Kenapa Sulit Khusyuk saat Sholat?, Ini Penyebabnya

Sholat merupakan rukun iman dalam islam yang kedua. Setiap muslim tentu wajib mengejarkan rukun Islam yang kedua ini karena merupakan pokok utama dalam islam. Salat wajib tersebut terdiri dari 5 waktu yaitu Salat Subuh, Salat Dzuhur, Salat Ashar, Salat Maghrib, dan Salat Isya. 

Kenapa Sulit Khusyuk saat Sholat?, Ini Penyebabnya
Perintah mendirikan sholat ini tentunya tertulis dalam Al-Qur’an, Salah satunya Perintah untuk sholat dalam Al-Qur'an Adalah surat Al-Isra ayat 78 yang berbunyi : 

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا 


Artinya : "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78). 

Dalam mengerjakannya, Mungkin sering dari kita ketika menjalankan ibadah sholat, lupa atau bingung sudah sampai mana atau rakaat keberapa, karena sulit fokus dan menikmati. Bahkan ada yang sholat buru-buru, ingin cepat-cepat selesai. Kenapa sulit bersikap khusyuk saat sholat?. Berikut penjelasannya : 

Menurut KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, khusyuk susah dihadirkan dalam sholat jika tidak ada tekat dari awal. 

“Katanya orang mau khusyuk itu dari awal mau sholat memang sudah mau khusyuk. Masalahnya tidak semua orang mau sholat tuh mau khusyuk, ada yang mau sholat aja,” kata Aa Gym dalam sebuah video ceramahnya diunggah ke media social. 

“Tanya ke hati masing-masing apakah ada yang datang sholat dengan niat khusyuk? Tidak banyak, niatnya mah niat sholat aja tidak niat sholat khusyuk.” 

Karena memang untuk sebagian orang tidak akan merasa bersalah ketika sholatnya tidak khusyuk, karena memang dari awal hanya meniatkan sholat saja. Seharusnya adalah kita meniatkan sholat dengan khusyuk. Sholat yang akan diterima tentunya adalah sholat yang khusyuk. 

“Sholat itu ada dua jenis, ada yang sah ada yang terima. Banyak yang sholatnya sah, tapi belum tentu diterima. Karena syaratnya tuh selain sah juga khusyuk,” ujar Aa Gym. 

Orang yang khusyuk sholatnya bisa dilihat dari persiapannya, seperti wudhu dan kesiapan waktunya serta tempatnya. 

Kemudian, ilmu sholat atau bacaan juga perlu diperhatikan. Bacaan yang benar juga termasuk syarat agar sholat khusyuk. Adapun satu ciri jika orang itu khusyuk dalam sholatnya yaitu, “tumaninah” atau tenang. Jika sudah tergesa-gesa, akan susah dan jadinya tidak khusyuk. 

Nah itulah penjelasan tentang kenapa kita terkadang sulit untuk khusyuk dalam menjalankan sholat dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga penjelasan diatas dapat memberi kita motivasi dan inspirasi agar dapat menjalankan sholat dengan baik dan diterima oleh Allah SWT sebagai amal soleh kita dan menjadikan kita termasuk orang-orang yang beruntung yang akan berada di surga-Nya kelak Bersama orang-orang soleh dan tentunya Bersama baginda Rasulullah SAW, Amin.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Sulit Khusyuk saat Sholat?, Ini Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel