Inilah Alasan Islam Melarang Anak-anak Berada Diluar Rumah Saat Magrib

Pasti kita pernah mendengar mitos mengenai larangan keluar rumah saat maghrib bukan?. Para orangtua sering mengingatkan anak-anak mereka untuk masuk rumah ketika waktu petang. Alasannya karena setan banyak yang berkeliaran saat waktu maghrib. Ternyata hal tersebut bukan sekedar mitos, karena dalam Islam juga membahas mitos tersebut.

Inilah Alasan Islam Melarang Anak-anak Berada Diluar Rumah Saat Magrib

Dalam hadist riwayat Shahih Muslim, Rasulullah bersabda “Janganlah kalian membiarkan anak-anak kalian saat matahari terbenam sampai menghilangnya kegelapan malam, sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,” (Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).

Pada hadits tersebut, jelas menerangkan bahwa pada waktu peralihan dari sore ke malam, orangtua diminta untuk menjaga anak-anak mereka. Bahkan tidak jarang kita mendengar agar orangtua yang memiliki bayi agar mendekap atau berada di dekat bayi mereka ketika malam menjelang.

Mengapa saat magrib anak-anak jangan dibiarkan berada di luar rumah ternyata resiko mengerikan. Hal ini pun sudah diingatkan para ulama kepada orangtua agar menjaga anak-anaknya. Ternyata ada bahaya yang mengintai mereka. Tepatnya banyak setan berkeliaran di luar rumah hingga bisa membahayakan anak-anak.

Kemudian diperintahkan juga ketika masuk waktu magrib untuk menutup pintu-pintu, jendela rumah, dan makanan yang tersedia dengan membaca Bismillah. Ini membuat setan-setan tersebut tidak bisa masuk atau melakukan gangguan.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Facebook Shahih Fiqih, apa yang terjadi saat waktu magrib ini dijelaskan dalam riwayat dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhuma, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda, yang artinya:

"Jika gelapnya malam mulai datang, maka tahanlah anak-anak kalian (di dalam rumah). Hal ini karena setan saat itu sedang bertebaran. Apabila malam telah berlalu beberapa saat, maka lepaslah mereka (apabila kalian ingin). Tutuplah pintu-pintu kalian dengan membaca bismillah, karena setan tidak mampu membuka pintu yang tertutup. Tutup pula tempat minuman dan tempat makanan kalian dengan membaca bismillah! Usahakan untuk tetap menutupnya meskipun hanya dengan meletakkan sesuatu yang remeh (seperti lidi, kayu, tongkat) di atasnya. Dan (terakhir) matikan lampu-lampu minyak kalian!" (HR Bukhari Nomor 3280 dan Muslim Nomor 2012)

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, yang artinya:

"Jangan lepaskan hewan ternak dan anak-anak kalian apabila matahari terbenam hingga masuk waktu Isya. Hal ini karena setan bertebaran saat matahari terbenam hingga masuk waktu Isya." (HR Muslim Nomor 2013)

Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasan Islam Melarang Anak-anak Berada Diluar Rumah Saat Magrib"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel