Inilah Amalan Pertama Yang Akan Dihisab di Hari Kiamat

Umat Muslimin ketika masih berada di dunia wajib memperbanyak amal salih. Sebab, amalan tersebut akan menjadi penolong ketika hari kiamat ke...

Muslimah Yang Selalu Dirindukan Oleh Surga Allah SWT

Pada zaman sekarang pergaulan bebas telah merajalela. Maka khususnya kaum muslimah, hendaknya harus bisa membentangi diri dengan iman dan takwa. Dengan begitu muslimah tidak akan terjerumus pada jalan yang sesat. Agar bisa menjaga ketaatan, para perempuan harus mengutamakan iman dalam kehidupan sehari-hari. 

Muslimah Yang Selalu Dirindukan Oleh Surga Allah SWT

Pada era saat ini, Perlu kita ketahui juga, tentunya kita sering melihat kaum wanita yang ada di sosmed yang mengumbar aurat mereka tanpa peduli dosa yang telah mereka perbuat. Hal ini tentunya mencerminkan masih lemahnya iman dan taqwa mereka kepada Allah SWT. 

Dalam hal ini tentunya mereka belum sepenuhnya meyakini rukun iman dan mengamalkan rukun Islam. Apabila agama seseorang baik maka Insya Allah akhlaknya juga baik. Selain itu, manfaat beriman kepada Allah SWT juga bisa membuat hati jadi tenang. Perempuan yang mulia dalam islam adalah perempuan muslimah yang saleha. 

Allah Ta'ala berfirman : 

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا 


Artinya : “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keadaannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu`, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yag banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35). 

Karakteristik perempuan berbeda dari laki-laki dalam beberapa hukum misalnya aurat perempuan berbeda dari aurat laki-laki. Perempuan memiliki kedudukan yang sangat agung dalam islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang perempuan. 

Perempuan muslimah tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi haruslah perempuan muslimah yang saleha karena banyak perempuan muslimah yang tidak saleha. Allah SWT sangat memuji wanita muslimah, mu’minah yang sabar dan khusyu’. Bahkan Allah SWT mensifati mereka sebagai para pemelihara yang taat. Allah SWT berfirman : 

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَآ أَنفَقُوا۟ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ ۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُ ۚ وَٱلَّٰتِى تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهْجُرُوهُنَّ فِى ٱلْمَضَاجِعِ وَٱضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا۟ عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا 


Artinya : Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. An Nisa’:34) 

Perempuan saleha adalah idaman setiap orang. Harta yang paling berharga, sebaik-baik perhiasan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, artinya: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang saleha.” 

Memang ada hadis yang menyebutkan bahwa kebanyakan penduduk neraka adalah kaum perempuan. Tetapi, ada pula hadis hadis yang mengisyaratkan adanya perempuan perempuan yang dirindukan surga. Rasulullah SAW bersabda : 

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ 


Artinya :“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad) 

Rasulullah SAW juga bersabda: 

نساؤكم من أهل الجنة الودود الولود العؤود على زوجها التي إذا غضب جاءت حتى تضع يدها في يد زوجها ، و تقول : لا أذوق غمضا حتى ترضى 


Artinya :“Istri-istri kalian yang termasuk ahli surga adalah : yang penuh kasih sayang, yang melahirkan keturunan, yang kembali (bersandar) kepada suami; jika suaminya marah, ia datang kepadanya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya sembari mengatakan, ‘Aku tidak akan tidur sampai engkau meridhaiku. (HR. An-Nasa’i dan Thabrani) 

Penjelasan karakteristik perempuan yang dirindukan surga, yakni: salat merupakan rukun Islam kedua, salat juga merupakan pembeda antara orang mukmin dengan orang kafir. 

Setelah seseorang bersyahadat dan beriman, maka bukti keimanannya yang pertama adalah menjalankan salat. Selain itu, salat juga merupakan amal pertama yang akan dihisab di akhirat kelak, jika shalat seseorang baik, insya Allah amal yang lain baik, jika salat seseorang buruk, maka tak berguna amal lainnya. 

Perempuan muslimah juga diwajibkan puasa di bulan Ramadhan adalah rukun Islam ketiga. Ia wajib ditunaikan oleh setiap muslimah yang telah baligh. Jika di bulan Ramadhan seorang muslimah berhalangan puasa karena haid, ia wajib menggantinya di bulan lainnya. 

Zina merupakan dosa besar yang sangat keji, karenanya jika larangan lain tidak diperbolehkan, larangan zina bukan hanya sekedar melarang zina tetapi juga melarang mendekati zina, misalnya pacaran, ikhtilath, atau menggoda lawan jenis yang bukan suaminya. 

Suami dalam Islam, adalah pemimpin atas istrinya, ia wajib ditaati sepanjang tidak dalam rangka bermaksiat kepada Allah SWT. 

Perempuan seyogyanya memiliki kasih sayang yang melimpah untuk suami dan anak-anaknya, dengan kasih sayangnya, ia menguatkan suami untuk berbakti kepada Rabbnya. Dengan kasih sayangnya, ia membesarkan anak anak yang akan menjadi generasi masa depan penerus risalah agama ini. 

Rasulullah membanggakan umatnya yang berjumlah banyak atas umat Nabi-Nabi sebelumnya. Karenanya istri yang melahirkan keturunan kemudian mendidiknya menjadi generasi yang saleh mendapatkan kedudukan istimewa, mereka adalah pelanjut generasi Islam sekaligus pendidiknya. 

Istri-istri yang selalu berupaya mencari keridhaan suami adalah istri-istri yang dirindukan surga, mereka tak ingin membuat suaminya marah. Digambarkan dalam hadits ini, jika suaminya marah, ia merajuk dan merayu suaminya agar kemarahannya reda, bila perlu, ia tak akan tidur sampai suami ridha kepadanya.

Belum ada Komentar untuk "Muslimah Yang Selalu Dirindukan Oleh Surga Allah SWT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel