Inilah Makna Jika Mimpi Bercerai Menurut Ulama

Pernikahan merupakan momen yang selalu ditunggu oleh setiap insan sebagai babak baru setelah masa lajang antara kedua pasangan. Namun dalam berumah tangga kadangkala jalannya tak semulus yang diduga. Pasangan yang selalu diidam-idamkan ternyata tak sesuai harapan dan berujung pada perceraian.
Inilah Makna Jika Mimpi Bercerai Menurut Ulama

Mendengar kata cerai, seseorang akan terlintas di benaknya betapa usaha keras dalam membangun rumah tangga hancur menjadi sia-sia. Agama memperbolehkan perceraian saat kedua pasangan sudah tak bisa disatukan kembali walau demikian Allah kurang menyukai perceraian.

Makna Mimpi Bercerai

Syekh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta’thirul Anam fi Ta’biril Manam menjelaskan makna mimpi perceraian.

(ﻃﻼﻕ) ﻫﻮ ﻟﻷﻋﺰﺏ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻓﺮاﻗﻪ ﻟﻤﺎ ﻫﻮ ﻋﻠﻴﻪ ﺧﻴﺮا ﺃﻭ ﺷﺮا ﻭﻃﻼﻕ اﻟﻤﺘﺰﻭﺝ ﺑﻄﻼﻥ ﻣﻌﻴﺸﺘﻪ ﺃﻭ ﻣﻮﺗﻪ ﺧﺼﻮﺻﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺮﻳﻀﺎ ﻓﺎﻟﺜﻼﺙ ﺑﺘﺎﺕ ﻻ ﺭﺟﻌﺔ ﻟﻪ ﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﻭاﻟﻮاﺣﺪ ﺭﺟﻮﻉ ﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻭ ﻳﺼﻄﻠﺢ ﻣﻊ ﻣﻌﺎﺩﻳﻪ.


Bila seseorang lajang bermimpi talak (perceraian) maka hal tersebut berarti perpisahan terhadap hal yang baik ataupun buruk bagi dirinya. Sedangkan orang yang sudah menikah bila bermimpi cerai maka maknanya kehidupannya berantakan atau bisa kematian menjemputnya lebih-lebih saat dirinya sedang sakit.

Lebih lanjut, Syekh Abdul Ghani An Nablusi menjelaskan

ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ) ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ اﺳﺘﻐﻨﻰ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﺇﻥ ﻳﺘﻔﺮﻗﺎ ﻳﻐن اﻟﻠﻪ ﻛﻼ ﻣﻦ ﺳﻌﺘﻪ


Barangsiapa yang bermimpi dirinya mencerai istrinya maka ia akan tercukupi. Hal ini seperti ayat (Al-Nisa: 130)

ﻭﺇﻥ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﺭﺟﻌﻴﺔ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺘﺮﻙ ﺣﺮﻓﺘﻪ ﻭﻋﻤﻠﻪ ﺃﻳﺎﻣﺎ ﻭﻳﻨﻮﻱ اﻟﺮﺟﻮﻉ ﺇﻟﻴﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﺑﺎﺋﻨﺔ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺘﺮﻙ ﺣﺮﻓﺘﻪ ﻭﻻ ﻳﻨﻮﻱ اﻟﺮﺟﻮﻉ ﺇﻟﻴﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﻃﻼﻕ اﻟﺴﻨﺔ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﻰ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺛﻼﺛﺔ ﻗﺮﻭء ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺘﺮﻙ اﻟﺤﺮﻓﺔ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﻐﻨﻲ ﻋﻨﻬﺎ

Jika ia mencerai talak raj’i maka ia akan melepas profesi pekerjaannya beberapa hari kemudian berniat kembali lagi. Sedangkan bila ia bermimpi mentalak bain istrinya maka ia akan kehilangan pekerjaannya dan tak bisa kembali mendapatkan pekerjaan tersebut.

(ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ)

ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻔﺎﺭﻕ ﻣﻠﻜﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻌﻪ ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻧﻪ ﻳﻌﺰﻝ ﻋﻦ ﺳﻠﻄﺎﻧﻪ ﻭاﻟﻄﻼﻕ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﻔﻘﺮ ﻷﻥ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺳﻠﻄﺎﻥ اﻟﺮﺟﻞ ﻭﺩﻧﻴﺎﻩ


Barangsiapa yang bermimpi dirinya mencerai istrinya, maka hal ini berarti ia akan berpisah dengan raja yang bersamanya. Ada juga yang mengatakan ia akan dilengserkan dari kekuasaannya. Pada dasarnya

talak berarti kefakiran karena perempuan diibaratkan sultannya suami dan kemewahannya.

ﻭﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ اﻣﺮﺃﺓ ﻣﺮﻳﻀﺔ ﻭﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﻃﻼﻕ اﻟﺒﺘﺎﺕ ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺗﻤﻮﺕ ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺇﺫا ﺑﺎﻋﻬﺎ ﺃﻭ ﺃﻋﺘﻘﻬﺎ ﻭﺇﻥ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﻃﻼﻕ اﻟﺮﺟﻌﺔ ﻳﺮﺟﻰ ﻟﻬﺎ اﻟﻌﺎﻓﻴﺔ.


Barangsiapa yang memiliki istri yang sedang sakit kemudian ia bermimpi menceraikannya dengan talak ba’in maka maknanya istrinya akan mati. Begitu juga bila suami bermimpi menjual atau memerdekakan istrinya serta dalam mimpi tersebut ia mentalak raj’i maka istrinya akan sembuh kembali.

Tafsir Mimpi Bercerai dengan pasangan menurut Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i

Hal senada juga diungkapkan oleh Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i dalam kitab Jami’ Tafsiril Ahlam menyatakan bahwa,

ﻭﺃﻣﺎ اﻟﻄﻼﻕ ﻓﻤﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺴﺘﻐﻨﻲ ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺻﺎﺣﺐ اﻟﺮﺅﻳﺎ ﺫا ﻣﻨﺼﺐ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻌﺰﻝ ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻭﻟﻴﺲ ﻣﻌﻪ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺰﻭﻝ ﻋﻦ ﺷﺮﻓﻪ ﻭﻋﺰﻩ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ اﻟﻨﺴﻮﺓ ﺃﻭ اﻟﺠﻮاﺭ ﻓﺈﻧﻪ ﻧﻘﺼﺎﻥ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ


Orang yang bermimpi mencerai istrinya maka ia sudah merasa cukup. Ada juga yang mengatakan bahwa bila orang yang bermimpi memiliki kedudukan maka ia akan terlepas dari jabatannya. Sebagian ulama berpendapat bahwa barangsiapa yang bermimpi menceraikan istrinya padahal ia tak memiliki istri lain maka kemuliaan dirinya akan hilang. Bila ia memiliki istri lain atau budak maka berarti ia akan kehilangan dari beberapa istrinya tersebut.

Secara spesifik, Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i memberikan gambaran bahwa

ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻪ اﻣﺮﺃﺓ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻗﺮﺏ ﺃﺟﻠﻪ ﻭﻗﻴﻞ ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻃﻠﻖ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻭﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻃﻼﺏ اﻵﺧﺮﺓ اﻧﻘﻄﻊ ﻋﻦ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭاﺷﺘﻐﻞ ﺑﺎﻵﺧﺮﺓ


Barangsiapa bermimpi menceraikan istrinya padahal ia tak memiliki istri maka berarti ajalnya sudah dekat. Ada yang mengatakan bahwa barangsiapa yang menceraikan istrinya padahal ia termasuk orang yang fokus dalam urusan akhirat maka ia sudah tak tergiur dunia dan lebih menyibukkan diri kepada akhirat.

Penjelasan ini bukan menakut-nakuti kita, tetapi seharusnya menjadi pelajaran berharga kepada kita supaya lebih berhati-hati dalam menjaga hubungan dengan pasangan serta mengurangi konflik yang mengarah kepada perceraian.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Makna Jika Mimpi Bercerai Menurut Ulama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel