Inilah Amalan Pertama Yang Akan Dihisab di Hari Kiamat

Umat Muslimin ketika masih berada di dunia wajib memperbanyak amal salih. Sebab, amalan tersebut akan menjadi penolong ketika hari kiamat ke...

Benarkah Kiamat Akan Terjadi Hari Jumat?, Ini Penjelasan Rasulullah SAW

Hari Jumat memiliki makna penting dalam Islam. Pada hari itu juga ada kejadian-kejadian besar, salah satunya adalah terjadinya kiamat. Allah swt tidak merahasiakan terjadinya kiamat secara mutlak. Namun, Allah SWT sudah memberikan peringatan dalam Al-Qur’an. Begitu juga peringatan yang Rasulullah SAW sampaikan. 

Benarkah Kiamat Akan Terjadi Hari Jumat?, Ini Penjelasan Rasulullah SAW

Dikutip dari buku “Kiamat” oleh Mahir Ahmad Ash-Syufiy, dari terbitan Tiga Serangkai : “Dan manusia bertanya kepadmu (Muhammad) tentang hari kiamat. Katakanlah, ‘Ilmu tentang hari kiamat itu hanya di sisi Allah’. Dan tahukah engkau, boleh jadi hari kiamat sudah dekat waktunya.” (Q.S Al-Ahzab:63) 

Ayat pada Surah Al-Ma’arij berikut ini akan menjelaskan lebih tegas tentang datangnya hari kiamat yang makin dekat. Allah SWT berfirman : 

فَٱصْبِرْ صَبْرًا جَمِيلً 
اِنَّهُمۡ يَرَوۡنَهٗ بَعِيۡدًا ۙ‏ 
وَنَرَاهُ قَرِيبًا 


Artinya : “Maka bersabarlah engkau (Muhammad) dengan kesabaran yang baik. Mereka memandang (azab) itu jauh (mustahil). Sedangkan Kami memandangnya dekat (pasti terjadi).” (QS. Al-Ma’arij: 5-7) 

Ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa waktu kedatangan kiamat makin dekat, mungkin lebih dekat dari yang dibayangkan karena Allah SWT yang mengetahuinya. Namun, kepastian pada tahun berapa, abad ke berapa, kiamat akan terjadi, tidak ada yang mengetahui hanya merupakan isyarat bahwa kiamat makin dekat. Dan, kiamat tidak akan terjadi, kecuali setelah tanda-tanda tersebut terbukti adanya. 

Rasulullah SAW, menjelaskan bahwa kiamat terjadi pada hari Jumat, tetapi Jumat kapan? Hanya Allah yang mengetahui. Itu merupakan pertanda bahwa hari Jumat merupakan hari mulia di sisi Allah. 

Bahkan Dia menjadikan salah satu surah Al-Qur’an yakni Surah Al-Jumu’ah. Allah SWT memberikan pahala yang besar bagi orang-orang yang beribadah pada hari Jumat, juga pahala yang berlipat ganda bagi orang-orang yang menghadiri Sholat Jumat. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Hari terbaik adalah hari Jumat karena pada hari tersebut Adam diciptakan, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga, dan kiamat hanya terjadi pada hari Jumat.” (HR Muslim) 

Diriwayatkan dari ‘ Aus bin ‘Aus r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Hari yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari tersebut Adam diciptakan, dicabut nyawanya, ditiup sangkakala, dan terjadi kiamat. Maka, banyaklah bersholawat kepadaku karena sholawat kalian disampingkan kepadaku.” (HR Abu Daud, Nasa’I, dan Ibnu Majah) 

Kiamat terjadi pada hari Jumat maka semua makhluk menanti hari kiamat tersebt tiap hari Jumat, kecuali manusia dan jin. Diriwayatkan dari Abu Hruairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, 

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jumat karena pada hari tersebut Adam diciptakan, diturunkan, dan diterima tobatnya. Pada hari itu pula, dia meninggal dunia, dan kiamat pun akan terjadi pada hari Jumat. Semua makhluk menanti setiap pagi hingga matahari terbit Kembali pada hari Jumat karena khawatir terjadi kiamat, kecuali manusia dan jin.” (HR Turmudzi, Ahmad, Nasa’I, dan Malik)

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Kiamat Akan Terjadi Hari Jumat?, Ini Penjelasan Rasulullah SAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel