SEVA Tempat Mobil Online Terpercaya, Jual Beli Aman Bebas Penipuan

SEVA Tempat Mobil Online, Jual Beli Aman Terhindari Dari Penipuan merupakan sebuah platform jual beli mobil bekas online ataupun baru yang ...

Cara Menghilangkan Najis Jilatan Anjing

Apakah Anda pernah tidak sengaja tersentuh badan anjing, bahkan bulunya ikut nempel di celana?. Atau dengan santainya tiduran bareng dengan anjing dan membuat baju Anda kena jilatan anjing?. Sebagai seorang Muslim, kita dilarang untuk melakukan kontak langsung dengan hewan berbulu yang satu ini. Begitu juga dengan kasus anjing masuk masjid yang sedang viral sekarang ini. Dalam video tersebut, si anjing berlarian kemana-mana dan menyentuh kaki salah seorang jemaah masjid. 
Cara Menghilangkan Najis Jilatan Anjing

Rasulullah SAW dalam sebuah hadist menyatakan, kalau seluruh bagian tubuh anjing adalah haram, tidak ada pengecualian. Dengan begitu, kalau pakaian Anda kena jilatan atau sebatas tubuh anjing, bagaimana membersihkannya?. 

Dalam beberapa sumber, dijelaskan kalau sisa makan dan air liur anjing hukumnya najis. Diwajibkan untuk semua Muslim untuk menyuci pakaian atau perabotan makan yang dijilat anjing. Sunnah Nabi menjelaskan tata cara membersihkan bekas jilatan anjing. 

Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadist dari Abu Hurairah radiallahu'anha dari Rasulullah SAW, "Jika seekor anjing minum dari bejana kalian, maka buanglah isinya lalu cuci bejana tersebut sebanyak tujuh kali." 

Imam Muslim menambahkan, "Basuhan pertama dengan tanah." (HR. Al Bukhari dan Muslim). 

Hadist tersebut merupakan dalil yang jelas wajib mencuci bejana yang dijilat anjing. Para ulama tidak membedakan antara bejana dengan benda lainnya. Al-Iraqi berkata, "Rasulullah menyebut bejana secara khusus karena itulah alat perabotan yang biasa dijilat anjing." 

Jadi, wajib hukumnya mencuci bejana atau pakaian yang dijilat anjing sebanyak tujuh kali, satu kali di antaranya dengan tanah. Itu merupakan pendapat Abdullah bin Abbas, Abu Hurairah ra, Muhammad bin Siriin, Thawus, Al-Auza'i, Asy-Syafi'f, Ahmad, Abu Tsaur, dan lainnya. 

Lalu, kalau pertama dengan tanah, bagaimana selanjutnya? 

Bilasan terakhir tidak harus dengan tanah. Oleh sebab itu, perkara yang dipermasalahkan terkait najis anjing di pakaian, tetap harus dibersihkan. Sebab, bisa saja dicuci dengan air setelah digosok dengan tanah. Setelah dikeringkan dan disetrika tentu akan kembali bersih seperti seperti semula. 

Semoga ulasan diatas dapat memberi manfaat dan inspirasi dalam menangani jika terkena najis dari anjing ini, sehingga kita bisa menjalankan ibadah dan tidak ada alasan untuk tidak ibadah kepada Allah SWT hanya karena terkena najis dari anjing ini, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Najis Jilatan Anjing "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel