Jika Murtad Ingin Memeluk Agama Islam Kembali, Bisakah?

Murtad menjadi sebuah tindakan yang sangat berdosa. Lantas bagaimana seorang yang murtad namun ingin masuk Islam kembali ?. Islam merupakan agama yang paling di ridhai Allah SWT. Orang yang keluar dari agama Allah (murtad) merupakan orang-orang yang merugi dan akan mendapat ganjarannya di akhirat kelak. 
Jika Murtad Ingin Memeluk Agama Islam Kembali, Bisakah?

Firman Allah dalam QS. Al-Baqoroh ayat 217 yang artinya: 


يَسۡـــَٔلُوۡنَكَ عَنِ الشَّهۡرِ الۡحَـرَامِ قِتَالٍ فِيۡهِ‌ؕ قُلۡ قِتَالٌ فِيۡهِ كَبِيۡرٌ ‌ؕ وَصَدٌّ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَ کُفۡرٌ ۢ بِهٖ وَالۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِ وَاِخۡرَاجُ اَهۡلِهٖ مِنۡهُ اَكۡبَرُ عِنۡدَ اللّٰهِ ‌‌ۚ وَالۡفِتۡنَةُ اَکۡبَرُ مِنَ الۡقَتۡلِ‌ؕ وَلَا يَزَالُوۡنَ يُقَاتِلُوۡنَكُمۡ حَتّٰى يَرُدُّوۡكُمۡ عَنۡ دِيۡـنِکُمۡ اِنِ اسۡتَطَاعُوۡا ‌ؕ وَمَنۡ يَّرۡتَدِدۡ مِنۡكُمۡ عَنۡ دِيۡـنِهٖ فَيَمُتۡ وَهُوَ کَافِرٌ فَاُولٰٓٮِٕكَ حَبِطَتۡ اَعۡمَالُهُمۡ فِى الدُّنۡيَا وَالۡاٰخِرَةِ ‌‌ۚ وَاُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ النَّارِ‌‌ۚ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ 


Artinya : Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, "Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidilharam, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup. Barangsiapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."Murtad yang sangat dilarang dalam Islam. Segala amalan selama menjadi seorang Muslim yang dikumpulkannya selama diberi kesempatan hidup di dunia menjadi sia-sia. (QS. Al-Baqoroh : 217) 

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

”Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi Laa ilaaha illallah dan bahwa aku utusan Allah, kecuali karena tiga hal: nyawa dibalas nyawa, orang yang berzina setelah menikah, dan orang yang meninggalkan agamanya, memisahkan diri dari jamaah kaum Muslimin.” (HR. Bukhari 6878, Muslim 1676, Nasai 4016, dan yang lainnya). 

Kalau ada seseorang murtad, ketika mau masuk Islam lagi maka dia harus mengulangi mengucapkan syahadatnya. Ini pelajaran terpenting untuk mempedulikan orang-orang yang hijrah di agama Allah SWT. 

Ustaz Syafiq Riza Basalamah menegaskan "Katakan Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah, perlu mengulangi hal itu untuk menunjukkan masuk ke dalam Islam. Didampingi orang itu (yang baru mualaf lagi), agar bisa bertobat kepada Allah SWT atas apa yang pernah dilakukan sebelumnya," ujarnya dalam Channel Youtube Syafiq Riza Basalamah Official. 

Orang yang murtad dan kembali memeluk agama Islam, masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk memperbaiki dirinya dari segala dosa-dosa yang telah menariknya ke dunia fatamorgana. Kewajiban orang-orang yang beriman ialah melakukan segala perintah-Nya untuk kehidupan kekal di akhirat. 

Itulah penjelasan mengenai mereka yang myrtad dari agama islam dan ingin kembali lagi ke islam. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan semoga menjadi inspirasi bagi kita semuanya agar tetap istiqomah dalam jalan Allah SWT, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jika Murtad Ingin Memeluk Agama Islam Kembali, Bisakah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel