Inilah Penjelasan Ulama Jika Bermimpi Tentang Ular

Salah satu hewan yang ditakuti banyak orang adalah ular terutama yang memiliki bisa yang mematikan. Bahkan walaupun hanya mimpi, ular tetap menakutkan. Di dalam Islam, ada beberapa hewan yang diperbolehkan untuk dibunuh karena membahayakan orang seperti ular, kalajengking dan lainnya.

Inilah Penjelasan Ulama Jika Bermimpi Tentang Ular

Allah menciptakan hewan buas atau mematikan supaya manusia mampu menggali hikmah yang terkandung di dalamnya serta menjaga diri dari gigitan maupun ancaman dari hewan tersebut.

Ada sebuah doa bila dibaca maka akan terhindar dari hewan yang berbisa seperti ular. Ini bunyi doanya:

سَلَامٌ عَلَىٰ نُوحٍ فِي الْعَالَمِين


Artinya: Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam. (As Shaffat: 79).

Imam Al Qurthubi mengutip perkataan Said bin Al Musayyab yang menjelaskan bahwa orang yang membaca doa tersebut maka akan diberikan keselamatan dari hewan berbisa seperti selamat dari sengatan ular, kalajengking

Makna dari mimpi digigit ular

Bila seseorang bermimpi ular, baik hanya melihat ataupun mimpi digigit ular, ternyata ada makna dan penjelasannya.

Menurut Syeh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitan Ta’tirul Anam fi Ta’biril Manam menjelaskan

ﺛﻌﺒﺎن ﻳﺪﻝ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺟﻞ اﻟﻮاﺩﻱ ﻭﺭﺑﻤﺎ ﺩﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﺪاﻭﺓ ﻣن اﻷﻫﻞ ﻭاﻷﺯﻭاﺝ ﻭاﻷﻭﻻﺩ ﻭﺭﺑﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺟﺎﺭا ﺣﺴﻮﺩا ﺷﺮﻳﺮ ﻭﺛﻌﺒﺎﻥ اﻟﻤﺎء ﻋﻮﻥ ﻟﻠﻈﺎﻟﻢ ﺃﻭ ﺃﻋﻼﻡ اﻟﺤﺎﻛﻢ.


Mimpi Ular merupakan petunjuk seorang pria di lembah. Hal ini mungkin menunjukkan permusuhan dari faktor keluarga, pasangan, dan anak-anak. Mungkin dia adalah tetangga yang jahat, iri. Bila bermimpi ular air maka maksudnya memberi bantuan kepada penindas atau bermakna bendera penguasa.

Bermimpi Memiliki Ular

Syekh Abu Bakar Al Ihsa’i dalam kitabnya yang berjudul Jami’ Tafsir Al Ahlam beliau berkata:

ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻣﻠﻚ ﺛﻌﺒﺎﻧﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺼﻴﺐ ﺳﻠﻄﺎﻧﺎ ﻋﻈﻴﻤﺎ


Orang yang bermimpi bahwa dia memiliki seekor ular maka dia akan diuji oleh penguasa besar.

Imam Al Munawi pernah memaparkan dalam kitabnya yang berjudul Faidhul Qadir bahwa orang yang selalu dekat dengan penguasa diibaratkan seperti sedang bermain-main dengan ular.

Dari sini, penting kiranya seseorang jangan sampai meremehkan penguasa walaupun orangnya kejam dan zalim karena dirinya akan tertimpa malapetaka.

Mimpi Alat Kelaminnya digigit Ular

Sedangkan bila seseorang bermimpi alat kelaminnya digigit ular menunjukkan hal buruk yang akan menimpanya. Lebih lanjut Syeh Abu Bakar Al Ihsa’i menjelaskan

ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﺃﻥ اﻟﺜﻌﺒﺎﻥ اﻟﺘﻘﻢ ﺫﻛﺮﻩ ﻓﺈﻥ اﻣﺮﺃﺗﻪ ﻗﺪ ﺯﻧت


Dan barangsiapa bermimpi alat kemaluannya digigit ular maka itu petunjuk istrinya telah melakukan perselingkuhan (zina).

Dari sini dapat dipahami bahwa mimpi ular selalu identik dengan hal buruk, karena pada dasarnya ular merupakan termasuk hewan yang sangat ditakuti oleh kebanyakan manusia.

Namun demikian, kita tidak perlu panik dan khawatir ketika mimpi ular. Islam mengajarkan kita untuk berdoa memohon kepada Allah ketika mengalami mimpi buruk. Dengan doa tersebut, kita berharap agar kita dibebaskan dari segala keburukan.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Penjelasan Ulama Jika Bermimpi Tentang Ular"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel