10 Adab Makan Sesuai Ajaran Islam, Salah Satunya Tidak Ngobrol

Islam merupakan agama yang sempurna. Berbagai kehidupan ikut diatur di dalamnya supaya umat manusia menjalankan norma yang baik dan terhitung sebagai pahala. Termasuk adanya adab-adab makan sesuai ajaran agama Islam. Hal ini diatur bukan hanya menilai segi hubungan antarmanusia, api juga berkaitan dengan kesehatan.

10 Adab Makan Sesuai Ajaran Islam, Salah Satunya Tidak Ngobrol

Terkait hal tersebut, Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym menjelaskan adab-adab makan sebagaimana diajarkan dalam Islam, dikutip dari video ceramahnya di kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog.

1. Niat

Sesudah niat makan untuk menguatkan tubuh, niat makan supaya diri bisa kuat dalam ibadah. Itulah mengapa setiap Muslim harus niat makan.

2. Baca Bismillah

Aa Gym mengatakan, kalau Muslimin lupa membaca basmalah, bisa menyebut:

بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: "Dengan mengucap nama Allah pada awal dan akhirnya."

3. Duduk

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak makan sambil berdiri, dan juga tidak makan sambil bersandar. Rasulullah terbiasa duduk di lantai ketika makan.

"Jadi jangan heran kalau melihat umat Islam duduk di bawah, melihat piring yang besar untuk makan bersama-sama duduknya seperti ini," kata Aa Gym.

Memang tidak dilarang untuk duduk di meja makan. Namun Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam makan sebagaimana seorang hamba sahaya.

4. Halal dan baik

Pastikan makanan yang dimakan berasal dari yang halal dan baik. Begitupun cara mendapatkan makanan tersebut harus dengan cara halal dan baik. Seperti bukan dari hasil mencuri dan sebagainya.

5. Cuci tangan

Mencuci tangan sebelum makan merupakan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Mencuci tangan juga memastikan bahwa tangan bebas dari kuman dan kotoran yang menempel sewaktu beraktivitas.

6. Makan dengan tiga jari

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga diketahui terbiasa makan dengan tiga jari. Tentunya dengan proporsional. Jika Anda hendak makan yang berkuah, diperbolehkan menggunakan sendok.

7. Makan berjamaah

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lebih menganjurkan makan untuk berjamaah atau mengajak orang lain. Sebab, makin banyak orang yang makan berjamaah maka makin melimpah keberkahan yang bisa didapat.

8. Tidak mengobrol

Sebenarnya dalam Islam diperbolehkan makan sambil berbicara, asalkan obrolan tersebut dapat membawa kebaikan. Hal yang dilarang adalah jangan mengobrol yang menghilangkan selera, lalu membuat orang lain merasa jijik, atau obrolan yang mengarah pada dosa.

9. Makan dengan tangan kanan

Baik makan ataupun minum, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu menggunakan tangan kanan. Sebelum makan atau minum, sunahnya dilihat terlebih dahulu, membaca bismillah, baru kemudian dimakan atau diminum.

10. Jangan meniup makanan dan minuman

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga menganjurkan agar tidak sibuk dengan meniup makanan atau minuman. Biarkanlah makanan dan minuman dingin dengan sendirinya.

Belum ada Komentar untuk "10 Adab Makan Sesuai Ajaran Islam, Salah Satunya Tidak Ngobrol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel