Bahaya Pacaran Ternyata Sudah Diperingatkan Dalam Al-Quran

Dalam lingkungan saat ini muncul istilah jadian atau pacaran, yakni mengenal lawan jenis dengan suatu hubungan. Namun sebenarnya dalam syariat Islam tidak pernah diajarkan tentang jadian. Secara tegas Islam melarang pacaran atau jadian. Di dalam agama Islam, menjalin hubungan yang diajarkan adalah melalui pernikahan yang halal. Tentunya dengan usia yang cukup, memiliki pengetahuan baik, dan sudah mempunyai mata pencarian. 

Bahaya Pacaran Ternyata Sudah Diperingatkan Dalam Al-Quran

Sebagian orang menganggap pacaran membuat hubungan terasa indah. Namun bagi umat Islam hal tersebut bertolak belakang. Menjalani hubungan pacaran antar lawan jenis dianggap sekelompok orang menjadi sebuah kebahagiaan. Dalam praktiknya, pacaran menjadi sarana antar lawan jenis melakukan hal-hal yang dilarang dalam Islam. 

Islam mengharamkan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya "berdekatan" karena dapat merugi satu sama lain dan berdosa. Kemesraan yang tidak menutup kemungkinan menuju ke arah zina. Firman Allah SWT dalam QS. Al-Isra ayat 32 yang berbunyi : 

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا 


Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” 

Rasulullah SAW telah bersabda: 

“Janganlah sekali-kali antara laki-laki dan perempuan berduaan kecuali disertai oleh muhrimnya, dan seorang perempuan tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh muhrimnya.” (HR Muslim) 

Dikutip dari Ustaz Syafiq Riza Basalamah, MA melalui Channel Youtube Yufid TV menyebutkan “Jangan mendekati zina. Pacaran ini adalah sarana berzina. Seorang laki-laki bersama perempuan yang bukan muhrimnya berduaan, yang ketiganya adalah setan.” 

Kuatnya dalil tentang larangan pacaran bagi umat Islam, menjadi acuan untuk menjauhi larangan-Nya. Bagi syariat Islam, banyak godaan yang akan didapat dari perbuatan zina melalui berpacaran. 

Sementara jika belum mampu menikah, diajarkan untuk menjalankan puasa dalam rangka menahan diri dari hawa nafsu. Inilah yang diberitahukan Nabi Muhammad SAW. 

Nabi SAW bersabda: 

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ 


Artinya: "Wahai para pemuda, barangsiapa yang sudah sanggup menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya." (HR Bukhari dan Muslim) 

Fokus kita tidak hanya ke persoalan yang biologis, maka biarkan saja rasa itu berlalu. Fokuslah pada hal-hal yang positif yang harus dilakukan di sekolah maupun di kampus. Janganlah kamu menuruti keinginan tersebut, apalagi sampai fokus ke hal-hal tersebut.

1 Komentar untuk "Bahaya Pacaran Ternyata Sudah Diperingatkan Dalam Al-Quran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel