4 Cara Mengatasi Kesedihan Hati Dalam Islam

Dalam menjalani roda kehidupan diatas dunia ini, tentunya berbagai hal kita jumpai, kita rasakan, kita hadapi. Cobaan dan rintangan hidup yang kita temukan tersebut semua hanyalah sementara dan tidak abadi dan dibalik itu semua tentunya aka nada hikmah bagi orang-orang yang berpikir dan berimana kepada Allah SWT. 
4 Cara Mengatasi Kesedihan Hati Dalam Islam


Seperti perasaan sedih misalnya, tentunya setiap orang pasti pernah merasakannya karena suatu sebab dan keadaan yang terjadi dalam hidupnya. Kesedihan tentunya hal yang normal dalam kehidupan, namun berlarut-larut dalam kesedihan itu tidaklah baik. Sebab Allah subhanahu wa ta’ala telah menciptakan semuanya berpasangan, ada langit-bumi, siang-malam, pria-wanita, dan pastinya ada kegembiraan dan kesedihan. 

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitupun dalam kesedihan. Maka jangan jadi lemah karena kesedihan, bangkitlah karena sesudah kesedihan pasti ada kebahagiaan. Kita tidak perlu bersedih, sebab Allah selalu bersama kita. 

Allah SWT berfirman Dalam Al-qur’an Surat Ali ‘Imran : 139 : 

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ 


Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S Ali ‘Imran : 139). 

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 40 : 

إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ ٱللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ثَانِىَ ٱثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِى ٱلْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَٰحِبِهِۦ لَا تَحْزَنْ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنزَلَ ٱللَّهُ سَكِينَتَهُۥ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُۥ بِجُنُودٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱلسُّفْلَىٰ ۗ 


Artinya : Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 

Jadi jangan kita semakin menjadi lemah, jangan kita semakin bersedih, karena kesedihan itu akan menghantarkan kita menjadi orang-orang yang derajatnya tinggi. Jika kita benar-benar orang yang beriman,” ujar penceramah Nur Fadhilah atau biasa dipanggil Ustadz Tile dikutip dari video Youtube iNews Religi. 

Ustadz Tile mengatakan, cara mengatasi kesedihan dalam pandangan Islam sebagai berikut: 

Perbanyak Zikir Kepada Allah SWT 

Selain berpahala, zikir juga membuat hati menjadi tenang dan kesedihan pun akan mereda. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca subhanallah setiap selesai shalat 33 x membaca alhamdulillah 33 x, membaca Allahu Akbar 33x hingga menjadi 99. beliau bersabda lalu disempurnakan menjadi seratus dengan Laa ilaha illallah wahdahu' laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli Syaiin qadir, diampuni dosanya sekalipun seperti buih lautan.” (HR. Muslim). 

Perbanyak Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW 

Ustadz Tile mengatakan jika rajin berzikir kepada Allah kemudian bersholawat, maka kesedihan insya Allah akan hilang. Sholawat selain bisa memudahkan segala urusan, juga dapat menenangkan hati. 

Perbanyak Sholat Sunah 

Bangun pada waktu malam di saat orang-orang tertidur, lalu laksanakan sholat sunah. Sholat merupakan bentuk komunikasi kita kepada Allah, maka pada saat itu curhatlah kepada Allah, adukan semuanya kepada Allah, dan memohon kepada Allah. 

Bangun di tengah malam, kita berwudhu dikeheningan malam, sujud minta kepada Allah. Insya Allah kegalauan itu akan menjadi hilang buat kita. Alhamdulillah,” ujar Ustadz Tile. 

Selalu Optimis dalam Menjalani hidup 

Tetap optimis dalam hidup dengan bersandar kepada Allah. Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar kemampuan sang hamba. Allah juga menjanjikan di balik kesulitan ada kemudahan. 

Allah SWT berfirman dalam surah Ar-Ra’d ayat 11 : 

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ 


Artinya : “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Ra’d: 11). 

Dengan optimis dalam menjalani hidup, kita akan lebih semangat untuk melaksanakan beribadah, dan semangat untuk bekerja dan berusaha. 

“Hidup di dunia itu mengalami up and down, bangkit dan jatuh tenggelam, itu semua suatu pelajaran buat kita,” tutur Tile. 

Itulah penjelasan tentang cara mengatasi kesedihan yang sedang melanda diri anda. Ingat, Bersedih boleh, namun jangan larut dalam kesedihan tersebut karena akan membuat dirimu lupa dan lalai ketentuan dari Allah SWT.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Kesedihan Hati Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel