Jangan Bersedih, Walaupun Banyak Dosa, Ingatlah Rahmat Allah SWT Itu Sangat Luas

Setiap kita yang lahir ke dunia ini tentunya ingin menjadi manusia yang berbakti kepada sang pencipta, namun karena suatu sebab, kita menjadi manusia yang mendurhakainya, melalaikannya, dan segala hal yang membuat kita menjadi orang yang berdosa. 

Jangan Bersedih, Walaupun Banyak Dosa, Ingatlah Rahmat Allah SWT Itu Sangat Luas

Apalagi bagi seorang muslim, tentunya kita tak luput dari perbuatan dosa, baik yang kita sengala maupun yang tidak kita sadari, perbuatan tersebut telah menambah pundi dosa kita dihadapan Allah SWT. Kita begitu sering melakukan kehilafaan yang membuat catatan amal buruk kita deras mengalir dan tentunya berdampak pada kehidupan kita, dimana kita akan merasa gelisah gulana karena dosa yang kita perbuat tersebut. 

Setiap manusia pasti punya salah dan dosa. Tidak ada yang luput dari kesalahan. Karenanya, Allah menyediakan sarana untuk minta ampun atas kesalahan dan dosa yang pernah dibuat. Betapa pun besar dosa yang dilakukan, kita harus selalu ingat, Allah Maha Pengampun. Rahmat Allah SWT lebih luas dari Murka-Nya. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

لَمَّا قَضَى اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ فِي كِتَابٍ فَهُوَ عِنْدَهُ فَوْقَ الْعَرْشِ إِنَّ رَحْمَتِي غَلَبَتْ غَضَبِي 


Artinya:“Ketika Allah menetapkan taqdir semua makhluk, maka Allah menulis dalam sebuah kitab yang ada di sisi-Nya di atas ‘Arsy, yaitu, sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan murka-Ku.” (HR: Ahmad) 

Hadis di atas menjelaskan bahwa rahmat Allah SWT lebih dahulu ada dan lebih luas daripada murka-Nya. Hal itu disebabkan rahmat Allah SWT adalah sifat yang sudah melekat pada diri-Nya (sifat dzatiyyah) dan diberikan kepada makhluk-Nya. 

Kerana luasnya rahmat Allah SWT yang diberikan kepada kita terkadang kita lupa bahwa itu merupakan rahmat-Nya, bahkan salah satu bentuk luasnya rahmat Allah adalah luasnya ampunan Allah bagi para hamba-Nya yang pernah melakukan kemaksiatan, selama hamba tersebut mau bertaubat maka Allah akan mengampuninya. 

Setelah mengetahui betapa luasnya rahmat Allah, maka seharusnya kita lebih bersemangat lagi untuk menggapai keridhaan-Nya dan jangan sampai berputus asa dari rahmat-Nya. Sikap putus asa dari rahmat Allah inilah yang Allah sifatkan kepada orang-orang kafir dan orang-orang yang sesat, yang mana tidak sepantasnya orang beriman memiliki sifat tersebut. 

Semoga ulasan diatas dapat memberikan kita semua wawasan agar kita selalu berlindung kepada AllahSWT. Seberat apapun dosa yang pernah kita perbuat, Ingatlah kepada Allah SWT untuk segera bertaubat, karena hanya Allah SWT tempat kita berserah diri dan kembali nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Bersedih, Walaupun Banyak Dosa, Ingatlah Rahmat Allah SWT Itu Sangat Luas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel