Peristiwa dan Keajaiban 10 Muharram Dalam Sejarah Islam

Bulan Muharram merupakan satu dari empat bulan istimewa dalam Islam. Keempat bulan suci itu adalah Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Muharram sendiri disebut juga sebagai Syahrullah atau bulan Allah SWT. Di dalam bulan Muharram ada sejumlah amalan yang dapat dilakukan, salah satunya puasa sunah Tasuah dan Asyura pada tanggal 9 dan 10 Muharram. 
Peristiwa dan Keajaiban 10 Muharram Dalam Sejarah Islam

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata : 

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَة 


Artinya : "Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab: 'Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.' Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab: 'Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu'." (HR Muslim nomor 1162) 

Oleh karenanya, di bulan istimewa ini setiap muslim dianjurkan melakukan amalan-amalan agar mendapat pahala besar dan ampunan Allah SWT . Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran : 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ 


Artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus,” (QS. At-Taubah: 36). 

Dalam sebuah haditrs yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwasanya Nabi SAW bersabda: 

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم 


Artinya: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram,” (HR. Muslim). 

Nah, Kenapa Bulan muharam ini istimewa dalam Islam, Berikut beberapa kejadian/peristiwa yang terjadi dalam bulan muharam ini yaitu : 

1. Nabi Adam A.S bertobat kepada Allah SWT 

Nabi Adam Alaihissalam merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Penciptaan Nabi Adam dituliskan oleh Allah SWT dalam kitab suci Alquran Surah Al Baqarah Ayat 30–39. 

Setelah itu, Allah SWT menciptakan Hawa. Ia diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam. Kemudian Allah SWT mempersilahkan Nabi Adam dan Hawa tinggal di surga-Nya, akan tetapi ada syarat untuk tidak mendekati salah satu pohon di dalam surga. Namun persyaratan itu diingkari karena godaan para Iblis dengan iming-iming dapat mengubah mereka menjadi malaikat dan bisa hidup kekal di surga. Hal ini tertulis dalam Alquran Surah Al A'raf Ayat 20. 

Sebelum dikeluarkan dari surga, Nabi Adam dan Hawa memohon ampun kepada Allah SWT seraya bertobat atas dosa yang dilakukan. Usai diusir dari surga, Nabi Adam dan Hawa terpisah, berdasarkan riwayat Ibnu Umar menyatakan, "Adam diturunkan di Shafa, sedangkan Hawa di Marwa." 

Mereka pun dipertemukan oleh Allah SWT di Jabal Rahma dan bersatu kembali. Lalu pada 10 Muharram usaha Nabi Adam untuk bertobat diterima dan diampuni oleh Allah SWT. 

2. Kapal Nabi Nuh A.S berlabuh dengan selamat 

Nabi Nuh A.S diutus oleh Allah SWT untuk kaumnya di kawasan Sungai Eufrat dan Tigris. Kaumnya adalah penyembah lima berhala yaitu wad, siwa', yaghus, ya'uq, dan nasr. Pada hari raya Nabi Nuh keluar. Lalu ketika Nabi Nuh berusia 480 tahun datanglah malaikat Jibril. Jibril lalu berkata, "Saya utusan Tuhan Semesta Alam. Saya datang kepadamu membawa risalah. Sungguh Allah telah mengutusmu untuk umatmu." 

Namun, peringatan dan ajakan Nabi Nuh tidak digubris sang raja dan rakyatnya. Kemudia Nabi Nuh mengadukan masalahnya kepada Allah SWT sebagaimana dalam Alquran menjelaskan bahwa: 

قَالَ رَبِّ اِنِّيْ دَعَوْتُ قَوْمِيْ لَيْلًا وَّنَهَارًاۙ 
فَلَمْ يَزِدْهُمْ دُعَاۤءِيْٓ اِلَّا فِرَارًا 


Artinya : "Nuh berkata: 'Ya Tuhanku, Sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang, maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran)'." (QS Nuh: 5–6) 

Setelah datangnya azab berupa banjir besar, anak Nabi Nuh memisahkan diri dari ayahnya dan bergabung bersama kaum kafir. Lalu Nabi Nuh menunggun anaknya untuk bisa menaiki kapal buatannya. Singkat cerita, perahu Nabi Nuh berlabuh tepat pada hari Asyura atau tanggal 10 Muharram. 

3. Nabi Ibrahim A.S terbebas dari kobaran Api 

Ibrahim A.S merupakan nabi ke-6 dalam sejarah Rasul Allah. Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Ibrahim yakni sebuah pemikiran cerdas, sekaligus mengutusnya sebagai penyampaian keberadaan Allah SWT. Lalu mukjizat selanjutnya pada tanggal 10 Muharram saat Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup, Allah SWTmemebrikan mukjizat terbebasnya dari kobaran api. 

4. Nabi Yusuf A.S terbebas dari penjara 

Nabi Yusuf A.S yang dipenjara karena difitah oleh seseorang, pada 10 Muharram membuktikan kebenarannya dan bebas dari penjara. 

5. Nabi Yunus A.S berhasil keluar dari perut ikan paus 

Nabi Yunus A.S pernah ditelan ikan pasu. Namun dengan kuasa Allah SWT pada tanggal 10 Muharram Nabi Yunus berhasil keluar dari perut ikan tersebut. 

6. Nabi Ayyub A.S sembuh dari penyakit 

Nabi Ayyub A.S merupakan nabi paling sabar karena diuji dengan kehilangan harta, keluarga, dan menderita penyakit. Nabi Ayyub pun memohon kepada Allah SWT agar menghilangkan derita yang dihadapinya. Pada 10 Muharram, penyakit Nabi Ayub diangkat dan disembuhkan oleh Allah Ta'ala. 

7. Nabi Musa A.S lolos dari pasukan Firaun 

Ketika berkuasa, Raja Firaun menerapkan aturan membunuh anak laki-laki yang terlahir dari Suku Bani Israil dan membiarkan anak perempuan. Sejak Nabi Musa dilahirkan, pasukan Firaun tidak ada yang mengetahuinya. 

Singkat cerita Nabi Musa dikejar-kejar oleh pasukan Firaun dan terjebak di ujung perbatasan laut, lalu dipukulah tongkat tersebut ke tanah hingga membelah lautan. Maka pada 10 Muharram Nabi Musa lolos dari pasukan Firaun. 

8. Khalifah Umar Bin Khattab R.A. menetapkan sebagai tahun baru Islam dan kalender Hijriah. 

9. Banyak terjadi peristiwa penting bagi umat isalam, yang mencerminkan kegemilangan, atas perjuangan yang gigih dan tabah untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. 

10. Nabi Idris A.S diangkat oleh Allah SWT ke langit. 

11. Nabi Musa a.s menerima kitab Taurat dari Allah SWT. 

12. Penglihatan Nabi Ya’qub a.s yang kabur dipulihkan Allah SWT. 

13. Nabi Daud a.s diampuni Allah SWT atas kesalahannya. 

14. Nabi Sulaiman a.s dikaruniakan kerajaan yang besar oleh Allah SWT. 

15. Nabi Isa a.s diangkat ke langit oleh Allah SWT. 

16. Pertempuran Karbala dan terbunuhnya Husein Bin Ali Cucu Rasulullah SAW 

17. Allah SWT menjadikan Arasy. 

18. Allah SWT menjadikan Lauh Mahfudz. 

19. Allah SWT menciptakan malaikat Jibril a.s. 

20. Hari pertama Allah SWT menciptakan alam semesta. 

21. Hari pertama Allah SWT menurunkan rahmat. 

22. Hari pertama Allah SWT menurunkan hujan. 

Dan tentunya masih banyak lagi keistimewaan lainnya yang terjadi di bulan muharam ini. Untuk sebabnya bulan muharam ini salah satu bulan yang di istimewakan oleh Allah SWT. Dan bagi kaum muslimin dan muslimat jangan lupa untuk puasa sunnah pada 9-10 Muharam 1442 H nanti yang bertepatan pada tanggal 28-29 Agustus 2020. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Peristiwa dan Keajaiban 10 Muharram Dalam Sejarah Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel