. Bahkan fenomena alam yang kerap terjadi selalu dikaitkan dengan hari akhir tersebut, serta sebagian orang ada yang mengaitkannya dengan dalil dan ayat-ayat Alquran yang membahas tentang kejadian itu.

Kiamat Itu Pasti Akan Tiba, Maka Bersiaplah!

Tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat pasti akan datang, pasti akan tiba dan pasti akan terjadi. Tentunya tak ada satu makhluk pun yang mengetahuinya, Hanya menunggu waktu yang telah di tentukan oleh Allah SWT saja, kapan itu terjadi, Hanya Dia yang maha mengetahui segalanya. 

Mengenai kapan datangnya hari kiamat ini, Menurut Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki, "Apakah tanda-tanda akan terjadinya kiamat pada hadits di atas sudah terjadi? Jawabannya sudah terjadi. Mengapa belum juga terjadi kiamat? Karena, masih ada tanda-tanda lainnya yang harus terjadi. 

Sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al-'Araf ayat 187, Allah SWT berfirman: 


يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ


Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,". (QS. Al-'Araf: 187). 

Selain itu, banyak dalil dan ayat-ayat Alquran lainnya yang mengambarkan, serta menjelaskan tentang hari kiamat, antara lain sebagai berikut : 

Tentang kiamat, Al-Bukhari meriwayatkan dari Syaqiq, berkata, "ِAku pernah bersama ‘Abdullah dan Abu Musa, keduanya berkata, ‘Nabi SAW bersabda: 

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ لأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيهَا الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فِيهَا الْعِلْمُ.


Artinya: "Sesungguhnya menjelang datangnya hari kiamat akan ada beberapa hari di mana kebodohan turun dan ilmu dihilangkan,". 

Datangnya kebodohan dan hilangnya ilmu menjelang hari kiamat dijelaskan dalam riwayat hadits tersebut. Terlebih sebelum kiamat tiba, orang-orang salih, berakhlak serta berilmu akan diwafatkan karena mereka tidak akan merasakan pedihnya hari akhir itu. 

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: 

يَدْرُسُ اْلإِسْلاَمُ كَمَا يَدْرُسُ وَشْيُ الثَّوْبِ حَتَّى لاَ يُدْرَى مَا صِيَامٌ، وَلاَ صَلاَةٌ، وَلاَ نُسُكٌ، وَلاَ صَدَقَةٌ وَيُسْرَى عَلَى كِتَابِ اللهِ k فِـي لَيْلَةٍ فَلاَ يَبْقَى فِي اْلأَرْضِ مِنْهُ آيَةٌ، وَتَبْقَى طَوَائِفُ مِنَ النَّاسِ: الشَّيْخُ الْكَبِيرُ، وَالْعَجُوزُ، يَقُولُونَ: أَدْرَكْنَا آبَاءَنَا عَلَى هَذِهِ الْكَلِمَةِ؛ يَقُولُونَ: لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ فَنَحْنُ نَقُولُهَا: فَقَالَ لَهُ صِلَةُ: مَا تُغْنِي عَنْهُمْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وَهُمْ لاَ يَدْرُونَ مَا صَلاَةٌ، وَلاَ صِيَامٌ، وَلاَ نُسُكٌ، وَلاَ صَدَقَةٌ فَأَعْرَضَ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ رَدَّدَهَا عَلَيْهِ ثَلاَثًا، كُلَّ ذَلِكَ يُعْرِضُ عَنْهُ حُذَيْفَةُ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْهِ فِي الثَّالِثَةِ، فَقَالَ: يَا صِلَةُ! تُنْجِيهِمْ مِنَ النَّارِ، ثَلاَثًا.


Artinya: Ibnu Majah berkata: "Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami bahwa Rasulullah SAW bersabda: 'Islam akan terhapus sebagaimana terhapusnya renda pakaian sehingga tidak diketahui apa itu puasa, sholat, ibadah, dan sedekah. Dalam satu malam timbul kelupaan terhadap Al-Kitab (Alquran) sehingga tidak tersisa satupun ayat di muka bumi dan tersisa satu kelompok manusia. Orangtua renta dan jompo yang berkata: Bapak-bapak kami pernah memberitahu mengenai kata 'Laa ilaaha illallah' lalu kami mengucapkannya'."

Kemudian hadist lainnya menjelaskan, ketika kiamat tiba maka akan datang dukhan atau kabut yang sangat tebal. Kemunculannya ini merupakan salah satu azab yang sangat pedih bagi orang-orang yang tidak beriman. 

Allah SWT berfirman:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ


Artinya: "Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih," (QS. Ad Dukhan ayat 10-11). 

Kemudian dalam riwayat hadist lainnya menjelaskan, tentang tanda-tanda kiamat di mana saat itu umat manusia seketika akan bertobat padahal semua pintu ampunan telah ditutup rapat. 

Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh, hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat 10 tanda-tandanya. Tanda–tanda itu ialah asap (dukhan), Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa ibnu Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga buah gerhana (yaitu gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah Arab), keluarnya api dari Yaman, dan manusia digiring menuju mahsyar mereka,” (HR. Muslim). 

Berikut ini adalah 20 nama lain dari hari kiamat yang tertulis di dalam Alquran : 

1. Yaumul Ba'ats (Hari Kebangkitan) 

Pada hari itu semua manusia akan dibangkitkan kembali, dan manusia yang tidak bertakwa mereka akan merasa kesulitan. Allah SWT berfirman : 

فَيَوْمَئِذٍ لَّا يَنفَعُ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ


Artinya: "Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi," (QS. Ar-Rum: 57). 

2. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) 

Setelah dibangkitkan segala amal perbuatan manusia akan dihisab, dan yang akan menentukan mereka masuk surga atau neraka tergantung dengan amalnya. Allah SWT berfirman: 

ٱلْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍۭ بِمَا كَسَبَتْ ۚ لَا ظُلْمَ ٱلْيَوْمَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ


Artinya: "Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya." (QS. Al Mu'min:17). 

4. Yaumul Hasrah (Hari Penyesalan) 

Manusia yang tidak beriman akan merasakan penyesalan yang sangat dalam, karena selama di dunia mereka terlah lalai dan tidak mematuhi perintah agama. Allah SWT berfirman: 

وَأَنذِرْهُمْ يَوْمَ ٱلْحَسْرَةِ إِذْ قُضِىَ ٱلْأَمْرُ وَهُمْ فِى غَفْلَةٍ وَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ


Artinya: "Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman." (QS. Maryam: 39). 

5. As-Sa'ah (Hari yang Menentukan) 

Hari kiamat adalah penentuan dari nasib manusia, sejak lahir hingga akhir. Allah SWT berfirman: 

اِنَّ السَّاعَةَ لَاٰتِيَةٌ لَّا رَيۡبَ فِيۡهَا وَلٰـكِنَّ اَكۡثَرَ النَّاسِ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ


Artinya: "Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman," (QS. Ghafir: 59). 

6. Yaumut Tanad (Hari Saling Memanggil) 

Di hari akhir nanati semua amalan perbuatan akan memanggil, jika mereka berbuat dosa maka neraka akan menantinya. Allah SWT berfirman: 

وَيٰقَوۡمِ اِنِّىۡۤ اَخَافُ عَلَيۡكُمۡ يَوۡمَ التَّنَادِۙ


Artinya: "Dan wahai kaumku! Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil." (QS. Ghafir: 32). 

7. Yaumul Fash (Hari Pemisahan atau Keputusan) 

Dimaksud dengan pemisahan ini adalah sebagai pembeda, mana orang beriman dan tidak. Allah SWT berfirman: 

هَٰذَا يَوْمُ ٱلْفَصْلِ ٱلَّذِى كُنتُم بِهِۦ تُكَذِّبُونَ


Artinya: "Inilah hari keputusan yang kamu selalu mendustakannya," (QS. Ash-Shaffat: 21). 

8. Yaumul Jama' (Hari Berkumpul) 

Pada hari kiamat manusia akan berkumpul, mulai dari masa Nabi Adam AS, hingga orang-orang yang hidup di akhir zaman. Allah SWT berfirman: 

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لِّتُنذِرَ أُمَّ ٱلْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ ٱلْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ فَرِيقٌ فِى ٱلْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِى ٱلسَّعِيرِ


Artinya: "Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura' (penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam." (QS. Asy-Syura: 7). 

9. Yaumul Wa'id (Hari yang Dijanjikan) 

Segala yang dijanjikan oleh Allah akan terwujud ketika sangkakala meniupkan terompetnya. Allah SWT berfirman: 

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ ۚ ذَٰلِكَ يَوْمُ ٱلْوَعِيدِ


Artinya: "Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman," (QS. Qaf: 20). 

10. Yaumul Khulud (Hari yang Kekal)

Dunia hanya sementara, sedangkan yang kekal adalah ketika kehidupan di akhirat. Seperti dijelaskan dalam Alquran Allah SWT berfirman:


ٱدْخُلُوهَا بِسَلَٰمٍ ۖ ذَٰلِكَ يَوْمُ ٱلْخُلُودِ


Artinya: "Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan." (QS. Qaf: 34). 

Tidak ada yang mengetahui kapan hari kiamat itu akan datang, kecuali Allah SWT. Setiap umat Islam tentunya harus mengimani hari akhir atau hari kiamat tersebut, karena pada hari tersebut manusia yang sudah mati akan dibangkitkan kembali dan dihisab amal perbuatannya. 

Hari kiamat atau yang dikenal dengan hari akhir zaman atau yaumul akhir adalah hari dimana umat manusia akan dibangkitkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan ditimbang amal perbuatannya. Berikut 10 tanda-tanda hari kiamat yang dikutip video Youtube ceramah Khalid Zeed Abdullah Basalamah. 

1. Keluarnya dajjal 

Dajal dalam bahasa arab memiliki arti kekacauan. Dajjal sendiri nanti akan keluar dari negeri persia. Persia tergolong dalam suatu suku pada negara iran. Ustad khalid menjelaskan, ketika dajjal sudah turun, maka dajjal dan pengikutnya akan membuat kerusakan di bumi selama 40 hari. Rasulullah menjelaskan bahwa dalam 40 hari itu, satu hari pertama seperti satu tahun, hari kedua seperti sebulan, hari ketika seperti sepekan, dan hari selanjutnya sama seperti hari hari kita. 

2. Keluarnya Imam Mahdi 

Imam mahdi merupakan keturunan asli Rasulullah. Imam mahdi juga mempunyai nama yang sama persis seperti Rasulullah SAW, yaitu, Muhammad bin Abdullah. Imam Mahdi lah yang nantinya akan memimpin perang jihad untuk mengejar dajjal ketika sudah berada di Palestina. Ketika imam mahdi telah sampai untuk mengejar dajjal, maka turunlah tanda - tanda selanjutnya. 

3. Turunnya Nabi Isa AS 

Ketika Imam mahdi dan pasukannya sudah sampai damaskus, mereka shalat ashar berjamaah yang dipimpin langsung oleh Muhammad bin Abdullah (imam mahdi) sebelum sampai menemui dajjal. Maka sebelum mereka shalat, turunlah Nabi Isa AS, dengan memegang kedua sayap malaikat serta rambut yang basah dan menetes - netes ke bumi. "Saat itu semua muslim menyaksikan" ujar Ustad khalid basalamah. 

Setelah mereka shalat, barulah Imam Mahdi dan pengikutnya melanjutkan perjalanan menuju palestina untuk menemui dajjal. Setelah sampai Nabi Isa langsung berburu dajjal untuk kemudian dibunuh. Setelah terbunuh, ustad khalid menjelaskan, nantinya pengikut dajjal akan berlarian untuk bersembunyi dibalik pohon dan batu. 

4. Keluarnya Yajuj dan majuj 

Nabi Muhammad SAW mejelaskan ciri - cirinya seperti, mata mereka terlihat sipit namun bola mata mereka terlihat besar, mereka memiliki rambut yang kriting serta memiliki postur tubuh sama seperti manusia. Mereka akan keluar jika sudah dizinkan oleh Allah SWT seperti pada firman allah yang artinya : “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Anbiya’: 96-97). 

5. Keluarnya binatang melata 

Dalam hadist bukhori dijelaskan bahwa binatang tersebut akan muncul dan dapat berkomunikasi seperti halnya manusia. Binatang tersebut natinya akan mendatangi orang - orang yang kembali kufur setelah wafatnya Nabi Isa AS. Binatang itu akan menasihati dan mengingatkan orang - orang yang kembali kufur. Binatang itu akan tersebar di seluruh dunia dan akan menandai orang - orang yang tidak beriman kepada Allah SWT. 

6. Keluarnya api dari kota Aden 

Aden merupakan sebuah kota di Yaman. "Subhanallah baru tadi malam saya melihat di youtube, sebuah penelitian yang menunjukan bahwa, dibawah kota aden itu terdapat api yang cukup panas, dan api itu bisa keluar setiap saat dan bisa membakar siapa pun" sambung ustad khalid. 

7. Munculnya tiga gerhana 

Gerhana tersebut muncul di tiga bagian bumi, pertama pada bumi bagian timur seperri Asia, kedua dibagian Barat Seperti Amerika dan lainnya, dan ketiga di bagian Jazirah Arab. Selain gerhana, pada saat itu juga di barengi dengan datangnya bencana. 

Ustadz khalid Basalamah dalam ceramahnya menjelaskan bahwa, terjadi gempa besar lalu kemudian terjadi longsor besar di belahan timur bumi. Sebagian ulama hadist menjelaskan, bagian ini dapat terjadi di bagian asia, namun tidak tahu pasti tempatnya dimana. Setelah terjadi dibagian timur bumi, maka akan terjadi kembali pada bagian barat, seperti benua amerika dan lainnya. Kemudian amblasnya bumi di jazirah arab, ustad khalid menjelaskan bahwa hal ini merupakan longsor besar yang sudah sulit untuk diperbaiki. 

10. Terbitnya matahari dari sebelah barat 

Di saat itulah pintu taubat akan di tutup oleh Allah SWT. " Ini adalah tanda - tanda yang terakhir. Maka seperti kata Rasulullah, Taubat akan diterima sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya". Pungkas ustad tersebut. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang tibanya hari kiamat. Tentunya banyak dari golongan manusia yang sangat penasaran datangnya tiba hari kiamat, namun mereka tak pernah peduli jika hari kiamat tersebut hari dimana kehancuran alam semesta ini dan kematian bagi seluruh makhluk hidup yang ada. 

Untuk itulah, Jangan pernah menunggu kapan kiamat itu datang, karena ketika kiamat itu tiba, maka segala taubat tak berguna kembali, bagi mereka yang mendustakan Allah SWT dan nabinya, maka rugilah mereka, karena pada hari itu mereka tidak dapat berbuat apa-apa lagi selain menerima menyesal dan menerima nasib atas perkara yang telah mereka buat semasa di dunia ini, dan azab itu pasti Allah SWT berikan sebagaimana janjinya ketika mereka berada di dunia ini yaitu ketakutan, ketakutan yang abadi dalam neraka yang begitu mengerikan. 

Bagi mereka yang beriman dan bertaqwa, tentunya tak ada ketakutan baginya, karena mereka yakin, Allah SWT akan memberi pertolongan kepada mereka dan mendapatkan syafaat dari Nabi mereka ketika bumi ini hancur lebur ditelan dahsyat hari kiamat tersebut. Dan mereka juga percaya, Jika janji Allah SWT itu pasti dibalas untuk perbuatan baik (pahala) yang mereka kerjakan dengan ganjaran Syurga. 

Jadi, Sebelum kiamat itu datang dan kita tidak pernah tahu kapan ia akan datang, entah hari ini, esok, lusa. Namun yang pasti kita selalu menjaga keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT agar kita selamat dunia dan akhirat, amin. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kiamat Itu Pasti Akan Tiba, Maka Bersiaplah!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel