Inilah Amalan Pertama Yang Akan Dihisab di Hari Kiamat

Umat Muslimin ketika masih berada di dunia wajib memperbanyak amal salih. Sebab, amalan tersebut akan menjadi penolong ketika hari kiamat ke...

Apakah Rambut Rasulullah SAW Beruban Seperti Umatnya?

Semakin tua umur seorang, rambut di kepala juga semakin memutih. Rambut memutih atau beruban kerapkali dijadikan sebagai pengingat umur. Kalau sudah banyak uban, artinya umur semakin tua, pintu kematian pun semakin dekat. Walaupun dalam beberapa kasus, orang usia muda pun ada juga yang tumbuh uban di rambutnya.

Apakah Rambut Rasulullah SAW Beruban Seperti Umatnya?

Mungkin kita ada yang bertanya, apakah Rasulullah juga punya uban? Hal ini menjadi bahan kusus dalam kitab Syamail Muhammadiyah karya Imam al-Tirmidzi. Dalam kitab itu, Imam al-Tirmidzi mengutip beberapa hadis yang berkaitan dengan rambut Rasulullah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan:

لم يختضب رسول الله صلى الله عليه وسلم إنما كان البياض في عنفقته وفي الصدغين وفي الرأس نبذ


“Rasulullah tidak pernah menyimir rambutnya, karena uban di comek, pelipis, dan kepala Rasulullah sangat sedikit”

Qadatah pernah bertanya kepada Anas bin Malik, apakah Rasulullah pernah menyimir rambut? Anas Bin Malik menjawab:

لم يبلغ ذلك، إنما كان شيبا في صدغيه، ولكن أبو بكر رضي الله عنه خضب بالحناء والكتم


“Rasulullah tidak menyemir rambutnya, hanya saja ada sedikit uban di pelipisnya. Tapi kalau Abu Bakar menyimir rambutnya dengan menggunakan ‘hina’ dan ‘katam’.”

Dua hadis di atas menunjukkan uban Rasulullah sangat sedikit. Ada sedikit uban yang tumbuh di rambut dan pelipis Rasulullah. Ini berbeda dengan sahabat lainnya, seperti Abu Bakar, yang menggunakan hina dan katam untuk menyimir rambutnya. Hina adalah tumbuhan yang digunakan untuk mengubah warna rambut menjadi merah. Sementara katam digunakan untuk menghitamkan rambut.

Gambaran sedikitnya rambut Rasulullah dijelaskan dalam beberapa riwayat. Ada yang menyebut uban Rasulullah sekitar 14 helai rambut, dan ada pula yang mengatakan 20 helai. Sebagaimana disebut dalam dua riwayat ini:

ما عددت في رأس رسول الله صلى الله عليه وسلم ولحيته إلا أربع عشرة شعرة بيضاء


“Tidak ada di rambut dan jenggot Rasulullah melainkan 14 helai uban”


توفاه الله وليس في رأس رسول الله صلى الله عليه وسلم ولحيته عشرون شعرة بيضاء


“Ketika Rasulullah wafat, ada sekitar 20 helai uban di rambut dan jenggot Rasulullah”

Saking sedikitnya uban di Rasulullah, uban itu tidak akan terlihat kalau Rasulullah menggunakan minyak rambut. Jabir bin Samurah menjelaskan, “Apabila Rasulullah menggunakan minyak rambut, uban beliau tidak terlihat. Tapi kalau tidak menggunakan minyak rambut, ubannya kelihatan.”

Belum ada Komentar untuk "Apakah Rambut Rasulullah SAW Beruban Seperti Umatnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel