SEVA Tempat Mobil Online Terpercaya, Jual Beli Mobil Aman Bebas Penipuan

SEVA Tempat Mobil Online  merupakan sebuah website  jual beli mobil bekas  maupun baru online yang dikelolah oleh perusahaan otomotif ternam...

Hati-Hati Dalam Memuji Orang Lain, Ini Alasannya Dalam Islam

Dalam kehidupan sehari-hari diatas dunia ini, tentunya kita semua pernah melakukan dan juga pernah mendapatkan pujian dari orang lain baik dalam hal ibadah, perbuatan dan lain sebagainya. Namun perlu kita sadari, tak semua pujian yang kita ucapakan, tak semua pujian yang kita dapatkan akan berdampak baik bagi diri kita dan juga orang lain yang kita puji tersebut. 

Hati-Hati Dalam Memuji Orang Lain, Ini Alasannya Dalam Islam


Tentunya sebagian orang mungkin berharap mendapat pujian (komentar baik) mengenai dirinya. Padahal pujian sering kali menipu, bahkan bisa memunculkan keburukan bagi orang yang dipuji. Apalagi jika kita memuji di hadapannya, walaupun sebenarnya dia memang pantas menerimanya. 

Di antara keburukan itu adalah muncul rasa takabbur (sombong) dalam dirinya, hilangnya keikhlasan dari hatinya, atau besar kemungkinan akan terperdaya oleh kehebatannya sendiri. Dalam hadis riwayat al-Bukhari dijelaskan: 

عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ سَمِعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُثْنِي عَلَى رَجُلٍ وَيُطْرِيهِ فِي الْمِدْحَةِ فَقَالَ أَهْلَكْتُمْ أَوْ قَطَعْتُمْ ظَهْرَ الرَّجُلِ 


Artinya :“Abu Musa berkata bahwa Rasulullah SAW pernah mendengar seseorang memuji orang lain secara berlebihan, lalu beliau bersabda, “Kalian telah binasa, atau kalian memutuskan punggung seseorang.” (HR: Bukhari) 

Berhati-hatilah dengan pujian, Karena hakikat manusia adalah lemah. Sering kali pujian juga membuat orang melupakan hakikat dirinya yang sebenarnya. Banyak orang memuji, bukan berarti apa yang ada pada diri kita adalah sama persis seperti apa yang dipuji oleh banyak orang. 

Dalam hadis di atas dijelaskan bahwa, bahaya yang mengancam bagi orang yang memuji secara berlebihan seperti halnya “memutus punggung seseorang”. 

Oleh karena itu, sebaiknya memuji manusia jangan berlebihan jika memang dihadapannya, atau lebih baiknya jangan memuji seseorang dihadapannya, karena hal tersebut akan menimbulkan hal yang buruk pada diri kita dan juga untuk orang yang dipuji atau memuji tersebut. 

Semoga kita sebagai umat muslim sewajarnya saja dalam memberi pujian kepada orang lain karena jika berlebihan akan menjadi hal yang buruk kepada diri kita dan juga orang yang kita puji tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati Dalam Memuji Orang Lain, Ini Alasannya Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel