7 Golongan Manusia Ini Diperlakukan Isitmewa Oleh Allah SWT di Akhirat Kelak

Hari kiamat, hari hancurnya semesta ini tanpa tersisa. Hari kiamat merupakan perindahan dari alam dunia kea lam abadi yaitu surge atau neraka. Hari kiamat juga merupakan hari pembalasan amal baik dan buruk yang dilakukan manusia ketika hidup dimuka bumi ini. Dan hari kiamat bukanlah sebuah cerita dongeng, namun kiamat itu pastinya akan tiba, namun kedatangan hari kiamat tersebut hanya Allah SWT yang maha mengetahuinya. Namun bocoran menurut Rasulullah SAW untuk menjadi peringatan bagi kita kaum muslim adalah akan jatuh pada hari jum’at. 

7 Golongan Manusia Ini Diperlakukan Allah SWT Dengan Spesial di Akhirat Kelak

Ketika hari kiamat datang nanti, Tentunya ada golongan yang beruntung karena amal ibadahnya, ada juga yang sengsara karena ulahnya di dunia ini tanpa berimana kepada Allah dan Rasulnya. Dan perlu di ingat bahwa ketika di akhirat kelak, ketika dikumpulkan di padang masyar, tentunya tidak ada pertolongan selain pertolongan Allah SWT. 

Nah, Berbicara mengenai pertolongan yang datangnya dari Allah SWT, Siapa saja mereka yang mendapatkannya?. Berikut 7 golongan manusia yang mendapat perlakukan spesial di akhirat kelak. Siapa saja mereka?, simak penjelasanya dibawah ini. 

Tak mungkin ada seorang pun yang mampu menghitungnya.Tak satupun mahluk yang mampu menghitung secara lengkap berapa banyak nikmat yang sudah diberikan Allah SWT). Ustaz Abdurrahman Mubarak dalam sebuah kajian dikutip dari HijrahApp menyebutkan Allah SWT berfirman: 

وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ 


Artinya : “Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Ibrahim: 34) 

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah telah menyebutkan beberapa macam nikmat Allah SWT Dia berikan kepada para hamba-Nya, yaitu: Nikmat yang telah didapatkan dan telah diakui oleh hamba-Nya; nikmat yang dinantikan dan diharapkan oleh hamba-Nya; dan nikmat yang telah didapatkan, tetapi dia tidak merasakannya. 

Jika Allah SWT hendak menyempurnakan nikmat-Nya kepada seorang hamba, Dia akan membimbing hamba tersebut untuk mengakui nikmat yang telah diperolehnya, dan memberinya taufik untuk mensyukurinya. (al-Fawaid, halaman 169) 

Salah satu di antara sekian banyak nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua adalah disatukannya hati kita di atas agama Islam, yang menjadikan kita saling bersaudara karena-Nya. 

Allah SWT berfirman: 


وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ 


Artinya : “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imran: 103) 

Allah SWT berfirman: 

وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ۚ لَوْ أَنْفَقْتَ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا مَا أَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ أَلَّفَ بَيْنَهُمْ ۚ إِنَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ 


Artinya : “Dan Dia (Allah) yang mempersatukan hati mereka (orang yang beriman). Walaupun kamu menginfakkansemua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (al-Anfal: 63) 

Persahabatan yang dijalani karena Allah SWT akan mendatangkan sekian banyak keutamaan bagi seorang muslim, di antaranya adalah : 

Persahabatan yang dibangun karena Allah dan di jalan Allah SWT, adalah ikatan iman yang terkuat. Rasulullah SAW bersabda: 

“Cinta karena Allah dan benci karena Allah adalah ikatan iman yang paling kuat.” (HR. ath-Thabarani, dinyatakan “hasan” oleh Syaikh al-Albani dalam ash-Shahihah, no. 998) 

Orang yang saling mencintai karena Allah subhanahu wa ta’ala akan mendapatkan naungan di Hari Kiamat. Rasulullah SAW menyatakan: 

“Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan, pada hari yang tidak ada satu pun naungan kecuali naungan-Nya azza wa jalla."' 

Berikut ini 7 golongan manusia yang diperlakukan spesial di akhirat karena kecintaannya kepada Allah SWT. 
  1. Pemimpin yang adil 
  2. Pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah 
  3. Seseorang yang hatinya senantiasa terikat dengan masjid 
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka bersatu dan berpisah karena-Nya 
  5. Seseorang yang diajak berzina oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, namun ia justru berkata, ‘Aku takut kepada Allah. 
  6. Seseorang yang bersedekah dan menyembunyikan sedekahnya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya. 
  7. Seseorang yang berzikir kepada Allah sendirian hingga meneteskan air mata.” (HR. al-Bukhari no. 660 dan Muslim no. 1031) 
Itulah 7 golongan yang akan mendapatkan perlakukan istimewa dari Allah SWT di hari kiamat kelak dan tentunya sangat beruntung bagi mereka karena pada saat kelak tak ada yang mampu menolonga kecuali pertolongan dari Allah SWT. Semoga kita termasuk salah satu dari 7 golongan tersebut, Amin.

Belum ada Komentar untuk "7 Golongan Manusia Ini Diperlakukan Isitmewa Oleh Allah SWT di Akhirat Kelak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel