Inilah Orang-Orang yang Akan Masuk Surga Tanpa Di Hisab

Dalam hadits yang masyhur disebutkan bahwa ada 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. Apakah mereka hanya berjumlah 70.0...

Perdagangan Online Marak, Benarkah Ada Hubungannya Dengan Datangnya Kiamat?

Ada yang berpendapat maraknya perdagangan online atau perdagangan dalam jaringan (daring) alias e-commerce sebagai salah satu tanda bahwa kiamat makin mendekat . Lalu, apa hubungannya?. Pendapat ini disandarkan pada sebuah hadis yang menyebut di antara tanda-tanda kiamat adalah maraknya perdagangan, dan penyebarannya di tengah-tengah manusia, sehingga kaum wanita ikut bergabung di dalamnya bersama kaum pria.

Perdagangan Online Marak, Benarkah Ada Hubungannya Dengan Datangnya Kiamat?

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan al-Hakim dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda:

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ تَسْلِيمَ الْخَاصَّةِ، وَفُشُوَّ التِّجَارَةِ، حَتَّى تُشَارِكَ الْمَرْأَةُ زَوْجَهَا عَلَى التِّجَارَةِ.


Artinya :“Menjelang tibanya hari kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan banyaknya perdagangan hingga seorang wanita membantu suaminya dalam berdagang.” (Musnad Ahmad (V/333). Syarah Ahmad Syakir, beliau berkata, “Sanadnya shahih” dan Mustadrak al-Hakim (IV/45-446).

Selanjutnya An-Nasa-i meriwayatkan dari ‘Amr bin Taghlib Radhiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَفْشُوَ الْمَالُ وَيَكْثُرَ وَتَفْشُوَ التِّجَارَةُ.


Artinya :‘Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah melimpah ruahnya harta dan banyaknya perdagangan.” (Sunan an-Nasa-i (VII/244, Syarh as-Suyuthi).

Hadits ini dari riwayat oleh al-Hasan dari ‘Amr bin Taghlib, sementara al-Hasan seorang mudallis, dan beliau meriwayatkannya secara ‘An’anah dalam hadits ini, akan tetapi beliau meriwayatkan dengan jelas dari ‘Amr bin Taghlib pada riwayat Imam Ahmad.

Lihat Musnad Ahmad (V/69, dengan catatan pinggir Muntakhab Kanz), dan lihat Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah, karya Syaikh al-Albani (II/251-252).

Dalam Kitab Asyraathus Saa’ah karya Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil dijelaskan hal ini telah terjadi, perdagangan menjadi banyak dan wanita ikut serta di dalamnya, sehingga banyak manusia yang terfitnah untuk mengumpulkan harta, bahkan berlomba-lomba mendapatkannya.

Penghasilan Sendiri

Terkait dengan hadis tersebut, keterlibatan perempuan dalam bisnis online rupanya diterjemahkan sebagai penyebab tanda-tanda kiamat kian mendekat.

Adalah realitas, dengan perkembangan teknologi, semakin banyak wanita yang bisa mendapat penghasilan sendiri melalui website atau e-commerce. Wanita menjadi lebih mandiri secara finansial karena bisa mendapatkan uang dari rumah.

Khusus perempuan Indonesia, MarkPlus melakukan sebuah riset pada Februari 2019 yang mengambil jawaban dari 1.200 responden wanita dari 17 provinsi di Indonesia. Riset tersebut menunjukkan sekitar 93% wanita Indonesia ingin memiliki penghasilan sendiri.

Ternyata, e-commerce memiliki peran besar dalam pemberdayaan wanita Indonesia. Asal tahu saja, di Indonesia, perempuan identik dengan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dari 58 juta UMKM, 60% di antaranya adalah kontribusi kaum hawa.

Perlombaan dan Persaingan

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa beliau tidak takut terhadap kefakiran yang menimpa umat ini, akan tetapi beliau takut ketika dunia dibentangkan kepada mereka hingga terjadi perlombaan di antara mereka (untuk mendapatkannya).

Dijelaskan dalam hadis bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاللهِ مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ، وَلَكِنِّي أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا كَمَا بُسِطَتْ عَلَـى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ.


Artinya :“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang lebih aku takutkan menimpa kalian, akan tetapi yang aku takutkan atas kalian jika dunia dibentangkan kepada kalian sebagaimana telah dibentangkan kepada orang-orang sebelum kalian, sehingga kalian berlomba-lomba sebagaimana mereka berlomba-lomba, dan (dunia) menghancurkan kalian sebagaimana(dunia) telah menghancurkan mereka.” (Shahiih al-Bukhari, kitab al-Jizyah wal Muwaada’ah bab al-Jizyah wal Muwaada’ah ma’a Ahlidz Dzimmah wal Harb (VI/257-258, al-Fat-h), dan Shahiih Muslim, kitab az-Zuhd (XVIII/95, Syarh an-Nawawi).

Dalam riwayat Muslim:

وَتُلْهِيْكُمْ كَمَا أَلْهَتْهُمْ.


Artinya :“Dan (dunia) melalaikan kalian sebagaimana telah melalaikan mereka.” (Shahiih Muslim, kitab az-Zuhd (XVIII/96, Syarh an-Nawawi).

Belum ada Komentar untuk "Perdagangan Online Marak, Benarkah Ada Hubungannya Dengan Datangnya Kiamat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel