Inilah Orang-Orang yang Akan Masuk Surga Tanpa Di Hisab

Dalam hadits yang masyhur disebutkan bahwa ada 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. Apakah mereka hanya berjumlah 70.0...

Istri dan Anak Tak Sholat, Apakah Suami Ikut Berdosa?, Ini Penjelasannya

Dalam berkeluarga tentunya suami merupakan kepala rumah tangga yang akan menjadi pemimpin dan bertanggungjawab untuk istri dan anak-anaknya. Nah, Jika dalam menjalani tugasnya sebagai rumah tanggah, Jika Istri dan anak-anaknya tak sholat lima waktu, lantas apakah sang suami juga ikut menanggung dosa mengingat sholat adalah perkara yang sangat penting dan wajib yang harus ditunaikan?.

Istri dan Anak Tak Sholat, Apakah Suami Ikut Berdosa?, Ini Penjelasannya

Tentunya sebagai umat muslim yang berimana pastinya mengetahui jika sholat adalah rukun Islam kedua setelah syahadat. Saking pentingnya, sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat.

Dikutip dari Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia, Ustaz Farid Nu'man Hasan dalam kajiannya mencoba menjelaskan bahwa Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim: 6)

Ustaz Farid Nu'man mengatakan, menjaga keimanan keluarga kita, orang tua, istri dan anak-anak adalah kewajiban seorang laki-laki sekaligus sebagai seorang suami. Dan di antara kewajibannya adalah mengingatkan keluarganya agar senantiasa menjaga shalat yang difardhukan.

Allah SWT berfirman:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ


Artinya : "Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya." (QS. Thaha: 132)

Membina anggota keluarga adalah tanggung jawab seorang suami atau kepala keluarga. Di pundaknya terdapat tanggung jawab untuk memastikan seluruh anggota keluarganya beriman kepada Allah SWT. Namun hidayah tetap menjadi hak-NYA.

Jadi, Jika sang suami sudah berusaha semaksimal mungkin, namun istri dan anak-anaknya tetap tidak sadar dan tetap tidak menjalankan perintah sholat tersebut, maka tanggungjawabnya selesai karena hati manusia hanya Allah SWT yang bisa membolak balikannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT serta selamat dunia dan akhirat, amin.

Belum ada Komentar untuk "Istri dan Anak Tak Sholat, Apakah Suami Ikut Berdosa?, Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel