Di PHK Karena Covid-19, Amalkan Doa Ini agar Diberi Kemudahan

Indonesia hingga saat ini masih terdampar dalam Wabah Covid-19. Dalam keadaan ini, tak dapat dipungkiri, Belakangan ini marak aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh berbagai perusahaan imbas pandemi virus corona (Covid-19). Jumlah angka pengangguran pun melonjak tajam pasca-banyaknya orang kehilangan pekerjaannya. 
Di PHK Karena Covid-19, Amalkan Doa Ini agar Diberi Kemudahan

Bagi mereka yang jadi korban PHK pun harus ekstra keras memutar otak untuk mencari pekerjaan baru. Sebagai muslim, berikhtiar secara maksimal memang wajib dilakukan. Namun, selain mengoptimalkan usaha, ada baiknya disertai banyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar segera mendapat pekerjaan baru. 

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, jika seorang muslim mengalami kondisi seperti itu, maka dianjurkan memperbanyak berdoa kepada Allah SWT disertai juga dengan amalan sunah lainnya, salah satuya adalah Sholat Dhuha agar dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT. 

Adapun doa yang dianjurkan untuk rajin dibaca agar mudah mendapat pekerjaan yaitu: 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 


Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih." (Lihat Syaikh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain (Beirut, Darul Kutub Al Ilmiyyah: 2002M/1422H, cetakan pertama, halaman 104). 

Kemudian doa lainnya yakni supaya dilancarkan dalam berikhtiar, khususnya ketika mencari pekerjaan. Ini doa Nabi Musa AS sebelum mendatangi Firaun, Berikut doanya : 

رب زدنى علما وارزقنى فهما واحلل عقدة من لسانى يفقهوا قولى 


Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku," (QS Thoha: 25–28). 

Semoga ulasan diatas dapat memberi manfaat dan semoga juga wabah ini segera berakhir dan bisa kembali normal seperti biasanya dan kita bisa menjalankan aktivitas dengan baik lagi, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Di PHK Karena Covid-19, Amalkan Doa Ini agar Diberi Kemudahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel