Mata Air Tasniim, Minuman Penghuni Surga Dekat dengan Allah SWT

Masuk surga Allah Subhanahu wa ta'ala yang indah dan kekal adalah cita-cita terbesar setiap Muslim. Hal ini seperti disebutkan dalam kitab suci Alquran bahwa di surga Allah Ta'ala segalanya sudah tersedia. Salah satu yang disebutkan juga yakni banyaknya mata air yang disediakan oleh Allah Azza wa jalla untuk hamba-hamba-Nya. Mata air itu mengeluarkan air yang sangat enak untuk diminum.

Mata Air Tasniim, Minuman Penghuni Surga Dekat dengan Allah SWT

كَلَّا إِنَّ كِتَابَ الْأَبْرَارِ لَفِي عِلِّيِّينَ (18) وَمَا أَدْرَاكَ مَا عِلِّيُّونَ (19) كِتَابٌ مَرْقُومٌ (20) يَشْهَدُهُ الْمُقَرَّبُونَ (21) إِنَّ الْأَبْرَارَ لَفِي نَعِيمٍ (22) عَلَى الْأَرَائِكِ يَنْظُرُونَ (23) تَعْرِفُ فِي وُجُوهِهِمْ نَضْرَةَ النَّعِيمِ (24) يُسْقَوْنَ مِنْ رَحِيقٍ مَخْتُومٍ (25) خِتَامُهُ مِسْكٌ وَفِي ذَلِكَ فَلْيَتَنَافَسِ الْمُتَنَافِسُونَ (26) وَمِزَاجُهُ مِنْ تَسْنِيمٍ (27) عَيْنًا يَشْرَبُ بِهَا الْمُقَرَّبُونَ (28)


“Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (syurga), mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang. kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan mereka yang penuh kenikmatan. mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya), laknya adalah kesturi; dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba. dan campuran khamar murni itu adalah dari tasnim, (yaitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah.” (al-Muthaffifiin: 18-28)

Menurut Ibnu Katsir, makna ayat, “Dan campurannya dari tasnim” adalah campuran khamr murni itu dari tasnim atau minuman yang disebut tasnim, yaitu sebaik-baik minuman penghuni surga. Oleh karena itu, dikatakan pada ayat berikutnya, “(yaitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah.” Atau diminum oleh orang-orang yang dekat dengan Allah swt, yaitu mereka yang termasuk dalam golongan kanan. Pendapat ini diikuti oleh Ibnu Mas’ud dan Ibnu ‘Abbas.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

فِيهِمَا عَيْنَانِ تَجْرِيَانِ


Artinya : "Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir." (QS Ar-Rahman: 50)

Salah satunya bernama Mata Air Tasmiin. Dijelaskan oleh Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA bahwa Mata Air Tasmiin adalah sumber air yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menjadi air minum bagi hamba-hamba-Nya yang dekat dengan-Nya.

"Mata Air Tasmiin, mata air orang-orang yang didekatkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Mereka para penghuni surga diberikan minum, khamar, dan campurannya dengan Tasmiin," papar Ustadz Firanda, dikutip dari kanal YouTube Yufid TV.

Ia melanjutkan, Mata Air Tasmiin adalah mata air untuk diminum oleh orang-orang yang didekatkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Lalu ada juga Mata Air Kafur yang Allah Ta'ala katakan sebagai mata airnya orang-orang baik.

"Allah mengatakan sesungguhnya orang-orang baik akan meminum air dari khamar yang campurannya air Kafur. Apa itu Kafur? Yakni, mata air yang hamba-hamba Allah Subhanahu wa ta'ala minum darinya dan mengeluarkan, mengalirkan air," pungkas Ustadz Firanda Andirja.

Belum ada Komentar untuk "Mata Air Tasniim, Minuman Penghuni Surga Dekat dengan Allah SWT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel